Wislaturrochmah, Abiidah (2018) Implementasi bauran promosi (promotion mix) untuk meningkatkan volume penjualan pada Syariah Radho Hotel Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14510069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Banyaknya usaha di bidang perhotelan menunjukkan bahwa para pemasar hotel haruslah bisa bersaing dengan lainnya. Promosi yang dilakukan tepat sasaran untuk meningkatkan volume penjualan. Berkembangnya hotel syariah di Indonesia khususnya Kota Malang juga menambah daftar perhotelan yang ada di Kota Malang yakni adanya Syariah Radho Hotel Malang. Perlunya bauran promosi yang dilakukan agar terus berlanjut setiap periodenya Syariah Radho Hotel Malang bisa meningkatkan volume penjualan kamar hotel secara signifikan. Maka peneliti merasa perlu melakukan penelitian yang berjudul “Implementasi Bauran Promosi (Promotion Mix) untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Syariah Radho Hotel Malang.”
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang tujuannya untuk meneliti bauran promosi yang digunakan oleh Syariah Radho Hotel Malang beserta hambatan yang dihadapi saat melakukan promosi. Subjek penelitian ada 5 (lima) orang. Analisis data bertujuan untuk menyederhanakan hasil olahan data,sehingga mudah untuk dibaca dan diintepretasikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Syariah Radho Hotel Malang yang bergerak dalam bidang usaha jasa hotel berbasis syariah dianalisis dengan menggunakan Bauran Promosi (Promotion Mix) yakni Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, Personal Selling (Penjualan Personal) dan Direct Marketing. Di dalam bauran promosi juga diterapkan prinsip komunikasi dalam Islam yang digunakan oleh hotel saat mempromosikan produknya, yakni prinsip Qaulan Baligha, Qaulan Karima, Qaulan Maysuroh, Qaulan Layyina dan Qaulan Sadida dengan baik sehingga meningkatkan volume penjualan. Hambatan yang ditemui pada Syariah Radho Hotel Malang saat penerapan bauran promosi adalah peningkatan kerjasama dengan pihak lain untuk melakukan promosi dan juga meningkatkan kinerja marketing agar hotel ini bisa mencapai tingkat volume penjualan yang baik.
ENGLISH:
The number of hospitality ventures shows that hotel marketers should be able to compete with others. Promotion should be done on target to increase sales volume. The development of sharia hotels in Indonesia, especially the city of Malang also add to the list of hospitality in the city of Malang that is the Syariah Radho Hotel Malang. The need for promotion mix is to continue the increase of the sales volume of the Syariah Radho Hotel Malang significantly. So the researcher feel the need to conduct research entitled "Implementation Promotion Mix (Promotion Mix) to Increase Sales Volume on Sharia Radho Hotel Malang."
This research uses descriptive qualitative research method which purpose is to examine the promotion mix used by Shariah Radho Hotel Malang along with obstacles faced during the promotion. There are five research subjects. The data analysis aims to simplify the results of data processing, so it is easy to read and interpreted.
The results showed that Syariah Radho Hotel Malang which is engaged in syariah-based hotel accommodation service business, which is analyzed by using Promotion Mix ie Advertising, Sales Promotion, Publicity, Personal Selling (Sales Personal) and Direct Marketing. In the promotion mix used a Islam Communication Principle,there are Qaulan Baligha, Qaulan Karima, Qaulan Maysuroh, Qaulan Layyina dan Qaulan Sadida showed an increase in the sales volume . The obstacles encountered at the Shariah Radho Hotel Malang when the application of promotion mix was applied was that there was the need to increase the cooperation with other parties to do the promotion and also to improve the marketing performance so that this hotel could reach better level of sales volume.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bauran Promosi; Volume Penjualan; Hotel Syariah; Promotion Mix; Sales Volume; Syariah Hotel | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Mely Santoso | ||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2018 11:00 | ||||||
Last Modified: | 21 Aug 2018 11:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11460 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |