Sa’diyah, Vivi Rokhimatus (2018) Pengembangan modul akidah akhlak dengan pendekatan Experiential Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTS Negeri 2 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110147.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Modul adalah suatu unit yang lengkap yang berdiri sendiri dan terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu siswa mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas. Salah satu keuntungan dari pengembangan bahan ajar berupa modul adalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dikarenakan setiap kali siswa mengerjakan tugas pelajaran, mereka dibatasi dengan jelas dan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan Experiential Learning, serta untuk mengetahui efektifitas modul terhadap motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun tahap-tahap pengembangannya adalah sebagai berikut : 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi Awal 2) Perencanaan 3) Pengembangan Format Produk Awal 4) Uji Coba Awal 5) Revisi Produk 6) Uji Coba Lapangan 7) Revisi Produk 8) Uji Lapangan 9) Revisi Produk Akhir 10) Desiminasi dan Implementasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk bahan ajar Akidah Akhlak (modul) dengan pendekatan Experiential Learning yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Malang (2) Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak dengan Pendekatan Experiential Leraning ini memenuhi dengan presentase ahli desain modul sebesar 94,5%, ahli isi (materi) sebesar 80%, dan ahli pembelajaran atau guru mata pelajaran sebesar 92%. (3) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Banyak siswa yang mulai aktif dalam pembelajaran serta meningkatnya nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk hasil pengembangan. Hasil nilai yang diperoleh siswa sebelum menggunakan produk pengembangan adalah sebesar 50,90 dan setelah menggunakan produk hasil nilai yang diperoleh siswa meningkat menjadi 87,95. Pada hitungan uji t menggunakan perhitungan manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 menunjukkan bahwa thitung = 4,328 sedangkan ttabel =1,721. hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antar nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan pengembangan modul kidah Akhlak dengan pendekatan Experiential Learning.
ABSTRACT
A module is a self contained unit and consists of a series of learning activities that are designed to help learners achieve a number of clearly defined and specific objectives. One of the advantages of developing teaching materials in the form of modules is to improve students' learning motivation, this is because every time students do lesson tasks, they are clearly defined and in accordance with their abilities. This study aims to develop teaching materials in the form of modules on the subject Akidah Akhlak by using Experiential Learning, and to determine the effectiveness of the module on student learning motivation.
The type of research that used is Research and Development (R & D) by use a development model of Borg and Gall. The stages of the development are: 1) Research and Information Collecting 2) Planning 3) Develop Preliminary Form of Product 4) Preliminary Field Tasting 5) Main Product Revision 6) Main Field Tasting 7) Operational Product Revision 8) Operational Field Tasting 9) Final Product Revision 10) Dissemination and Implementation.
The result of this research indicates that (1) this development research produce the product of teaching material of Akidah Akhlak (module) with Experiential Learning approach which is aimed to improve the students' learning motivation of VIII class MTs Negeri 2 Malang (2) Result of research and development of teaching material of Akidah Akhlak with The Experiential Leraning approach meets the percentage of module design experts by 94.5%, content experts (material) by 80%, and subject matter or subject teachers by 92%. (3) There is a significant improvement on students' learning motivation. Many students begin to be active in learning as well as the increased value that students acquire before and after using product development results. The result of the value obtained by the students before using the development product was 50.90 and after using the result product the value obtained by the students increased to 87.95. On the test count t using manual calculations with a significance level of 0.05 indicates that tcount = 4.328 while ttable = 1.721. this indicates that tcount> ttable. Then H0 is rejected and H1 accepted. So there is a significant difference between the students’s score before and after using the product development of module of Akidah Akhlak with Experiential Learning approach.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Modul Akidah Akhlak; Motivasi Belajar; Module of Akidah Akhlak; Experiential Learning; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Naila Imroatul Muhsina | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2019 13:44 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2019 08:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12832 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |