Suwoto, Annisafitri Nurarini (2017) Efektivitas ekstrakurikuler menari dalam meningkatkan perkembangan sosioemosi pada anak usia dini di TK Kartika V-38 Tanah Laut Kalimantan Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Perkembangan sosioemosi adalah kapasitas individu untuk mengenali dan mengelola emosi, pemecahan masalah, serta membangun hubungan positif dengan orang lain. Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan sosioemosi anak adalah: (1) kesempatan untuk bersosialisasi, (2) kebersamaan dengan orang lain, (3) adanya motivasi, dan (4) metode yang digunakan adalah bimbingan. Salah satu cara yang masih jarang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sosioemosi anak adalah melalui peran seni, khususnya menari. Menari adalah tatanan gerakan yang merupakan ekspresi perasaan manusia dan memiliki makna atau maksud tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat perkembangan sosioemosi anak di TK Kartika V-38 dan (2) seberapa jauh efektivitas ekstrakurikuler menari dalam meningkatkan perkembangan sosioemosi anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain onegroup pre and posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 anak, dengan siswa laki-laki berjumlah 13 anak dan perempuan berjumlah 10 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan mengambil para siswa yang berusia 5-6 tahun, belum pernah ikut menari sebelumnya, dan bersedia mengikuti ekstrakurikuler menari. Treatment menari dilakukan selama 8 minggu dengan 8 kali pertemuan. Anak laki-laki menarikan tari kreasi dengan iringan lagu Eenie Meenie milik Justin Bieber, sedangkan anak perempuan menarikan tari kreasi dengan iringan musik Lompat-Lompat karya Edi.
Pengukuran pre dan post yang digunakan adalah skala SECDS (Social-Emotional and Character Development Scale) yang diadaptasi dari Ji, DuBois, & Flay. Jumlah aitem dalam skala ini sebanyak 23 butir. Berdasarkan hasil uji statistik, rata-rata tingkat perkembangan sosioemosi anak di TK Kartika V-38 masuk dalam kategorisasi sedang. Kemudian, analisa yang digunakan untuk mengetahui efektivitas adalah paired-samples T-Test. Berdasarkan hasil uji statistic menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0.00. Hal ini membuktikan bahwa ekstrakurikuler menari efektif dalam meningkatkan perkembangan sosioemosi anak
ENGLISH :
The development of socioemotional is the competency of each individual to recognize and manage emotions, and develop positive relationships with others. Factors influencing the development of social-emotional of early childhood are: (1) chance to socializing, (2) togetherness with others, (3) motivation, and (4) method used is guidance. One of the methods infrequently used to improve social-emotional of early childhood is by art, especially dancing. Dancing is the order of movements expressing humans’ feelings and having a meaning or purpose. The aim of this study is to know (1) the level of social-emotional development of early childhood at TK Kartika V-38 and (2) the effectiveness of dancing in improving the social-emotional development of early childhood.
The method used in this study is quasi-experimental with one group pre and post-test design. The sample amounts 23 children; 13 boys and 10 girls. The sampling technique is purposive sampling by drawing students aged 5 to 6, having no experience in dancing, and are willing to join the extracurricular dancing. The treatment is done for 8 weeks for 8 meetings. The boys perform a dance creation featured by Eenie Meenie song by Justin Bieber, and the girls perform a dance creation featured by Lompat-Lompat song by Edi.
The pre and post measurement uses SECD (Social-Emotional and Character Development) scale adapted from Ji, DuBois, & Flay and numbered 23 items. As the result of statistic test, the mean of socioemotional development level of early childhood at TK Kartika V-38 falls into the medium category. The analysis used to know the effectiveness is paired-samples T-Test. According to statistic test result, it shows that the significant value is 0.00. This proves that extracurricular dancing is effective in improving the socioemotional development of early childhood.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sa'diyah, Elok Halimatus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perkembangan sosioemosi; anak usia dini; menari; socioemotional development; early childhood; dancing | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2018 10:16 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2018 10:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11175 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |