Slamet, Slamet (2017) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada siswa-siswi di MTs Darul Karomah Singosari Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Perilaku bullying adalah perilaku agresif dan negatif anak yang dilakukan secara berulang-ulang menyerang korban yang tidak bisa membela diri secara mental ataupun secara fisik yang dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua adalah cara orang tua berinteraksi atau bersikap terhadap anak dan mengembangkan aturan-aturan serta berupaya membentuk norma-norma yang diharapkan oleh masyarakat pada umumnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana tingkat pola asuh orang tua 2) bagaimana tingkat perilaku bullying dan 3) untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini pola asuh orang tua sebagai variabel bebas dan perilaku bullying sebagai variabel terikat. Pengambilan sampel penelitian 90% dari jumlah populasi yaitu 150 siswa dan siswi dengan jumlah 108 siswa dan siswi pada Madrasah Tsanawiyah Darul Karomah Singosari Malang dan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil analisa penelitian menunjukan bahwa 1) prosentase tingkat pola asuh orang tua berada pada kategori otoriter sebesar 59,4% sebanyak 64 siswa dan siswi 2) prosentase tingkat perilaku bullying berada pada kategori ringan sebesar 57,4% sebanyak 62 siswa dan siswi 3) terdapat pengaruh yang singnifikan pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah Darul Karomah Singosari Malang dengan nilai korelasi (Rxy) sebsesar 0.216 dengan nilai signifikansi sebesar 0,025, nilai ini lebih kecil dibandingan dengan nilai 0,05. Sumbangan efektif atau daya prediksi ditunjukan nilai koefisien (r2) sebesar 0.047 yang artinya pola asuh orang tua memiliki pengaruh 4,7% terhadap perilaku bullying, dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisa penelitian menunjukan bahwa 1) prosentase tingkat pola asuh orang tua berada pada kategori otoriter sebesar 59,4% sebanyak 64 siswa dan siswi 2) prosentase tingkat perilaku bullying berada pada kategori ringan sebesar 57,4% sebanyak 62 siswa dan siswi 3) terdapat pengaruh yang singnifikan pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah Darul Karomah Singosari Malang dengan nilai korelasi (Rxy) sebsesar 0.216 dengan nilai signifikansi sebesar 0,025, nilai ini lebih kecil dibandingan dengan nilai 0,05. Sumbangan efektif atau daya prediksi ditunjukan nilai koefisien (r2) sebesar 0.047 yang artinya pola asuh orang tua memiliki pengaruh 4,7% terhadap perilaku bullying, dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
ENGLISH :
Bullying behavior is an aggressive and a negative behavior of children that is repeatedly attacked victims who cannot defend themselves mentally or physically which is influenced by parenting patterns. Parenting of parents is the way parents interact or behave towards children and develop rules and work to form norms which are expected by society.
The aims of this research are to know 1) how the parenting level of parents 2) the level of bullying behavior and 3) to know the influence of parenting pattern towards bullying behavior on students of Madrasah Tsanawiyah Singosari Malang.
This research uses quantitative method. In this research parenting pattern is as an independent variable and bullying behavior is as a dependent variable. Sampling of this research is 90% of total population that is 150 students of 108 students in total at student at Madrasah Tsanawiyah Darul Karomah Singosari Malang. This research also uses random sampling technique. This research uses simple regression analysis technique.
Based on the results of the research analysis, it showed that 1) the percentage of the levels of parenting pattern is in the authoritarian category of 59.4% as many as 64 students and 2) the percentage of bullying behavior level is in the light category that is 57.4% as many as 62 students and 3) There is a significant influence parenting paren pattern towards behavior of bullying on students at Madrasah Tsanawiyah Darul Karomah Singosari Malang with the value of correlation (Rxy) of 0.216 with a significance value of 0.025, this value is smaller than the value of 0.05. Effective contribution or prediction power is shown coefficient value (r2) of 0.047 which means parenting pattern has 4.7% influence on bullying behavior, and the rest is influenced by other factors not explained in this research.
english
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Perilaku Bullying; Parenting patterns of Parents; Bullying Behavior | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2018 10:48 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2018 10:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11267 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |