Zuhriyah, Siti Aminatuz (2017) Pengembangan bahan ajar Bahasa Arab berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV di MI Sunan Ampel Krembung Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar Bahasa Arab Berbasis Multimedia merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar yang ditekankan pada aspek kognitif. Pengembangan bahan ajar ini didasarkan beberapa masalah yang ada di dalam kelas diantaranya adalah jumlah buku siswa Bahasa Arab tidak sesuai dengan jumlah siswa, sumber belajar yang digunakan oleh guru kurang menarik. Selain itu siswa merasa takut dan kesulitan dalam mengahafal mufradat, membaca Qira’ah, Hiwar dan memahami Tarkib, tidak adanya media yang mendukung dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa kurang dari nilai KKM. Melalui bahan ajar ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran Bahasa Arab dan dapat bersemangat ketika proses pembelajaran sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan proses pengembangan bahan ajar Bahasa Arab Berbasis Multimedia, 2) Menjelaskan tingkat kemenarikan dan kelayakan bahan ajar Bahasa Arab untuk kelas IV di MI Sunan Ampel Krembung Sidoarjo, dan 3) Menjelaskan bahan ajar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Sunan Ampel Krembung Sidoarjo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development, yang mengacu pada model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes hasil akhir. Data dianalisis tingkat kevalidan produk dan analisis data menggunaka uji-t.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah 1) produk yang dihasilkan berupa bahan ajar bahasa arab berbasis multimedia yang memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli materi mencapai 81.42%, hasil validasi ahli desain mencapai 90.77%, dan hasil validasi ahli pembelajaran mencapai 90%, 2) buku ajar sudah memenuhi tingkat kemenarikan dengan hasil uji coba kelompok kecil mencapai 95% dan uji coba lapangan mencapai 90%, 3) rata-rata hasil belajar kelas kontrol mencapai 69.35 dan kelas eksperimen mencapai 79.5. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 2.602 ≥ 2.059 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Dengan demikian bahan ajar bahasa arab berbasis multimedia ini dapat meningkatkan hasil belajar.
ENGLISH:
The Development of Arabic Learning Materials Based On Multimedia is one of the Science based efforts to improve the learning process demonstrated by the increase in the results of a study on the cognitive aspect. This teaching material development based on some problems in the classroom such as adalah amount of Arabic language’s student books is not agree with amount of student, learning resources used by teachers are less attractive. In addition student feel afraid and difficult to memorize mufradat, read Qira’ah, Hiwar and understand about Tarkib, nothing media that support in learning process so that make students are not enthusiastic in learning process that resulted in learning result obtained by students is less than the value of KKM. Through the teaching material it is expected to facilitate students in understanding Arabic language learning and enthusiastic when learning process so that students can learn independently and can improve the learning result.
The purpose of this research is to 1) describe process of Arabic learning materials based on multimedia, 2) describe the level of attractiveness and feasibility of Arabic learning materials for grade four in The Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Krembung Sidoarjo, dan 3) describe this teaching material can improve learning result of student at grade four in the Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Krembung Sidoarjo.
This type of research was the type of research and development (R&D), referring to the models of Borg and Gall. Data collection techniques used are interview, questionnaires and test of the end result. The data were analyzed the level of product’s validity and data analysis using t-test.
The result of the research development is 1) products resulting is a arabic learning materials based on multimedia meets valid criteria with the validation result of matter experts reached 81.42%, the validation result of design experts reached 90.77%, and the validation result of learning experts reached 90%, 2) textbook meets the level of attractiveness with the result of trials of small group reached 95% and field trials reached 90%, 3) The average result of learning the control class reached 69.35 and experimental class reached 79.5. On manual t-test with significance level of 0,05 obtained tcount ≥ ttable is 2.602 ≥ 2.059 It is mean H0 rejected dan H1 accepted, so there is influence which significance about teaching material that developed. Thus, this Arabic learning materials based on multimedia can improve the learning result.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan bahan Ajar Bahasa Arab; Berbasis Multimedia; Hasil Belajar; Development of Arabic Learning Materials; Based on Multimedia; The Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ismail Alim Prayogi | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 09:28 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 10:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9506 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |