Rusliyani, Dewi (2015) تطوير كراسة التدربيات النحوية على أساس تحليل الأخطاء في التعبير التحريري بمعهد الإيمان افسلامي للبنات فونوروغو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13720046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pondok Pesantren Al-Iman Putri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pengajaran materi ta’bir tahriri di sekolahnya. Adapun proses pembelajaran ta’bir tahriri berjalan dengan baik, akan tetapi terdapat perbedaan kemampuan antara santriwati yang satu dan lainnya dalam menulis ta’bir tahriri, mereka menggunakan tarakib yang berbeda, dan disitulah terdapat banyak kesalahan dari segi nahwu. Dalam hal ini para pengajar telah berusaha mengatasi masalah tersebut dengan menyuruh santriwati untuk menulis kembali makalah ta’bir setelah dikoreksi dan menela’ah serta memberikan penekanan pada kesalahan umum yang terdapat pada tulisan mereka, akan tetapi usaha ini belum memberikan hasil yang baik dalam mengurangi kesalahan mereka. Salah satu sebabnya adalah kurangnya latihan khusus yang diberikan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk itulah, peneliti mencoba untuk mengembangkan LKS Nahwiyah di Pondok Pesantren Al- Iman Putri yang didasarkan pada analisis kesalahan dalam ta’bir tahriri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses penyusunan LKS Nahwiyah berdasarkan analisis kesalahan dalam ta’bir tahriri di Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo?”, dan “Sejauh mana efektifitas LKS Nahwiyah berdasarkan analisis kesalahan dalam ta’bir tahriri di Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo untuk mengatasi kesalahan santriwati ketika menyusun ta’bir tahriri?”.
Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini bertujuan untuk menyusun LKS Nahwiyah berdasarkan analisis kesalahan dalam ta’bir tahriri, di samping itu untuk mengukur efektifitas LKS tersebut dalam mengatasi kesalahan santriwati ketika menyusun ta’bir tahriri setelah diujicobakan.
Hipotesa dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan LKS yang disusun atas dasar analisis kesalahan dalam ta’bir tahriri akan dapat membantu mereka dalam memecahkan permasalahan mereka, khususnya dalam mengurangi kesalaham mereka dalam menyusun ta’bir tahriri.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang didahului dengan analisis kesalahan dalam ta’bir tahriri siswa kelas 5 KMI Pondok Pesantren Al- Iman Putri. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Wawancara, Observasi, Tes, dan Angket, sehingga dengan demikian instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, soal tes, dan angket. Untuk menganalisis data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan metode t-test.
Hasil terpenting dari penelitian ini bahwa LKS yang dikembangkan dengan berdasarkan pada analisis kesalahan dalam ta’bir tahriri ini dapat meningkatkan kemampuan santriwati kelas 5 dalam menulis (ta’bir) Arab, hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai yang cukup signifikan dari hasil posttest yang dilakukan setelah materi ajar ini diterapkan yaitu hasil nilai “t” adalah 16,09 lebih besar dari nilai pada tabel “t” yaitu untuk standar signifikan 0,01= 2,763 dan untuk standar 0,05= 2,048. Di samping itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa materi ajar ini sangat disukai oleh siswa karena dapat membantu mereka dalam menyusun ta’bir tahriri dengan menggunakan bahasa arab yang baik dan menggunakan tarakib yang benar serta tidak terulang kembali kesalahan-kesalahan nahwu hal ini dibuktikan dengan hasil nilai dari angket siswa yang menunjukkan sangat baik dengan persentase 89,95%.
ABSTRACT
Al-Iman Islamic Boarding School was one of the institutions which gave an immense thoughtfulness towards teaching of arabic compositions in his school. As for the process of learning arabic compositions going on well, but there are differences in ability between one and the other students in writing arabic compositions, they use different structure of sentences, and there are many mistakes in terms of nahwu. In this case the teachers have been trying to resolve the issue by telling students to rewrite the paper of ta'bir that's been rectified and observe as well as provide an emphasis on common mistakes in their writing, but these efforts have yet to give good results in reducing their mistakes. One reason is the lack of specialized training provided to fix the issue. Therefore, researchers are trying to develop the student work sheet of arabic structures based on error analysis in arabic compositions which applied on students of Al-Iman Islamic Boarding School.
Formulation of the problem in this research is "how the process of drafting the student work sheet of arabic structures based on error analysis in arabic compositions at Al-Iman Islamic Boarding School Ponorogo?", and "how the effectiveness of student work sheet of arabic structures based on error analysis in arabic compositions at Al-Iman Islamic Boarding School Ponorogo to overcome the students error on their arabic composition?".
Based on the above issue, can be drawn the conclusion that this research aims to develop the student work sheet of arabic structures based on error analysis in arabic compositions, in order to measure the effectiveness of the student work sheet of arabic structures in overcoming students mistakes when compiling their arabic composition once tried out.
The hypothesis of this research is that the use of student work sheet compiled on the basis of an errors analysis in arabic compositions will be able to help them in solving their problems, especially in reducing their errors in the compiled of arabic compositions.
This is the kind of Research and Development (R&D), which was preceded by an analysis of errors in arabic composition on students of Al-Iman Islamic Boarding School in Ponorogo. In the collection of data, the researcher used a method of interviewing, observation, tests, and questioner, and the research instrument guidelines is guidelines for observation, interviews, tests, and questioner. To analyze the collected data, the researcher use a t-test methods.
The most important results of this research is that research has resulted the form of Student Work Sheet of Arabic Structures based on Error Analysis in Arabic Compositions can develop the students competence of arabic compositions, this is evidenced by the increase in the value of the significant results of the posttest made after applying the student worksheet of arabic structures, the result value of the "t" is 16,09 greater than the value on table "t" to significant standard 0.01 = 2,763 and for standard 0.05 = 2,048. In addition, the research also shows that the student worksheet of arabic structures is very liked by the students as it can help them and motivate the students to write arabic compositions correctly and using the correct structures and not happen again the mistakes of nahwu, this is proved by the results of the value of the question form students who demonstrate excellent with percentage of 89.95%.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hamid, Mohammad Abdul and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطوير كراسة التدربيات; النحوية; تحليل الأخطاء; The Development of Student Work Sheet; Arabic Structures; Error Analysis; Pengembangan LKS; Nahwiyah; Analisis Kesalahan | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2017 15:05 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 11:00 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8456 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |