Ernawati, Selly (2017) Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA Matholi’ul Anwar Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi belajar bagi siswa merupakan hal yang sangat dibutuhkan sekarang. Siswa agar rajin dalam belajar dibutuhkan motivasi dalam dirinya. Adapun motivasi dapat dipengaruhi dari beberapa faktor yaitu ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor-faktor tersebut dapat berupa self efficacy dan dukungan sosial keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat self efficacy, dukungan sosial keluarga dan motivasi belajar siswa kelas XI MA. Matholi’ul Anwar Lamongan; 2) pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA. Matholi’ul Anwar Lamongan; 3) pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI MA. Matholi’ul Anwar Lamongan; 4) dan pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI MA. Matholi’ul Anwar Lamongan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuntitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA. Matholi’ul Anwar Lamongan. Sampel berjumlah 84 orang, yakni 29 siswa dan 55 siswi dengan menggunakan stratified random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian merupakan skala motivasi belajar yang disusun oleh Santrock dengan koefisien alpha (α) = 0,856, skala self efficacy yang disusun oleh Bandura dengan koefisien alpha (α) = 0,893, dan skala dukungan sosial keluarga yang disusun oleh House dengan koefisien alpha (α) = 0,846.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa kelas XI MA. Matholi’ul Anwar Lamongan memiliki tingkat motivasi belajar, self efficacy, dan dukungan sosial keluarga pada kategori sedang; 2) self efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05); 3) dukungan sosial keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p > 0,05); 4) dan ada pengaruh yang signifikan antara self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA. Matholi’ul Anwar Lamongan dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) dan pengaruhnya sebesar 59,8%.
ENGLISH:
Learning motivation for students is more needed now. Students to be diligent in learning needed motivation in him. The motivation can influenced from several factors, such as internal factors and external factors. These factors can be self efficacy and family social support.
The aims of this study was to determine1) the level of self-efficacy, family social support and motivation to learn grade XI MA students. Matholi'ul Anwar Lamongan; 2) the influence of self efficacy on the motivation of students learning grade XI MA. Matholi'ul Anwar Lamongan; 3) the influence of family social support on learning motivation in grade XI MA students. Matholi'ul Anwar Lamongan; 4) and the influence of self efficacy and family social support on learning motivation in grade XI students in MA. Matholi'ul Anwar Lamongan.
The research method was in kuntitatif method. Subject of this research is student of class XI MA. Matholi'ul Anwar Lamongan. The sample amount are 84 people, male 29 students and 55 female students using stratified random sampling. The scale used in the study is the learning motivation scale compiled by Santrock with alpha coefficient (α) = 0.856, self efficacy scale composed by Bandura with alpha coefficient (α) = 0.893, and the social support scale composed by House with coefficient alpha (α) = 0.846.
The results showed that 1) students of grade XI MA. Matholi'ul Anwar Lamongan has a level of learning motivation, self efficacy, and family social support in the medium category; 2) self efficacy has significant effect on learning motivation with significance value of 0.000 (p <0,05); 3) family social support significantly influences learning motivation with a significance value of 0.000 (p> 0.05); 4) and there is a significant influence between self efficacy and family social support on the motivation of students learning grade XI MA. Matholi'ul Anwar Lamongan with significance of 0.000 (p <0,05) and its influence is 59,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Self Efficacy; Dukungan Sosial Keluarga; Self Efficacy; Family Social Support; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Annisa' Rahmawati | ||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2018 14:16 | ||||||
Last Modified: | 26 Jul 2018 14:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10632 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |