Strategi media relations activity dalam mencapai publisitas program Karcher Cleans Monas di Jakarta

Afifah, Yan's Nur (2015) Strategi media relations activity dalam mencapai publisitas program Karcher Cleans Monas di Jakarta. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
11510081 Pendahuluan.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
11510081 Indonesia.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
11510081 Inggris.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
11510081 Bab 1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
11510081 Bab 2.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
11510081 Bab 3.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
11510081 Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
11510081 Bab 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
11510081 Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
11510081 Lampiran.rar

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Summary)
11510081 Ringkasan.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dewasa ini, persaingan bisnis merupakan hal yang sudah tidak dapat dihindari lagi bagi setiap pelaku bisnis. Berbagai macam cara dilakukan agar mampu menjadi penguasa pasar. Komunikasi massa melalui media massa seringkali menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk dapat membangun pemahaman serta kedekatan dengan public, hal ini berkaitan erat dengan Media Relations. Media Relations sediri merupakan sebuah upaya dalam memaksimalkan publisitas. Melalui publisitas tersebut diharapkan akan terbangun opini positif yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam membangun citranya. Dalam upaya pencapaian publisitas yang maksimal tentunya dibutuhkan strategi Media Relations Activity yang tepat, agar media menganggap bahwa informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat merupakan informasi yang penting atau memiliki news value yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Media Relations Activity dalam mencapai publisitas yang maksimal pada program Karcher Cleans Monas serta dampak positif yang dihasilkan melalui adanya strategi Media Relations Activity tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana bertujuan untuk dapat mengungkap secara mendalam mengenai strategi serta dampak positif yang dihasilkan atas adanya strategi Media Relations Activity yang dilakukan pada program Karcher Cleans Monas. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara serta dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data di lapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Media Relations Activity berperan dalam pencapaian publisitas program Karcher Cleans Monas. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pencapaian publisitas yang maksimal dengan jumlah pemberitaan yang mencapai 500 pemberitaan, pemberitaan oleh berbagai macam jenis media (media online, cetak dan televise), serta tone pemberitaan yang positif. Kemudian pencapaian publisitas ini juga berdampak pada Public Relations value (PR value) yang didapatkan oleh perusahaan, yaitu kurang lebih sekitar USD 1.7 M, dan hal ini merupakan bentuk investasi perusahaan yang tidak berbentuk.

ENGLISH:

Nowadays, business competition is an inevitable thing for every business person. Various ways has been done by the business person to be able to dominate the market. Mass communication through mass media is usually considering to build the understanding and public closeness by the company, and this is related with Media Relations. Media Relations itself is an effort to maximize the publicity. From the publicity, it is expected to build positive opinion needed by the company to create their image. To achieve maximum publicity, the right Media Relations activity strategy is needed, so that the media think that the information they will share to public is newsworthy. Thus, this research wants to reveal the Media Relations Activity used in achieving the maximum publicity on Karcher Cleans Monas program and its positive impacts from the strategies used.

This research used qualitative approach to be able to reveal deeply about the strategies and the positive impacts from the Media Relations Activi ty strategies implemented in Karcher Cleans Monas program. The data was collected using interview and documentation. For testing the data validity, researcher used triangulation technique, while the data analysis was done in three steps i.e. data reduction, data presentation, and conclusion making.

Based from the result of this research, it is known that Media Relations Activity takes role in publicity achievement on Karcher Cleans Monas program. This was shown in maximum publicity achievement that reached 500 news coverages from various kinds of media (online, printed, and television), and the positive tone of the news published. Moreover, this publicity achievement affected the Public Relations value gained by the company as well for about USD 1.7 M, which was abstract company investment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asnawi, Nur
Keywords: Media Relations Activity; Publisitas; Publicity
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:42
Last Modified: 03 Aug 2015 04:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item