Batara, Filulujiya Catur Wishnu (2016) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada perubahan organisasi di Omah Bocah Annaafi’. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410157.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Organisasi sekolah selalu mengalami perubahan karena dipengaruhi adanya perubahan di berbagai bidang, baik perubahan dari luar maupun dari dalam , tidak terkecuali Sekolah tingkat PAUD. Agar sekolah tidak tertinggal dengan perubahan tersebut, maka kinerja organisasi senantiasa ditingkatkan melalui peningkatan kinerja individu yang ada dalam organisasi tersebut.
Implementasi pembaharuan (inovasi) dalam organisasi sekolah dapat berjalan dengan baik dan efektif apabila ada kepemimpinan kepala sekolah yang profesional, yang mampu mengakomodasi perubahan oragnisasi. Kepala sekolah hendaknya bertindak selaku pemimpin bukan sebagai bos. Oleh karena itu, kepala sekolah harus menghindari terciptanya pola hubungan dengan guru dan karyawan yang hanya mengandalkan kekuasaan saja, akan tetapi perlu mengedepankan kerjasama fungsional dengan para stafnya. Kepala sekolah harus menekankan pada kerjasama kesejawatan, menghindari terciptanya suasana kerja yang serba menakutkan dan membosankan, dan senantiasa mendorong rasa percaya diri para stafnya. Kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik tersebut adalah kepemimpinan transformasional. Oleh karena itu, kepala sekolah perlu menerapkan gaya kepemimpinan transformasional agar organisasi sekolah yang dipimpinnya dapat menyesuaikan dengan perubahan organisasi, dimana kepemimpinan tersebut senantiasa menekankan pada kerjasama atau pelibatan para guru dan karyawan dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan Transformasional pada kepala sekolah PAUD Omah Bocah Annafi’. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dengan membandingkan hasil wawancara dengan data terkait dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah PAUD Omah Omah Bocah Annafi’ memiliki dan menjalankan empat karakteristik kepemimpinan transformasional seperti idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration di dalam memimpin PAUD Omah Bocah Annafi’.
ENGLISH:
School organizations is always undergoing changes,due changes effected in a variety of field, both changes from the inside and outside. Pre-school level is not excepted. For haven’t decrease performance due that changes, school exactly make a progrees. The progress is through improved performance of individuals that exist in the organization
Implementation of the renewing (innovation) in the Organization of the school can be run well and effectively when there is a principal leadership professional, who is able to accommodate changes in organization. Professional leadership is a The professionnal leadership principal must avoid the creation of patterns of relationships with teachers and employees. Not only the leader have a power in the organization but, all of the people in organization must have functional cooperation. Leadership in accordance with the characteristics is transformational leadership. Therefore, the leader need implement this transformational leadership style to adapted for the changes and to improve organizational performance of the school.
This study aims to describe the Transformational leadership in the Omah Bocah Annafi Pre-school. This type of research is a qualitative descriptive. The data in this research come from the interview and observation. the validity of the data researcher use triangulation by comparing the results of interviews with observations. The result of this study is headmaster in Omah Bocah Hanafi Pre-school have characteristic of tranformational leader. Headmaster’s principal leading is idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation individualized consideration.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kurniawati, Endah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Kepemimpinan Transformasional; Perubahan Organisasi Idealized Influence; Inspirational Motivation; Intellectual Stimulation; Individualized Consideration; Tranformation Leadership; Organizational Change; Omah Bocah Hanafi Pre-School | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2018 14:56 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2018 14:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11144 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |