Responsive Banner

Analisis alat evaluasi pada mata pelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Nyerot Kecamatan Jonggat Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat

Sudrajat, Husaen (2018) Analisis alat evaluasi pada mata pelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Nyerot Kecamatan Jonggat Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (FullText)
15761011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA:

Tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mengetahuibagaimana bentuk evaluasi yang digunakan pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Nyerot Kecamatan Jonggat Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat, 2) untuk menganalisis kualitas alat evaluasi yang sesuai dengan prinsip reliabilitas, validitas, Tingkat kesukaran dan daya beda tes pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Nyerot Kecamatan Jonggat Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif yaitu menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi sebenarnya. Subjek penelitian diyaitu seluruh siswa kelas V di SDN 3 Nyerot. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa sebagai sumber data primer dan dokumentasi serta angket sebagai sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan memberikan tes. Sedangkan analisisi data dilakukan dengan cara menguji validasi, reliabilitas tes, tingkat kesukaran dan daya beda. Validitas dilakukan oleh peneliti sendiri dan validasi tim ahli.

Berdasarkan hasil observasi didapatkan bahwa bentuk soal yang digunakan oleh guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran IPA adalah pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal, soal isian yang terdiri dari 10 nomor dan soal uraian berjumlah 5 nomor. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa soal pilihan ganda tidak semuanya valid, dari 15 soal hanya terdapat 4 soal valid. Soal isisan terdapat 5 soal valid dan soal uraian semua dinyatakan valid. Validasi ahli juga menunjukkan bahwa dari 4 ahli hanya ada 1 ahli yang menunjukkan hasil cukup valid, 3 ahli validasi menunjukkan soal-soal tersebut kurang valid. Uji reliabilitas menunjukkan hasil bahwa soal pilihan ganda tidak reliabel sedangkan soal isian dan uraian dianggap reliabel. Uji taraf kesukaran menunjukkan hasil bahwa pada soal pilihan ganda terdapat 3 kategori taraf kesukaran yaitu soal sukar, sedang dan mudah, sedangkan pada soal isian dan uraian ditemukan hanya 2 kategori taraf kesukaran yaitu soal sedang dan soal mudah. Terakhir uji daya beda menunjukkan bahwa pada soal pilihan ganda terdapat 4 kategori daya beda, yaitu jelek, cukup, baik dan baik sekali. Sedangkan pada soal isian dan uraian daya bedanya menunjukkan hasil baik sekali.

ENGLISH:

The purpose of the study this is there 1)to know how form evaluation that use on science subjects in class V Primary School 3 Nyerot District Jonggat Central Lombok Nusa Tenggara Barat, 2) to analyze quality of evaluation tool in accordance with the principle of reliability, validity, difficulty level and power different test on science subjects in class V Primary School 3 Nyerot District Jonggat Central Lombok Nusa Tenggara Barat.

Method The research is qualitative descriptive that is illustrates phenomena that occur actually. Subjectre search are all of students class V in SDN 3 Nyerot. Data source obtained from teachers and students asprimary data source and documentation and questionnaire as secondary data source. Collection data are way observations, questionnaires, and give test. While data analysis are way test validation, reliability tests, levels difficulty and power different. Validity do by researchers own and validation team experts .

Based on results observation obtained that form questions used by the teacher do evaluation science learning ismultiple choiceof 15 questions , questions stuffing composed of 10 numbers and question description numbered 5 numbers .Results test validation show that question multiple choiceno everything is valid, out of 15 questions only there are 4 valid questions .Question stuffing there are 5 valid questions and question description all declared valid. Validation expert too show that from 4 experts only there is 1 expert who shows results quite valid, 3 experts validation show questions the less valid. Test reliability show results that question multiple choice no reliable while question stuffing and description considered reliable. Test level difficulty show results that on question multiple choice There are 3 categories level difficulty that is question difficult, medium and easy, while on question stuffing and description found only 2 categories level difficulty that is question medium and question easy. Lastly test power different show that on question multiple choice There are 4 categories power different, it is ugly, pretty, nice and good once. While on question stuffing and description power the differences how results good once.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Maimun, Agus and Budianto, Langgeng
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMaimun, AgusUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDBudianto, LanggengUNSPECIFIED
Keywords: Analisis; Alatevaluasi; Analysis; Evaluation Tool
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zuhria Sulkha Amalia
Date Deposited: 23 Jul 2018 14:00
Last Modified: 23 Jul 2018 14:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11101

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item