Wahidar, Nisfi (2018) Pengembangan media diorama 3 dimensi pada tema peduli terhadap makhluk hidup untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bunulrejo 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14140005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kreativitas merupakan kemampuan berfikir divergen atau berfikir menjajaki bermacam-macam alternafif jawaban terhadap suatu persoalan yang sama benarnya, menyampaikan pemikiran baru yang belum pernah ada sebelumnya dengan hasil dari interaksi antara individu dang lingkungan dimana individu berada, dengan demikian baik perubahan didalam individu maupun didalam lingkungan, dapat menunjang atau dapat menghambat upaya kreatif. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan media diorama 3D sebagai penunjang guru dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan kreativitas siswa. Desain pengembangan media dalam penelitian bertujuan : 1) mendeskripsikan desain pengembangan produk yang dihasilkan, (a) proses pengembangan produk, (b) spesifikasi produk, (c) desain media, 2) kelayakan media, dan 3) keefektifan kreatifitas siswa. Pendekatan yang digunakan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian R&D. Sedangkan model pengembangannya menggunakan model pengembangan ADDIE menurut Molenda dengan lima tahapan yaitu Analisis (Analize), Desain (Design), Mengembangkan (Development), Melaksanakan (Implementation), Menilai (Evaluation).
Hasil penelitian yang diperoleh meliputi : 1) desain media yang berupa diorama 3 dimensi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran tema peduli terhadap makhluk hidup. 2) Kelayakan media dapat dilihat dari hasil validasi angket oleh ahli materi sebesar 80%, oleh ahli media sebesar 93%, dan ahli pembelajaran 95%, kelayakan angket kreativitas 92% berada dalam kualifikasi valid atau tidak revisi. 3) Pengembangan media diorama 3D dapat meningkatkan kreativitas siswa, berdasarkan hasil pre-test dan post-test kelas kontrol lebih lebih kecil dari pada kelas eksperimen. Sedangkan pada Test of Homogeneity of Variances yang ditunjukkan pada terlihat bahwa p= 0,778, karena p> 0,05 maka tidak ada perbedaan varians pada data hasil test siswa dikelas kontrol (Data Homogen) dan eksperimen. Dengan kata lain bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan yang sama. Berdasarkan olah data Independent Sample T Test diperoleh ringkasan data tabel hasil uji homogenitas bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki varians yang sama, thitung = 12,441 dengan sig p = 0,170, ttabel maka diperoleh nilai ttabel sebesar 1,778. Karena thitung= 12,441 >ttabel dan p < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima (Terdapat perbedaan antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen). Dengan demikian secara signifikan media diorama 3D sangat efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa.
ENGLISH :
Creativity is the ability to think divergently or think of exploring various alternatives to an equally true problem, conveying unprecedented new ideas with the result of interaction between individuals and the environment in which the individual is situated, thereby either changing within the individual or within the environment, can support or can hamper creative efforts. Therefore it is necessary for the development of 3D diorama media as a supporter of teachers in learning in order to improve student creativity. Design of media development in research aims to: 1) describe the design of product development, (a) product development process, (b) product specification, (c) media design, 2) media feasibility, and 3) effectiveness of student creativity. The approach used qualitatively and quantitatively with the type of R & D research. While the development model using the model of ADDIE development according to Molenda with five stages of Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation.
The results obtained include: 1) media design in the form of 3-dimensional diorama that can be used as a medium of learning the theme of care for living things. 2) Media feasibility can be seen from the results of the questionnaire validation by the material experts by 80%, by the media experts of 93%, and 95% learning experts are in a valid qualification or not revised. 3) The development of 3D diorama media can improve students' creativity, based on the pre-test and post-test results of the control class is smaller than the experimental class. While on Test of Homogeneity of Variances shown in p = 0,778, because p> 0,05 hence there is no difference of variance in data of test result of student in control class (Homogen Data) and experiment. In other words that the experimental class and the control class have the same ability. Based on the data of the Independent Sample T Test, the data of the homogeneity test table shows that the control class and the experimental class have the same variance, t arithmetic = 12,441 with sig p = 0,170, ttable then obtained t table value equal to 1,778. Because t arithmetic = 12,441> t table and p <0.05 then Ho is rejected and H1 accepted (There is a difference between the control class students and the experimental class). Thus significantly 3D diorama media is very effective to enhance student creativity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Media; Diorama 3D; Kreativitas siswa; Media Development; 3D Diorama; Student Creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dinantari Susilo | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 14:05 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 14:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12915 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |