Hasanah, Tri Wahyul (2014) إدارة برنامج تعليم اللغة العربية بمدرسة العزة المتوسطة باتو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12720067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Manajemen sebagaimana dijelaskan oleh para pakar adalah suatu proses yang khas, yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengontrolan, guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Beberaapa pakar pendidikan menjelaskan, kegiatan atau fungsi manajemen program pembelajaran terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengerahan, dan pengawasan. Sehingga jika kita kaitkan dalam pembelajaran, untuk mewujudkan tujuan pembelajaran tersebut, maka dibutuhkan manajemen pembelajaran yang mencakup perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi.
Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pada manajemen pembelajaran bahasa arab dengan rumusan masalah yaitu: “Bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan program pembelajaran bahasa arab di sekolah SMP Al-Izzah Batu”. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui manajemen program pembelajaran bahasa arab di Sekolah SMP Al-Izzah batu. Mulai dari perencanaan program pembelajaran bahasa arab, pengorganisasiannya, pelaksanaannya, hingga pengontrolan program pembelajaran bahasa arab.
Metode penelitian ini menggunakan metodologi analisis deskriptif, yang mana instrumen analisisnya berpusat pada perencanaan-perencanaan program pembelajaran bahasa arab, pengorganisasian, pelaksanaan perencanaan dalam kegiatan pengajaran bahasa arab, dan kemudian pengontrolan terhadap pembelajaran bahasa arab tersebut. Instrume penelitian yang digunakan adalah tehnik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dan untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan member check dan pengamatan yang mendalam.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Bahwa perencanaan pembelajaran di sekolah al-izzah sangat terstruktur. Perencanaan program bahasa arab mulai dari analisis standar kompetensi untuk program bahasa arab, menentukan tujuan program pembelajaran, pemilihan materi ajar yang sesuai, penyediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang program pembelajaran bahasa arab, dan perencanaan perangkat pembelajaran mulai dari Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Sylabus, dan RPP. Untuk selain RPP perencanaan tersebut dikumpulkan pada awal tahun pelajaran, sedang RPP dikumpulkan setiap dua minggu sekali. 2) Untuk pengorganisasian pembelajaran, penanggungjawab program bahasa arab ada tiga pengajar, dan program pembelajaran bahasa arab hanya diajarkan di kelas VII dan VIII. Untuk pembelajaran bahasa arab di kelas IX adalah seperti muhadastah, qiro’ah,imla’, nahwu,dan shorof. Kurikulum yang dipakai untuk pembelajaran bahasa arab adalah kurikulum gontor, sehingga buku ajar yang digunakan-pun mengikuti Gontor yaitu kitab Durusul lughoh. Sarana pembelajaran yang dikembangkan di sekolah ini adalah LCD yang telah disediakan disetiap ruangan kelas. 3) Adapun pelaksanaan pembelajaran bahasa arab sudah menerapkan perencanaan yang ada. Pelaksanaannya dimulai dengan penerapkan standar program pembelajaran sampai pelaksanaan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. 4) Pelaksanaan pembelajaran dikontrol oleh bagian asistor yang terdiri dari tiga bagian. Yaitu bagian sains, bagian bahasa, dan bagian diniyah. Sedangkan pembelajaran bahasa arab dikontrol oleh bagian diniyah. Tim ini melihat kesesuaian guru mengajar dengan perencanaan yang telah dibuat. Hanya saja, kegiatan penutupan pembelajaran sering tidak sesuai dengan perencanaan yang ada.
ABSTRACT
Management as explained by the experts is a special process, which consists of planning, organizing, and controlling, in order to achieve the set goals by using human resources and other resources. The education experts explain that the activity or the function of learning management system consist of planning, organizing, conscription and monitoring. Moreover, if it integrated with learning especially in creating the objective learning, so it need learning management system that covered the planning, organizing, implementation and evaluation.
The researcher focuses on the management of Arabic learning in answering the research problem "How are the planning, organizing, implementing and evaluating Arabic learning at junior high school Al-Izzah, Batu". Then, the purpose of this research is to detect the learning management of Arabic at junior high school Al-Izzah, Batu. The starting of this research includes the planning, organizing, implementation and evaluation of Arabic learning.
Descriptive analysis method was used in doing in this research, in which its centered analysis instrument is on the plannings of Arabic teaching programs, organizing the programs, the implementation of planning in Arabic learning activity and controling the Arabic teaching programs. In obtaining desirable data, the researcher used interview, documentation and observation technique. Moreover, in checking the validity of the data, the researcher used member check and deep observation.
The final result of this research is: 1) the planning of Arabic learning at junior high school Al-Izzah is very structured. Every single Arabic teacher is required to make an Arabic annual program (Prota), semester program (Promes), syllabus and lesson plan (RPP). Except lesson plan (RPP), those planning of learning above must collected in the
beginning of the lesson year, whereas the lesson plan (RPP) collected once in two weeks. 2) In organizing the learning in this school, Arabic lesson studied only for VII and VIII class. Then, A VII and VIII is special class for memorizing Qur’an that adopted Cambridge curriculum. However, the Arabic lessons that studied by the IX grade students are conversation, reading, dictation, Nahwu and Shorof. This class use Gontor curriculum that its text book in Arabic learning is Durusul Lughoh. Moreover, the instrument of learning which developed in this school is LCD that provided in every classroom. 3) The implementation of Arabic learning applied the lesson plan which was conducted by each Arabic teacher. 4) The implementation of learning was controlled by assistor division that consist of three subdivision, they are: science, language and diniyah. However, the Arabic learning was controlled by diniyah subdivision of the assistor. This team observes the appropriate teaching of each teacher and lesson plan which was made. However, the result of observation indicates that the end of learning in the class is often out of the lesson plan made.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Huda, Miftahul and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | إدارة; إدارة برنامج تعليم; اللغة العربية; : Management; Arabic; Learning Management; Manajemen; Manajemen Program Pembelajaran; Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2017 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 19 Oct 2017 07:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8347 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |