Wijayanti, Dewi (2017) Hubungan konsep diri dan konformitas terhadap pembelian kompulsif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13410037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA :
Belanja saat ini sudah menjadi kebiasaan bagi kalangan mahasiswi, kebiasaan belanja ini akan menimbulkan perilaku belanja kronis (compulsive buying) apabila hal tersebut terjadi berulang dan tidak bisa dikontrol yang akan berdampak negatif seperti masalah keuangan yang serius, hutang, dan apabila sudah sangat berlebihan akan mempengaruhi kehidupan individu. Salah satu yang mempengaruhi dalam pembelian kompulsif adalah faktor psikologis seperti kepercayaan terhadap diri rendah yang mana bisanya tergambar pada konsep diri pada individu, dan juga salah satu hal yang mempengaruhi yaitu lingkungan sosial, yang mana pergaulan antar teman sebaya atau yang sering disebut konformitas yang akan sangat mudah untuk terajadinya pembelian kompulsif. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan konformitas terhadap pembelian kompulsif dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah ada hubungan antara Konsep Diri dengan Pembelian Kompulsif (compulsive buying) pada Mahasiswa Psikologi UIN Malang ?, (2) Apakah ada hubungan antara Konformitas dengan Pembelian Kompulsif (compulsive buying) pada Mahasiswa Psikologi UIN Malang ? (3) Apakah ada hubungan antara Konsep Diri dan Konformitas pada Pembelian Kompulsif (compulsive buying) pada Mahasiswa Psikologi UIN Malang ?.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tiga skala yaitu skala pembelian kompulsif, skala konsep diri dan skala konformitas. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 121 orang. Analisis data menggunakan korelasi product momen dari pearson.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelian kompulsif pada mahasiswi psikologi UIN Malang menunjukan pada kategori rendah sebanyak 48 % dengan jumlah mahasiswi 59. Pada konsep diri mahasiswi psikologi UIN Malang menunjukan pada kategori sedang dengan jumlah 92 % dari jumlah 112 mahasiwi. Pada tingkat konformitas pada mahasiswi psikologi UIN Malang menunjukan pada kategori rendah 52 % dengan jumlah 64 mahasiswi. Hasil dari uji korelasi menunjukan bahwa konsep diri dengan pembelian kompulsif adalah 0.156. Artinya 0,156 > 0,05 korelasi antara dua variabel dinyatakan tidak signifikan. Hubungan antara konformitas dengan pembelian kompulsif adalah 0,000. Artinya 0,000 < 0,05 korelasi antara dua variabel tersebut dinyatakan signifikan.
ENGLISH :
Shopping today has been becoming a habit for the female students, shop-ping habits will cause chronic shopping behavior (compulsive buying) if it happens more than once and can not be controlled which would have a negative impact as serious financial problems, debt, and it will influence individual life. One factor that affects the purchase compulsive is a psychological factors like the lower self-confidence in which is usually reflected in the concept of individuals, and also the social environment, or interaction between peers or is known of conformity that will be very easy to do compulsive buying. This research tried to determine the relationship between self-concept and conformity against the compulsive buying and with the statements of the problems as follows: (1) Is there any relationships between Self-Concept with Compulsive Buying of the students at the Faculty of Psychology of UIN Malang?, (2) Is there any relationships between conformity with the Compulsive Buying of the students at the Faculty of Psychology of UIN Malang? (3) Is there any relationships between Self Concept and Conformity to-ward Compulsive Buying of the students at the Faculty of Psychology of UIN Malang?.
The method used quantitative method with three scales, namely compulsive buying scale, self-concept scale and the scale of conformity. Sampling used purposive random sampling with a total sample of 121 people. Analysis of the data used the Pearson product moment of Pearson.
The research results showed that the compulsive buying of psychology students of the State Islamic University (UIN) of Malang was in low category as much as 48% with the number of female students was 59. self-concept of psychology students of the State Islamic University (UIN) of Malang showed in the medium category with 92% of the number of 112 of female students. The conformity level of psychology students of the State Islamic University (UIN) of Malang showed in low category, it was 52% with total of 64 of students. The results of correlation test showed that self concept with compulsive buying was 0.156. This meant that 0.156> 0.05 of the correlation between two variables was not significant. The relationship between conformity and compulsive buying was 0.000. This meant that 0.000 <0.05 of the correlation between two variables was significant.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Diri; Konformitas; Pembelian Kompulsif (compulsif Buying); Self-Concept; Conformity; Compulsive Buying | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2018 11:04 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2018 11:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11295 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |