Hanifah, Nor (2018) Pengaruh bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak TK Al-Husna Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14410177.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Aspek perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun memiliki karakteristik kemampuan bahasa yang ditunjukkan bahwa anak sudah menguasai lebih dari 2.500 kosata yang menyangkut warna, ukuran, bentuk, rasa, perbedaan, jarak dan lain-lain, anak mulai mengembangkan pertanyaannya sehingga anak sangat berpartisipasi dalam setiap kejadian. Selain itu anak usia ini sudah mampu menyusun kalimat dengan struktur kalimat yang benar. Metode pembelajaran yang diberikan oleh guru juga mampu mempengaruhi perkembangan bahasa anak. Namun faktanya ditemukan bahwa anak masih belum bisa membedakan dan menyebutkan benda disekitranya, anak sering menggunakan susunan kalimat yang kurang tepat, anak masih malu dan tidak percaya diri untuk berbicara didepan teman-teman serta gurunya. Seringkali juga ditemukan guru hanya menggunakan metode ceramah dalam belajar mengajar. Fenomena tersebut menunjukkan adanya permasalahan yang terjadi pada aspek perkembangan anak usia 5-6 tahun di TK Al-Husna Malang.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat dan kondisi perkembangan bahasa anak sebelum diberikan metode bermain peran, mengetahui tingkat dan kondisi perkembangan bahasa anak sesudah diberikan metode bermain peran dan mengetahui tentang pengaruh bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak usia dini (5-6 tahun). Bahasa merupakan aspek yang sangat penting untuk kehidupan dan menjadi sebuah landasan bagi anak untuk mempelajari suatu hal yang ada disekitarnya. Pada masa emas ini merupakan periode yang sangat penting dan tepat untuk belajar bahasa. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang menyenangkan dan tepat harus diterapkan yaitu dengan metode bermain peran.
Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan model rancangan one group pretest-posttest dan jumlah subjek sebanyak 10 anak yang merupakan anak berusia 5-6 tahun yang berada di TK Al-Husna Malang. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, lembar observasi dan evaluasi serta skala likert yang terdiri dari skala perkembangan bahasa. Hasil analisis data menggunakan Paired sample t Test menunjukkan t = 4.482 dan signifikansi p = 0.02 < 0.05 yang menunjukkanbahwa adanya perbedaan bahwa adanya perbedaantingkat perkembangan bahasa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bermain peran yang berarti hipotesis diterima. Sehinga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran memberikan pengaruh dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini usia 5-6 tahun di TK Al-Husna Malang.
ENGLISH:
The development of a language children aspect aged 5-6 years having the characteristics of language shown that childern got the more than 2,500 words related to color , size , shape , taste , differences , distance and others , children start to develop the question and very participate in any event .In addition children in this aged has been able to prepare a sentence with a good structure .A method of learning given by teachers also can influence the development of childern language . in fact we found that the childern are still unable to distinguish and mentioning objects around them , children often use the bad arrangement of sentence , children still ashamed and not confident to speak in front of their friends and their teacher .sometimes we also found teachers only uses one man show methode in teaching and learning .This phenomena shows that there is a problem on the child development age 5-6 years in Al-Husna kindergarten Malang.
therefore, a fun and appropriate learning method should be applied of role playing method .It is meant to find out the level and condition of the languange development of the childern before it give a role playing method , knowing the level and condition childern language develpoment after being give a method of role playing and he knows about the effects of the role playing against early childhood language development ( 5-6 years ) .Language become very important aspect for life of age and became the basis for child to learn anything around them .During this golden age is an important period and appropriate to learn about language.
The experimental work on titled ”the influence of role-playing against the childern languange development Al-Husna kindergarten Malang age 5-6” methods that used is quantitative methods experiments with a model one group pretest-posttest with 10 player who is child up to the age 5-6 years student of Al-Husna kindergarten Malang.Data is collected through interviews , observation , sheets of observation and evaluation as well as scales likert composed of the development of a language adaptation of the theory of psychology figures. The result of data analysis using Paired sample t Test shows t = 4.482 and significance p = 0.02 <0.05 which indicates that there is a difference that of language development between before and after given role play treatment which means hypothesis accepted. So it can be concluded that the role play method gives influence in improving the development of language of early child aged 5-6 years in kindergarten Al-Husna Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Habib, Zainal | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bermain Peran; Anak Usia Dini; Perkembangan Bahasa; Role-Playing; Early Childhood; Language Development | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2019 09:22 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2019 09:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13563 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |