Maksumah, Nikmatul Maula (2017) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan bahasa asing di sekolah: Studi tentang peningkatan mutu program Bahasa Mandarin di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15710021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan kebahasaan sudah menjadi sebuah hal yang biasa diajarkan pada setiap sekolah dari jenjang paling dasar hingga perguruan tinggi. Namun, yang kita sayangkan, pendidikan kebahasaan yang dipelajari bertahun-tahun di bangku sekolah belum tentu menjadikan peserta didik mahir dalam mengaplikasikannya. SMA Nurul Jadid menjadi salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran bahasa mandarin di program khusus unggulan bahasa, dimana siswa berangkat dari benar-benar belum memiliki dasar. Namun, dalam jangka waktu yang singkat mereka mampu menguasai bahasa mandarin dari segi penulisan, pelafalan, dan menyabet beberapa prestasi dalam lomba tingkat provinsi, nasional maupun internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi yang digunakan oleh Kepala SMA Nurul Jadid dalam upayanya meningkatkan mutu program bahasa mandarin dari tahun ke tahun dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Program Bahasa Mandarin di SMA Nurul Jadid ? 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kepala sekolah dalam peningkatan mutu Program Bahasa Mandarin di SMA Nurul Jadid? dan 3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Program Bahasa Mandarin di SMA Nurul Jadid?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, dimana peneliti mengumpulkan data dari berbagai data primer dan sekunder yang relevan dengan tema penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan/temuan sementara, Melakukan verifikasi, penarikan kesimpulan/temuan akhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Langkah-langkah strategis yang telah diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu program bahasa mandarin di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo adalah sebagai berikut; Mengasramakan siswa program bahasa, Mengadakan kegiatan ekstra kurikuler, Mendatangkan native speaker, Membuat perpustakaan mandarin, Mengadakan MGMP Guru Mandarin, Menjalin relasi dengan Lembaga-lembaga Bahasa Mandarin, Melayani dan Menyediakan Pelatih bahasa mandarin bagi sekolah lain. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kepala sekolah dalam peningkatan mutu; a) Faktor Pendukung: Fasilitas kebahasaan yang mendukung, Pembelajaran dengan guru bantu asli dari China, Banyaknya siswa yang berprestasi, Jaringan relasi yang luas; b) Faktor Penghambat : Kurangnya jumlah guru bantu China, Minimnya dana untuk guru bantu China, Gangguan kebahasaan bagi siswa ketika berkumpul dengan siswa program reguler. 3) Sistem Evaluasi yang digunakan dalam mengontrol peningkatan mutu Program Bahasa; Ujian Mid Semester, Ujian Semester, Ujian HSK (Hanyu Suipin Kaoshi).
ENGLISH:
Language education is usually taught in every school, begun from elementary school to university. Unfortunately, language education which taught long years, it didn’t make student smart certainly for applicating. Nurul Jadid senior high school is one of schools which is applying mandaring language learning in special programe language excellent. But, during a short time, they can authorized mandarin language by writing, speaking, and reaching some province national and international achievement contests.
The purposes of this research are to express the strategy used by Nurul Jadid senior high school Head Master for increasing quality of mandarin language programe from year to year. This research focus on; 1) How strategic steps done by head master success for increasing quality of mandarin language programe in Nurul Jadid senior high school? 2) What are factors which influence head master success for increasing quality of mandarin language programe in Nurul Jadid senior high school? And 3) How evaluation done by head master success for increasing quality of mandarin language programe in Nurul Jadid senior high school?
This research used qualitative approach with case study. The data collection used interview, observation, and documentation. Researcher collects data from primary and secondary data which is relevant with research topic. The data analyzing used collecting data, reduction data, display data, and verification.
Research finding indicate; 1) The strategic steps have been applied by head master for increasing quality of mandarin language programe in Nurul Jadid senior high school Paiton Probolinggo, those are; common by dormitory method, extra curricular activity, inquiring native speaker, building mandarin library, organizing MGMP of mandarin teacher, wreathing relation with mandarin language institute, serving and preparing mandarin language trainer for another school. 2) factors influence head master success for quality increasing; a) Supporter factors; language facilities are supportable, learning by chinese teacher, there are students gotten achievement, large relation. b) obstracle factors; lack of chinese teacher, lack of donation for chinese teacher, language disturbance for student circle is unsupportable. 3) Evaluation system used for quality increasing; Middle examination, final examination, HSK(Hanyu Suipin Kaoshi) examination.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah and Barizi, Ahmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Strategi Kepala Sekolah; Peningkatan Mutu; Program Bahasa Mandarin; The Strategy of Head Master; Quality Increasing; Mandarin Language Programe | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:11 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 10:11 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9759 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |