Al Azhar, Saktya Alief (2018) Konstruksi alat ukur integritas dengan pendekatan Item Response Theory (IRT) dalam konteks organisasi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14410037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Integritas merupakan kondisi yang terjadi pada individu dalam beberapa aspek-aspek kehidupan, misalnya pendidikan, kesehatan, organisasi dan bahkan dalam pekerjaan sekalipun. Kondisi yang sangat kompleks tersebut membuat beberapa peneliti di dunia ini mulai membuat dan mengembangkan alat ukur integritas yang akhirnya menjadi salah satu alat ukur yang paling valid dan tidak memberikan dampak yang merugikan. Alat ukur integritas lebih banyak dikembangkan di luar negeri sehingga kurang sesuai dengan konteks masyarakat Indonesia. Selain itu, umumnya alat ukur integritas dikembangkan menggunakan pendekatan klasik yang memiliki beberapa kelemahan.
Penelitian ini mengembangkan alat ukur integritas menggunakan pendekatan Item Response Theory (IRT) dengan menerapkan Rasch Model. Alat ukur integritas yang dikembangkan dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 200 orang dengan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian kecil, sedang dan besar. Untuk bagian kecil sebanyak 120 orang adalah mahasiswa yang mengikuti organisasi intra kampus, bagian sedang sebanyak 50 orang adalah dosen-dosen yang ada di kampus, dan bagian besar 30 orang adalah pejabat eselon III dan IV yang ada di kampus. Sedangkan kampus yang menjadi pusat penelitian ini adalah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil uji coba menunjukkan bahwa alat ukur integritas (27 item) terbukti valid telah memenuhi asumsi unidimensionalitas.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat ukur integritas dengan menerapkan Rasch Model ini memiliki model yang fit. 27 item alat ukur integritas yang di ujikan, keseluruhan menunjukkan model yang fit. Analisis tingkat kesukaran item dari keseluruhan subjek menunjukkan bahwa rata-rata item ada pada tingkatan “SULIT” dengan persentase 56%. Sedangkan untuk seluruh bagian subjek, bagian kecil, sedang dan besar, rata-rata item ada pada tingkatan “MUDAH” dengan masing-masing persentasenya, bagian kecil 52%, bagian sedang 33% dan bagian besar 26%.
ENGLISH:
Integrity is a condition that occurs in individuals in some aspect of life, such as education, health, organization, and even in work. The complex condition of integrity makes some researcher in this world begin to create and develop a measurement of integrity that ultimately became one of the most valid measurement tool and did not have an adverse impact. Most of integrity measuring instrument are developed in overseas, so they are less appropriate with the context of Indonesian society. Beside that, most of integrity measuring instrument are developed using a classic approach that has some disadvantages.
This research develops an integrity measuring instrument using Item Response Theory approach by applying Rasch Model. The integrity measuring instrument developed in this research involves as many as 200 people divided into three sections: small, medium, and large. The small section involves 120 collegers who follow the organization on their campus, the medium section involves 50 lecturers on their campus, and the large section involves 30 third and fourth echelon officials on their campus. Whereas, the university that become the core of this research is State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim, Malang. The result of this test show that the integrity measuring instrument is valid and has fulfilled the unidimensionality assumption.
The test result show that the integrity measuring instrument applying Rasch Model has a goodness of fit. All of 27 items in this integrity measuring instrument show a goodness of fit. The analysis of items difficulty degree from the entire subject indicates that overall, the items of this measuring instrument is at a “difficult” level with procentage 56%. Meanwhile, all of parts of the subject, such as small, medium, and large part are overall at an “easy” level with procentage 52% in small part, 33% in medium part, and 26% in large part.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ridho, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Integritas: Item Response Theory: Rasch Model: integrity; Item Response Theory; Rasch Model | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2019 12:09 | ||||||
Last Modified: | 26 Mar 2019 12:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13507 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |