إعداد الكتاب التعليمي لمادة النحو على أساس طلريقة "التعلّم السريع": بحث تطويري لمادة النحو في مبنى خديجة الكبرى بمعهد سونان أمفيل العلي بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج

Aziza, Ilma Fahmi (2014) إعداد الكتاب التعليمي لمادة النحو على أساس طلريقة "التعلّم السريع": بحث تطويري لمادة النحو في مبنى خديجة الكبرى بمعهد سونان أمفيل العلي بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10150067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT

Ma’had Sunan Ampel Al Ali Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang is one of Islamic boarding school which has a great attention in Arabic and Islamic teaching. The students learn about language elements and language practice in shobahullughoh program using “ta’limullughoh” book. The problem is just a small number of materials, examples, and exercise for learning Nahwu which are contained in that book. Besides, the book is boring and plain. This problem makes the students impassive to learn Nahwu. As a consequence they are lazy for attending the class. The teachers should use an innovative and interesting method when they teach the students in the class. One of the method that can be used by the teachers is Accelerated Learning Method.

The research problems of this study are: (1) what is the characteristic of Guiding book for Nahwu based on Accelerated Learning Method and (2) How the guiding book is expedience to be used and (3) How the guiding book is effective to be used.

This research uses quantitative approach within research and development method (R & D). The object of this study covers all of students in Ma'had Sunan Ampel Al Ali, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang period 2013/ 2014 and the sample are some students in Khodijah al-Kubro dormitory Ma'had Sunan Ampel Al Ali, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang period 2013/ 2014 while the instrument of this research are observation, interview, sampling and testing.

The result of this study shows that the important characteristic of this guiding book is that the book follows some steps of Accelerate Learning-Based Method. This book is also expedience for learning know that the result of validate sampling is “good” which means that this book is suitable to be used in the class after some revision. Moreover, this lesson boo k is effective to be used for learning since the result of twice compilation pre test experimental group and control group with SPSS. 16.0 software shows t-result smaller than t-table (1,139<3,055 and 1,139<2,179) which means that there is no significance different result between control group and experimental group. Further, the result of compilation twice post
test experimental group and control group with SPSS. 16.0 software shows that t-result bigger than t-table (4,638>3,055 and 4,368>2,179) which means that there is different result between control group and experimental group that the result is suitable with the answer of interview and sampling

ABSTRAK

Ma’had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan salah satu ma’had islami yang memiliki perhatian besar terhadap pengajaran bahasa Arab dan pengajaran kitab-kitab islami. Para mahasantri mempelajari unsur-unsur dan keterampilan bahasa Arab dalam program Shobahul lughoh dengan menggunakan buku ajar “ta’limul lughoh”. Namun sayangnya, materi Nahwu yang disajikan dalam buku tersebut hanya sedikit dengan contoh dan latihan yang sedikit pula serta desain yang kurang menarik dan tidak berwarna. Hal ini menyebabkan para mahasantri kurang antusias dan tidak tertarik terhadap pembelajaran Nahwu di MSAA. Para muallim hendaknya mencari metode yang inovatif dan menarik ketika mengajar bahasa Arab khususnya materi Nahwu, dan salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah metode Accelerate Learning.

Dari permasalahan diatas maka Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apa karakteristik buku ajar Nahwu berbasis metode Accelerate Learning (2) Bagaimana kelayakan buku tersebut Dan (3) Bagaimana efektifitas penggunaan buku tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembangan (R & D). Populasi dari penelitian ini meliputi para seluruh mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Ali Universitas Islam Negri Malang tahun akademik 2013/2014 dan sampelnya adalah beberapa mahasantri mabna Khodijah al-Kubro tahun akademik
2013/2014. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah: observasi, wawancara, angket dan tes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik terpenting yang dimiliki buku ajar Nahwu ini adalah bahwa Buku ini sesuai dengan langkah-langkah metode Aceelerate
Learning. Buku ini juga layak digunakan dalam pembelajaran, karena hasil dari uji ahli menyatakan bahwa buku ini “baik” dan berarti bahwa buku ini layak digunakan setelah mengalami revisi atau perbaikan. Buku ini juga efektif digunakan dalam pembelajaran Nahwu dilihat dari perbandingan hasil pre test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen melalui aplikasi spss.16.0 yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih kecil dari nilai t-tabel (1,139<3,055 dan 1,139<2,179) dan berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre test kedua kelompok tersebut, sedangkan hasil analisis perbandingan postest kelompok uji coba dan kontrol menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4,638>3,055 dan 4,368>2,179) dan berarti bahwa terdapat perbedaan hasil postest kelompok uji coba dan kontrol dimana hasil post test kelas eksperimen lebih baik. Hasil analisis tes ini juga sesuai dengan hasil angket siswa dan hasil wawancara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mustofa, Basri
Keywords: إعداد الكتاب التعليمي; مادة النحو; طلريقة "التعلّم السريع"; The development of guiding book; Nahwu; Accelerated Learning Method; Penyusunan buku ajar; Materi Nahwu; Metode Accelerate Learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 12 Dec 2017 08:43
Last Modified: 12 Dec 2017 08:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item View Item