Pengaruh konsentrasi ekstrak kulit nanas (Ananas comosus) dan lama pemeraman terhadap rendemen dan kualitas minyak kelapa (Cocos nueifera L)

Adawiyah, Rifa'atul (2010) Pengaruh konsentrasi ekstrak kulit nanas (Ananas comosus) dan lama pemeraman terhadap rendemen dan kualitas minyak kelapa (Cocos nueifera L). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Thesis Fulltext)
06520061 Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Minyak kelapa merupakan salah satu hasil olahan dari buah kelapa. Minyak kelapa berdasarkan kandungan asam lemak digolongkan ke dalam minyak asam laurat, karena kandungan asam lauratnya paling besar jika dibandingkan dengan asam lemak lainnya.Minyak kelapa memiliki kelebihan yakni lebih mudah dicerna karena tergolong berantai medium, sehingga sangat sesuai untuk formula bayi prematur dan yang mengalami gangguan pencernaan. Pada dasarnya pembuatan minyak kelapa secara enzimatis menggunakan enzim yang cara kerjanya memecah ikatan lipoprotein dalam emulsi santan. Dengan putusnya ikatan lipoprotein, minyak yang diikat oleh ikatan tersebut akan keluar dan menggumpal menjadi satu. Salah satu enzim yang bisa digunakan yaitu enzim dari tanaman nanas. Penggunaan kulit nanas pada pembuatan minyak kelapa selain lebih murah dan mudah didapat, karena dalam kulit nanas mengandung enzim bromelin. Sedangkan lama pemeraman, diharapkan dapat memberi waktu yang cukup untuk pemisahan fraksi minyak dari sistem emulsi santan.

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biokomia Jurusan Biologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Analisis yang digunakan untuk mengetahui kualitas minyak kelapa adalah kadar air, bilangan peroksida, asam lemak bebas, bilangan iod dan pengukuran rendemen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) faktorial. Data dianalisis dengan perhitungan Analisis Varians (Two Way ANOVA) jika menunjukkan beda nyata maka diuji lanjut dengan uji BNJ 5%. Konsentrasi ekstrak kulit nanas (Ananas comosus) dan lama pemeraman berpengaruh terhadap kualitas minyak kelapa (Cocos nucefera L) yang diproses secara enzimatis, kualitas minyak kelapa meliputi kadar air, asam lemak bebas, bilangan peroksida, bilangan iod. Konsentrasi ekstrak kulit nanas dan lama pemeraman juga berpengaruh terhadap rendemen atau produksi minyak kelapa.

Dari hasil pemenuh standart nasional indonesia (SNI) perlakuan K1P1 (konsentrasi ekstrak kulit nanas 50 % dan lama pemeraman 15 jam) menghasilkan kualitas minyak kelapa yang baik dan memenuhi standart nasional indonesia (SNI) meliputi kadar air, asam lemak bebas, bilangan peroksida, bilangan iod dan rendemen minyak kelapa. Adanya kecenderungan peningkatan konsentrasi ekstrak kulit nanas dan lama pemeraman akan menurunkan kualitas minyak kelapa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Susilowati, Retno and Barizi, Ahmad
Keywords: Kulit Nanas; Bromelin; Pemeraman; Konsentrasi; Minyak Kelapa
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Biologi
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Aug 2015 00:43
Last Modified: 06 Aug 2015 00:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item