Saifuddien, Muhammad Faaris (2018) Implementasi algoritma Fuzzy type-2 untuk menentukan perilaku NPC dalam game Virtual Reality Survival Shooter. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11650090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Sistem logika fuzzy bertipe 2 merupakan perluasan dari sistem logika fuzzy bertipe 1 dimana fungsi keanggotaan sistem logika fuzzy bertipe 2 memiliki dua derajat keanggotaan, yaitu derajat keanggotaan primer dan sekunder. Konsep fuzzy bertipe 2 ini diperkenalkan oleh Zadeh pada tahun 1970. Konsep utama dari dari logika fuzzy bertipe 2 ini adalah “kata dapat diartikan berbeda oleh orang yang berbeda”. Non-Player Characters (NPC) atau disebut juga agen adalah suatu entitas dalam game yang tidak dikendalikan secara langsung oleh pemain. NPC dikendalikan secara otomatis oleh komputer. Untuk dapat memperoleh perilaku cerdas dari NPC digunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Penggunaan AI pada NPC dilakukan dengan pemberian Algoritma khusus sesuai dengan perilaku cerdas yang diharapkan.
Penelitian ini membahas mengenai implementasi Algoritma Fuzzy Type-2 untuk menentukan perilaku NPC pada game “Virtual Reality Survival Shooter” berbasis mobile. Hasil dari penelitian ini adalah, Algoritma Fuzzy Type-2 berhasil mengatur perilaku yang diterapkan pada NPC secara dinamis dengan 3 variabel fuzzy. Persentase keputusan yang dihasilkan yaitu, melarikan diri sebesar 17,65% menyerang 54,41% dan patroli sebesar 27,94% dengan 68 input yang berbeda.
ENGLISH:
The fuzzy type 2 logic system is an extension of a fuzzy logic system of type 1 where the membership function of the fuzzy type 2 logic system has two degrees of membership, ie the degree of primary and secondary membership. This type 2 fuzzy concept was introduced by Zadeh in the 1970. The main concept of fuzzy type 2 logic is "words can be interpreted differently by different people". Non-Player Characters (NPC) or also called agents are an in-game entity that is not directly controlled by the player. NPC is automatically controlled by computer. To be able to obtain intelligent behavior from NPC used Artificial Intelligence (AI). The use of AI in NPC is done by giving special Algorithm according to the expected intelligent behavior.
This study discusses the implementation of Fuzzy Type-2 Algorithm to determine the behavior of NPC in mobile based Virtual Reality Survival Shooter game. The result of this research is, Fuzzy Type-2 algorithm managed to manage behavior applied to NPC dynamically with 3 fuzzy variables. The percentage of decisions that resulted, is, escape by 17.65% attack 54.41% and patrol by 27.94% with 68 different inputs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kurniawan, Fachrul and Nugroho, Fresy | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Algoritma Fuzzy Type-2; NPC; Fuzzy Type-2 Algorithm | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | |||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2018 10:24 | |||||||||
Last Modified: | 27 Apr 2018 10:24 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11023 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |