Tharaba, M. Fahim (2014) Manajemen pendidikan berbasis Ulū Al-Albāb dalam konteks pengembangan integrasi ilmu: Studi Kasus di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11730015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (28MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Model manajemen pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang bertujuan melahirkan generasi ulū al-albāb yang integratif. Dalam rangka merealisasikannya, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki keunikan, yaitu: (1) Kampus ulū al-albāb, (2) Satu-satunya kampus yang bisa melakukan lompatan dengan konversi dari STAIN ke UIN, (3) Kampus integrasi yang menghilangkan dikotomi keilmuan dengan paradigma metafora pohon ilmu, dan (4) Integrasi keilmuan menjadi salah satu gand design dari 9 GBHU Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Untuk itu, tujuan penelitian ini, (1) Menemukan model manajemen pendidikan berbasis ulū al-albāb dalam konteks pengembangan integrasi ilmu, dan (2) Menemukan model strategi pengembangan integrasi ilmu di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case study. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipant, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini, meliputi tahapan pengolahan data, yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Verifikasi/Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Model manajemen pendidikan ulū al- albāb menggambarkan (a) Orientasi kelembagaan yang mengintegrasikan unsur supra rasional, rasional, dan situasional, (b) Formula kelembagaannya tersusun atas lima unsurnya, yaitu: (i) Konsep manajemen berbasis spiritual vision, (ii) Prinsip valuenya, adalah dzikir, fikir, amal sholeh dan al-akhlāq al-karῑmah, (iii) Ada 8 karakteristik kepemimpinan ulū al-albāb, (iv) Mengintegrasikan 9 komponen arkan al-jamiah, dan (v) Memiliki 12 langkah strategi implementasinya. (2) Strategi pengembangan integrasi ilmu di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang melalui (a) Mengembangkan paradigma metafora pohon ilmu, (b) Mengelaborasi dalam bangunan struktur kurikulum dari disiplin keilmuannya dengan model metafora sebuah pohon yang kukuh dan rindang sebagai metafora bangunan ilmu bersifat integratif, yang berbuah pada ilmu, iman, amal shaleh, dan al-akhlāq al-karῑmah, yang berwujud ulama yang intelek profesional dan/atau intelek profesional yang ulama, (c) Sintesa antara perguruan tinggi dan pesantren, dan (d) Pndalaman spiritualitas, pengokohan/pemantapan moralitas, perluasan/penguasaan intelektualitas, dan pematangan profesionalitas.
Temuan formal penelitian dalam disertasi ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan yang dikembangkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang adalah model manajemen pendidikan ulū al-albāb dengan metafora pohon ilmu.
ABSTRACT
Education Management model in State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang has purpose to think out integrative ulū al-albāb generation. In realization, State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang has unique, as follows: (1) Ulū al-albāb campus, (2) The one
campus which is doing conversion jump from STAIN to UIN, (3) Integration campus which is disappearing dichotomy of sciences with science tree metaphor paradigm, and (4) Integrating sciences become one of grand design from 9 GBHU State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Therefore, the purpose of this research, (1) Finding education management model based ulū alalbāb in science integration developing context, and (2) Finding science
integrat ion developing strategic model in State of Islamic University (UIN)Maulana Malik Ibrahim Malang.
This research, used qualitative approach with case study. The data collection technique by dept interview including data process steps as follows (1) data reduction, (2) data presentation, and (3) verification/making conclusion.
The result of research showed that: (1) Education management model based ulū al-albāb describing (a) The orientation of institution which is integrating unsure supra-rational, rational, and situational, (b) 5 unsure of Institution formula as follows, (i) Management concept based spiritual vision, (ii) Value principle is dzikir, fikir, amal soleh and al-akhlaq al-karimah, (iii) There are 8 characteristics
of ulū al-albāb leadership, (iv) Integrating 9 components of arkan al-jamiah, and 12 steps of implementation strategic. (2) Science integration developing strategy in State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang through (a)Developing science trees metaphor paradigm, (b) Elaborating in curriculum structure building from science discipline in integrative sciences with a tree metaphor model, that producing sciences, faith, good deeds, and al-akhlaq alkarimah, to be professional whose intellect ulama/or ulama whose intellect professional, (c) synthesis between universit y and pesantren form (d) spiritualit y
depth, morality strength, intellectualit y mastering, and professionalism.
Invention of formal research t his dissertation showed that education management which is developed in State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang is education management model ulū al-albāb with science tree metaphor.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Mujab, Muhammad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Model, Manajemen, Pendidikan, Basis, Ulū al-Albāb, Pengembangan, Integrasi Ilmu; | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2018 15:46 | |||||||||
Last Modified: | 01 Mar 2018 15:46 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10077 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |