Millah, Isma (2018) Psikologi anime: Studi deskriptif pada Komunitas Anime UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410226.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Anime merupakan sebutan animasi khas Jepang yang menjadi salah satu budaya popular di Jepang. Di dalamnya memuat berbagai macam genre cerita yang dapat dijadikan sebagai media hiburan, dengan begitu anime juga memberikan informasi dan pesan yang ada dalam cerita. Apabila dikonsumsi terus menerus dengan intensitas berlebihan, maka tidak menutup kemungkinan akan memberikan dampak psikologi pada penontonnya. Dampak tersebut dapat terjadi dari kesadaran maupun tanpa disadari penontonnya. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan judul “Psikologi Anime (Studi Deskriptif pada Komunitas Anime UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).” Berdasarkan latar belakang dan pertanyaan penelitian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pandangan mahasiswa tentang anime, (2) mengetahui dampak anime Jepang terhadap psikologi mahasiswa, dan (3) mengetahui proses anime Jepang dapat memberikan dampak terhadap psikologi mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus lalu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pegolahan data dengan editing, classifying, analyzing, concluding. Pengujian data melihat dari kredibilitas, transferability, dependability, konfirmabilitas.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini menjadi hasil dan dapat disimpulkan bahwa 1) pandangan mahasiswa terhadap anime adalah sebuah karya sastra berbentuk lisan, bergerak melalui gambar yang cantik dengan pembuatan karakter dan story yang mempunyai ciri khas tersendiri. 2) dampak dari anime mulai dari kognitifnya berupa delusi yang memandang tokoh anime hadir di dunia nyata, cara berpikir yang memunculkan pandangan kehidupan yang berbeda,dan motivasi untuk memberikan dorongan belajar berpikir lebih luas. afektif yaitu feeling (perasaan) emosi berbeda hingga dapat merusak mental, behavior berupa relasi sosial yaitu jiwa sosial tinggi dengan kelompok yang memilki pemikiran sama, imitasi yang meniru beberapa adegan anime dan bahasa Jepangnya, dan konsumtif dengan memperoleh dan menggunakan barang-barang anime secara berlebihan. Selain itu, 3) proses dampak psikologi yaitu perhatian (minat) karena peristiwa unik dan menarik, kebiasaan adalah kegiatan yang nyaman dan menikmati, individu menerima informasi melalui menonton, melihat dan mendengar, penyimpanan ingatan kemudian dinilai dan diproses, dorongan untuk mengikuti informasi yang diterima.
ABSTRACT
Anime is the name of animation in japan which become one of popular culture in japan. In Anime there are so many variety of story genres that can be used as a media of entertainment, so the Anime also provides information and massages that exsit in story. If consumed continuously with excessive intensity, then did not close the possibility will give a psychological impact on the audience. Therefore the researcher conducting research with the title “Anime Psychology (Know The Meaning And Impact of Anime Psychology In Anime Community Of Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang).” Based on the background and the research question above, then the purpose of this study is to (1) know the student’s view of Anime (2) know the impact of Japanese Anime on student’s psychology, and (3) knowing the Japanese Anime process can have an impact on student’s psychology.
The research method used in this research is qualitative, using case study approach and then use the method of observation, interview and documentation. Data processing with editing, classifying, analyzing, concluding. Testing data by looking at credibility, transferability, dependability, conformability.
Based on the data analysis in this research become result and can be concluded that (1) student view Anime is an literary moving through beautiful picture with character creation and a story that has its own characteristics. (2) the impact of the anime ranging from cognitive in the from of delusions that view anime figures present in real world, the way of thinking that gave rise to different life views, and motivation to give the impulse to learn to think more broadly. Affective emotions are different feeling to emotionally destructive, behavior in the from of conformity that is high social soul with groups that have the same thoughts, imitations that’s imitate some anime and Japanese language scenes, and consumptive, with obtaining and using anime stuff excessively. Other than that, (3) the process of psychological impact of attention (interest) because of the unique and interesting events, the habit is a comfortable and enjoyable activity, the individual receives information through watching, seeing and listening, memory storage then assessed and processed the impetus to follow the information received.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jamaluddin, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Anime; Psikologi Anime; Psychology Anime | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2018 15:40 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2023 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11952 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |