Risa, Risa (2015) الكفاءة التعليمية لمدرسي البرنامج المكثق لتعليم اللغة العربية بخامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج: دراسة مقارنة بين خريجي قسم التأهيل التعليمي وغيره. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13720002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan, dan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi yang meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik, sedangkan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi pedagogik karena merupakan dasar kemampuan seorang guru tersebut dalam pembelajaran. terutama pembelajaran bahasa Arab yang berbeda dengan pembelajaran lainnya, guru tidak hanya pandai dalam berbahasa akan tetapi juga ruang lingkup yang menyangkut ilmu bahasa Arab. Berdasarkan pada pernyataan DEPDIKNAS 2004 bahwa kompetensi pedagogik itu meliputi persiapan penyusunan pembelajaran, proses pembelajaran dan proses evaluasi dan penilaian pembelajaran.
Berdasarkan pada pernyataan ini maka penulis mengambil fokus penelitian pada perbandingan antara kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di PPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dari jurusan pendidikan bahasa Arab dan non Pendidikan bahasa Arab dan strategi apa yang diambil oleh ketua PPBA dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan medeskripsikan perbandingan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di PPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan mendeskripsikan strategi ketua PPBA dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPBA Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan studi perbandingan, dan kualitatif sebagai pendukung dan pelengkap data. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan observasi berbentuk ceklis, wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini dilaksanakan di PPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tahun ajaran 2014-2015 dengan menggunakan perhitungan statistik.
Maka hasil dari penelitian ini yang berdasarkan pada observasi dalam bentuk rating scale, peneliti menyimpulkan yaitu : Bahwa perbandingan antara kompetensi guru bahasa Arab di PPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dari jurusan pendidikan bahasa Arab mencapai hasil 71% yang tergolong dalam katagori kuat, sedangkan pada non pendidikan bahasa Arab mencapai 58% termasuk dalam katagori cukup. Pada perbandingan keduanya, setelah proses perhitungan statistik dihasilkan bahwa nilai T-observasi lebih besar dari pada nilai T-tabel yang berbanding sangat signifikan yaitu 2,03 < 4,20 > 2,72. Ada pun strategi yang dilakukan oleh ketua PPBA dalam meningktatkan kualitas kompetensi guru bahasa Arab terutama pedagogik yaitu : (1) tes penerimaan guru yang berkompetensi dibidangnya dengan sertifikasi pendidikan bahasa Arab, (2) work shop pendidikan bahasa Arab dan bekerjasama dengan kampus lain yang berkaitan dengan tema pendidikan atau tema lain dalam mengembangkan potensi diri, (3) menyarankan untuk melanjutkan tingkat pendidikan seorang guru tersebut baik magister maupun doktor, (4) melaksnakan LKD disetiap semester berdasarkan pada tridarma seorang guru yang meliputi pendidikan, pengabdian dan penelitian. (5) work shop khusus untuk para guru yang dilaksanakan disetiap minggu untuk membahas problematika pembelajaran baik itu strategi, metode, dan juga perkembangan peserta didik di PPBA. Penelitian ini tidak hanya semata-mata membandingkan antara dua subjek, akan tetapi memberikan sebuah pengetahuan bagi kita bahwasanya kompetensi pedagogik ini harus benar benar diperhatikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan pertimbangan dalam perekrutan guru yang benar-benar berkompetensi dibidangnya yang telah diatur dalam undang-undang.
ABSTRACT
Teachers have important role in improving the quality of education, and that must be owne teacher is competence this is personal competence, social competence, professional competence and pedagogical competence, and the competencies must be teacher is pedagogical because it’s basic of the teacher in teaching. especially learning Arabic language which different from other learning, the teachers not only proficient in language but all about education of Arabic. in the DEPDIKNAS statement in 2004 of pedagogic competence includes the preparation of learning, the learning process, and the process of evaluation assessment of learning
The all statement take the focus of research the comparison between the Arabic language teacher pedagogical competence in PPBA UIN Maulana Malik Ibrahim of the Department Arabic Language Education Arabic and not Arabic Educationb and strategies taken of the leader PPBA to improving teachers' pedagogical competence Arabic. This study is to description and comparison pedagogical competence of Arabic language teacher PPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, and describes strategies leader PPBA to improving pedagogical competence in PPBA. This research uses descriptive quantitative approach with comparative studies, and qualitative as supporting and complementary data. in the process of collecting data the researcher uses the checklist observation, interviews, and documentation. tha pleace study in PPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang in year 2014-2015 and be using statistical calculations.
And results of this study are based the observations of rating scale, the researcher concluded : the comparison between the Arabic language teacher competence in PPBA UIN Maulana Malik Ibrahim of the Department Arabic Language Education achieve 71% classified in the category of strong, and not Arabic education reaches 58% included in the category enough. And the comparison, after the statistical calculation result the value of T- observation is greater than the value of the T-table is inversely significantly by 2.03 < 4.20 > 2.72. So the strategy by the leader of PPBA to hight quality of teacher competence mainly Arabic language pedagogy is : (1) the acceptance test field with competent teacher education certification Arabic, (2) work shop Arabic language education and collaboration with other campus-related educational topic or another to developing potential, (3) suggested to continue the level of education teacher to master or doctorate, (4) get to LKD every half based be Tridarma teacher in education, service and research. (5) work shop specifically for teachers every week to discuss the problems of learning strategies, methods, and the development of learners in PPBA. This research is not merely comparison between the pedagogical competence of Arabic language teacher, but provide to knowledge for us this pedagogical competence should really considered in improving the quality of education and to contribute in the recruitment of teacher that really competent in legislation about standart of education.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam and Wargadinata, Wildana | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الكفاءة التعليمية لمدرسي; خريجي قسم التأهيل التعليمي وغيره; comparative study between teacher education graduates of Arabic ; not Arabic; Studi perbandingan antara guru lulusan pendidikan bahasa Arab; non bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2017 15:38 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2018 10:19 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8391 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |