Qomariyah, Nur (2014) Penerapan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa kelas 1 (satu) di SDIT Ar-Rahmah Tukum Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan yang harus diikuti oleh semua siswa di sekolah ini. Membaca Al-Qur’an mungkin tidak semudah yang dikatakan, namun dengan menggunakan cara atau metode Ummi ini bisa dengan mudah dan menyenangkan dalam mempelajarinya. Karena motto dari metode ummi ini sendiri adalah mudah, menyenangkan, dan menyentuh. Seperti halnya seorang ibu, Ummi itu kan ibu kalau diartikan ke dalam bahasa arab. Seorang ibu yang benar-benar tulus menyayangi anak-anaknya.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikanproses perencanaan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas 1 di SDIT Ar-Rahmah Tukum – Lumajang, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan metode Ummi dalam menigkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas 1 di SDIT Ar-Rahmah Tukum – Lumajang, (3) mendeskripsikan proses penilaian metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas 1 di SDIT Ar-Rahmah Tukum – Lumajang. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Instrumen kunci adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang dianalisis dengan cara memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 1 di SDIT Ar-Rahmah Tukum-Lumajang dilakukan secara bersama-sama antara guru dengan peneliti dan mengalami perbaikan di siklus ke dua, (2) proses pelaksanaan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 1 di SDIT Ar-Rahmah Tukum-Lumajang berjalan dengan baik dimana guru merasa mendapatkan pengalaman baru dan siswa merasa senang belajar menggunakan metode ummi, (3) proses penilaian metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 1 di SDIT Ar-Rahmah Tukum-Lumajang, secara keseluruhan metode ini mampu menigkatkan kemampuan membaca siswa dengan baik dan lancar, juga dapat membuat siswa cepat memahami membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
ENGLISH:
Reading Al-Qur’an is one of activities which must be followed by all students in the school. Reading Al-Qur’an is not easy what is said, but it can be easy and fun for learning by using Ummi’s roles or method. The Ummi’s method is simple, fun, and contact. Such as a mother, Ummi is arabical language which means a mother, a mother trully loves childrens. The goal of this research is: (1) describing the planning process of Ummi’s method to improve reading al-Qur’an capable in students grade 1 on SDIT Ar-Rahmah Tukum – Lumajang, (2) describing the implementation process of Ummi’s method to improve the capable of reading Al-Quran in students grade 1 on SDIT Ar-Rahmah Tukum – Lumajang, (3) describing the appraiser process of Ummi’s method to improve the capability reading Al-Quran in students grade 1 on SDIT Ar-Rahmah Tukum – Lumajang. To reach the goal, it using qualitative method with classroom action research which is held in two siklus observation. The key instrumentis observation, interview, and documentation. The data analysisis explaning and getting conclution. The result of research show: (1) the planning process of Ummi’s method to improve capability of reading Al-Qur’an in students grade 1 on SDIT Ar-Rahmah Tukum-Lumajang is done together between teacher with researcher and suffering the recovery in second siklus, (2) the implementation process of Ummi’s method to improve the capable of reading Al-Qur’an in students grade 1 on SDIT Ar-Rahmah Tukum-Lumajang is run well where teacher fell gets new experience and students are happy studying by using Ummi’s method, (3) the appraiser process of Ummi’s method to improve the capability reading Al-Qur’an in students grade 1 on SDIT Ar-Rahmah Tukum-Lumajang, in general method, it can improve the capability of students reading in good and well, it can also make the students easy understanding reading Al-Qur’an very good and righ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Ummi dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Ummi Method and The Capable of Reading Al-Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:02 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8914 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |