إدارة تنفيذ المنهج ٢٠١٣ على تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثنوية الحكومية ١ جوبغات لومبوك الوسطى

Azis, Abdul (2015) إدارة تنفيذ المنهج ٢٠١٣ على تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثنوية الحكومية ١ جوبغات لومبوك الوسطى. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13720102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum, bukan kata yang asing dalam dunia pendidikan. Pendidikan atau pembelajaran tidak lepas dari istilah ini, karena kurikulum adalah salah satu komponen dari pembelajaran. Dengan adanya kurikulum proses belajar dan pembelajaran akan berjalan secara terstruktur dan tersistem demi mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pengembangan kurikulum menjadi sangat penting sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan perubahan pada masyarakat.

Untuk mencapai tujuan mulia dari pembelajaran tersebut, maka para pengembang kurikulum terus berbenah dan melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang diberlakukan. Sebagaimana yang dibahas di penelitian ini, kurikulum 2013 merupakan hasil pengembangan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum ini bertujuan tidak lain untuk lebih memperbaiki lagi kualitas pendidikan yang ada saat ini.

Kurikulum 2013 ini adalah kurikulum terbaru yang implementasinya baru dimulai di lapangan mulai tahun 2013. Karena kurikulum ini masih sangat baru, maka sosialisasi pada masyarakat pun juga masih sedang berjalan sekarang ini.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mendeskripsikan implementasi dari segi Perencanaan, Pengelolaan, pelaksanaan, dan pengontrolannya kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa arab di SMAN 1
Jonggat Lombok Tengah.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang semuanya untuk menjawab permasalahan penelitian tentang manajemen implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa arab di SMAN 1 Jonggat Lombok Tengah.

Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa temuan yang sangat penting yaitu: (1) Guru bahasa arab bukan dari jurusan pendidikan bahasa arab, (2) Sebagian dari para siswa tidak bisa membaca Al-Quran, dan tidak bisa melafalkan huruf hijaiyah, (3) Saran dan prasarananya tidak sesusai dengan proses pembelajaran kurikulum 2013, dan (4) waktunya sangat sedikit dalam belajar bahasa arab.

ABSTRACT

Curriculum is not a foreign word in the education of world. Education or learning cannot be separated from this term, because the curriculum is one component of learning process. The curriculum teaching and learning process will be running well in a structured and system to achieve the desire of learning objectives. The development of Curriculum becomes very important with the science progress, technology, arts, culture, and society changes.

To achieve goals in learning, the developers of curriculum continue to improve and evaluate of conducted curriculum. As will be discussed in this research, curriculum 2013 is the result of development of Unit Curriculum Education. The curriculum is aim of nothing other to further improve again the quality of education that exist today.

Curriculum 2013 is the latest implementation curriculum began only in the field from 2013 years. Since the curriculum is still new, so socialization in the community was also still ongoing today.

The purpose of this research was described to the implementation of management at (planning, organizing, execution, and controlling) curriculum
2013 in the Arabic language learning in SMAN 1 Jonggat Central Lombok.

This study used a qualitative descriptive research and data collection was done by observation, interviews, and documentation methods, all of them are to answer the research problem in the Implementation of Management curriculum
2013 in the Arabic Language learning, in SMAN 1 Jonggat of Central Lombok,

In this research, researcher found some very important findings are: (1) Arabic Teacher not in Arabic language education majors, (2) Most of the students cannot to read the holy of Al-Quran, and cannot to pronounce the Arabic alphabet, (3) The facilities not suitable with the curriculum 2013, and (4) the limited time to learning Arabic.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin and Walid, Muhammad
Keywords: إدارة تنفيذ; المنهج ٢٠١٣; Implementasi; Kurikulum 2013; Implementation of Management; curriculum 2013
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 09 Nov 2017 07:39
Last Modified: 09 Nov 2017 07:39
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

View Item View Item