Nur Alfian, Rifqi (2014) تطبيق تعليم الشخصية في عملية تعليم اللغة العربية في مدرسة سبل الهدى المتوسطة الإسلامية المواصلة كمباع ساويت ماديون. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10150034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRACT
Educational ages at school are the ages which bring a great impact to student’s development not only in educational aspect but also in attitude, moral and characteristic. Within these ages, pupil keeps his attention to the elder. If he found something bad it is not impossible for him to imitate it and vice versa which for this reason it affects the development of his character and his future.
This research was intended to know how the appliance of character education inside SMP Islam Terpadu Subulul Huda Kembang Sawit Madiun is. After this research being conducted, it is hoped that the teachers as a whole have the ability to implement good deeds into daily activity in an easier way.
This research is a qualitative research. It aims to know directly about the description of object of study by having observation, and analysis to the result of research. This research was conducted in SMP Islam Terpadu Subulul Huda Kembang Sawit Madiun. the methods of data collection used in this research are observation, interview, and documentation which by source in form of oral words and actions, written documents, and photography. Meanwhile, the used method of analysis is descriptive analysis.
This research yielded that the appliance of character education in SMP Islam Terpadu Subulul Huda Kembang Sawit Madiun considered to be enough since they are not only applied this program inside the classroom but also in their daily activity. The result of implementation here will bring lots of change to student’s behavior in making interaction both to others and to teachers
ABSTRAK
Usia-usia sekolah merupakan usia dimana sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan moral, sikap, karakter dan pengetahuan peserta didik. Pada usia ini peserta didik melakukan pengamatan terhadap tingkah laku orang yang lebih dewasa. Jika peserta didik melihat hal yang buruk tidak menutup kemungkinan hal buruk tersebut bakal ditiru oleh peserta didik begitupun sebaliknya yang akan berpengaruh terhadap perkembangan karakter mereka dan bagi kehidupan yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter yang telah lama diterapkan di SMP Islam Terpadu Subulul Huda Kembang Sawit Madiun. Setelah penelitian ini terlaksana diharapkan semua pendidik mampu menerapkan hal-hal baik serta membiasakannya dalam perilaku sehari-hari dengan mudah.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif Kualitatif. Untuk menggambarkan objek penelitian yang dilakukan dengan, mengamati dan mengolah data dari hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Subulul Huda Kembangsawit Madiun. Alat pengumpulan data yang digunakan disini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan data berupa kata-kata dan tindakan, sumber tertulis dan foto-foto. Sedangkan metode analisisnya menggunakan análisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran bahasa Arab SMP Islam Terpadu Kembangsawit Madiun cukup bagus. Hal ini tercermin dari adanya silabus dan RPP berkarakter juga dengan sikap siswa sehari-hari. Dengan adanya penanaman nilai-nilai karakter tidak hanya dalam mata pelajaran tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari. Hasil implementasi disini sangat berpengaruh terhadap sikap dan akhlak dari peserta didik ketika berinteraksi dengan teman sebaya maupun dengan para guru- guru. Serta berpengaruh terhadap prestasi dari peserta didik dikarenakan dari pembiasaan kedisiplinan yang baik.
Peneliti menyadari bahwa dalam karya tulis ini masih terdapat banyak kesalahan baik dari segi penulisan maupun dari isi. Semoga di kemudian hari akan ada penelitian-penelitian lain yang akan menyempurnakan daripada tema ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mustofa, Syaiful | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | تطبيق; تعليم الشخصية; تعليم اللغة العربية; Implementation; Character education; Arabic language; Implementasi; pendidikan Karakter; Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 08 Dec 2017 15:52 | ||||||
Last Modified: | 08 Dec 2017 15:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8809 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |