Responsive Banner

Analisis balanced scorecard dalam mengukur kinerja pemerintah daerah: Studi pada badan pelayanan pajak daerah Kota Malang

Febriana, Onik Anggita (2018) Analisis balanced scorecard dalam mengukur kinerja pemerintah daerah: Studi pada badan pelayanan pajak daerah Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
14520075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Pengukuran kinerja merupakan hal yang penting dilakukan untuk menilai kemajuan suatu organisasi terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Pengukuran kinerja yang tidak hanya mencakup sisi finansial tetapi juga non finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja pada pemerintah daerah dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang mencakup empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan juga perspektif pertumbuhan serta perkembangan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data didapatkan dengan cara observasi, kuesioner, wawancara serta dokumentasi. Perspektif pada Balanced Scorecard yang digunakan adalah dengan menggunakan empat perspektif Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan juga perspektif pertumbuhan serta perkembangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan yang diukur dengan menggunakan 6 rasio keuangan, 3 diantaranya dikatakan baik, ditunjukkan dengan rasio pertumbuhan PAD dari tahun 2013-2017 dengan prosentase 16,72%, rasio efektifitas dan efisiensi dengan prosentase 101,04% dan 97,75%, rasio ekonomis dengan prosentase sebesar 89,52%. Dan 3 diantaranya dikatakan belum cukup baik ditunjukkan dengan rasio kemandirian dari tahun 2013-2017 masih rendah dengan prosentase sebesar 33,31%, rasio derajat desentralisasi fiskal dikategorikan cukup dengan prosentase sebesar 24,49%. rasio aktivitas menunjukkan lebih memprioritaskan belanja rutin daripada belanja pembangunan. Pada perspektif pelanggan menunjukkan kinerja pelayanan yang diberikan sudah baik. Perspektif bisnis internal juga menunjukkan bahwa Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang mampu memberikan inovasi pelayanan yang tujuannya mempermudah pembayaran. Perspektif pertumbuhan dan perkembangan menunjukkan hasil yang baik karena sebagian besar karyawan sudah berkompeten dan sarana prasana yang ada sudah mendukung kinerja organisasi.

ABSTRACT

Performance measurement is an important thing done to assess an organization's progress toward the goals and objectives that have been determined in advance.Performance measurement includes not only financial but also non-side financially.The purpose of this study is to measure performance on local governments by using the Balanced Scorecard method that includes the four perspectives, namely a financial perspective, the customer perspective, the internal business perspective, and also perspective growth and development.

This research uses qualitative descriptive method. The data source is obtained by means of observation, questionnaire, interview and documentation.Perspective on the Balanced Scorecard that is used is to use the four perspectives of the Balanced Scorecard, namely a financial perspective, the customer perspective, the internal business perspective, and also the perspective of growth and development

The results showed that in a financial perspective which is measured using the 6 financial ratios, 3 of which are said to be good, represented by the ratio of the growth of the PAD from the year 2013-2017 with 16.72%, the ratio of percentage of effectiveness and percentage efficiency with 101.04% 97.75%, and the ratio of economically with percentage of 89.52%.And 3 of them were said to be not yet quite well indicated by the ratio of independence from years of 2013-2017 still low with percentage of 33.31%, the ratio of the degree of fiscal decentralization categorized simply by percentage of 24.49%. The ratio of activities show more prioritizing development spending rather than routine shopping.On the perspective of customers shows the performance of the services provided is already good.Internal business perspective also suggests that local tax Service Bodies of Malang was able to provide innovation services that aim to further ease of payment.The perspective of growth and development shows good results because most employees already competent and infrastructure repair means that there are already supporting organizational performance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Lestari, Yona Octiani
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDLestari, Yona OctianiUNSPECIFIED
Keywords: Kinerja; Balanced Scorecard; Performance
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username M. Dzikrullah
Date Deposited: 08 Jan 2019 10:11
Last Modified: 08 Jan 2019 10:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12923

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item