Wicaksono, Imam Akbar (2017) Pengaruh kualitas kelekatan ayah-ibu dan dukungan sosial terhadap kualitas penyesuaian diri santri SLTA kelas X Pesantren Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13410011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA :
Penyesuaian diri adalah masalah yang sangat penting bagi seorang santri dalam masa proses penimbaan ilmu di pesantren Tebuireng Jombang. Kegagalan dalam penyesuaian diri secara tepat merupakan kerugian besar yang masih terjadi, yang menghambat keberhasilan pencapaian belajar dan terbentuknya pribadi yang lebih positif. Keluarga mempunyai peran dalam membentuk individu yang memiliki kualitas penyesuaian diri yang baik, melalui sebuah kelekatan yang dimiliki anak terhadap orang tuanya yang menjadi dasar terbentuknya individu berkualitas. Terciptanya proses penyesuaian diri yang baik juga tidak dapat dilepaskan oleh peran lingkungan pesantren dalam menyediakan sumber-sumber dukungan sosial bagi santri selama proses penyesuaian diri di pesantren.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui tingkat kualitas kelekatan orang tua pada santri, 2) untuk mengetahui tingkat dukungan sosial yang diterima oleh santri, 3) untuk mengetahui tingkat kualitas penyesuaian diri santri, dan 4) untuk mengetahui pengaruh kualitas kelekatan ayah-ibu terhadap kualitas penyesuaian diri santri, 5) untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kualitas penyesuaian diri santri, dan 6) untuk mengetahui pengaruh kualitas kelekatan ayah-ibu dan dukungan sosial terhadap kualitas penyesuaian diri santri.
Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisi data regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 177 santri SLTA kelas X pesantren Tebuireng Jombang. Pengukuran kualitas kelekatan ayah-ibu menggunakan invertory of parent attachment (IPPA) dari Amsden (2009), pengukuran dukungan sosial mengkonstruk skala dari bentuk-bentuk dukungan sosial dari Sarafino (2011) dan Smet (1994), dan pengukungan kualitas penyesuaian diri mengkonstruk skala dari kriteria-kriteria bagi penyesuaian diri yang baik dari Semiun (2006).
Hasil dari penelitian: 1) santri memiliki tingkat kualitas kelekatan yang kuat kapada ayah maupun ibu, 2) santri memiliki tingkat dukungan sosial yang tinggi, 3) santri memiliki tingkat kualitas penyesuaian diri yang baik, 4) kualitas kelekatan ayah tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap kualitas penyesuaian diri santri dan kualitas kelekatan ibu berpengaruh secara positif signifikan terhadap kualitas penyesuaian diri santri, 5) dukungan sosial berpengaruh secara positif signifikan terhadap kualitas penyesuaian diri santri, dan 6) kualitas kelekatan ayah-ibu dan dukungan sosial secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan dan menyumbang 42,5% terhadap peningkatan kualitas penyesuaian diri santri. Hasil secara lengkap dan beberapa temuan lainnya dijelaskan dalam hasil analisis data dan pembahasan penelitian.
ENGLISH :
Adaptation is an important matter for a student in the learning process in Tebuireng Boarding School, Jombang. The failure in adaptation is still happening which can block the success in studying and the building of positive character. Family has role in building a person who has good quality in adaptation through bonding from parents. The process of good adaptation is also created by the environment of boarding school in providing social support for the students during the adaptation.
The objectives of this study are: 1) to know the quality of parents’ bonding for the students, 2) to know the level of social support received by the students, 3) to know the quality of students’ adaptation, and 4) to know the effect of father and mother’s bonding quality for the students’ adaptation quality, 5) to know the influence of social support for the students’ adaptation quality, and 6) to know the influence of father and mother bonding quality and social support for the students’ adaptation quality.
This study uses quantitative method with multiple linier regression data analysis technique. The research samples are 177 students of tenth grader in Tebuireng Senior High Boarding School, Jombang. The measurement quality of father and mother’s bonding uses inventory of parent attachment (IPPA) from Amsden (2009). The measurement of social support constructs the scale from social support forms from Sarafino (2011) and Smet (1994). The measurement of adaptation quality is constructed from the scales of criteria for the good adaptation by Semiun (2006).
The results of the study are: 1) students have strong quality of bonding for father and mother, 2) students have high social support, 3) students have good quality of adaptation, 4) quality of father’s bonding does not give significant positive influence for the students’ adaptation quality and mother’s bonding give significant positive influence for the student’s adaptation quality, 5) social support gives significant positive influence for students’ adaptation quality, and 6) quality of father and mother bonding and social support altogether give significant influence and give 42.5% for the improving quality of students’ adaptation. The overall results and several other findings are explained in data analysis result and research discussion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kualitas kelekatan ayah-ibu; dukungan sosial; kualitas penyesuaian diri; father and mother bonding quality; social support; adaptation quality | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2018 10:45 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2018 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11262 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |