Pratiwi, Bety Dwi (2015) فعالية استجدام طريقة السمعية الشفهية في تعليم مهارة الكلام: بحث تجريبي في مدرسة السلفية الشافعية المتوسطة الإسلامية تبوئيرنج جومبانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12720014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Metode adalah sistem yang digunakan guru dalam menyampaikan pelajarannya untuk menyalurkan informasi-informasi sampai ke pikiran para siswa, dan merupakan salah satu faktor penting yang patut diperhatikan dan dibutuhkan dalam proses belajar-mengajar. Metode Audio-Lingual adalah sebuah metode yang pelaksanaannya terfokus pada kegiatan latihan, driil, menghafal kosakata, dialog dan teks bacaan. Dengan adanya metode ini diharapkan bisa meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan bisa berkomunikasi dengan baik seperti pemilik bahasa itu sendiri.
Berbicara adalah salah satu komponen utama dalam belajar bahasa, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Berbicara merupakan unsur terpenting dalam empat keterampilan berbahasa Arab. Dan keterampilan ini yang paling dominan dalam kehidupan sebagai alat komunikasi setiap hari. Merupakan hal yang sangat penting dalam mempelajari bahasa, dan juga keterampilan berbicara merupakan aspek utama yang pertama kali untuk dipelajari.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sejauh mana efektifitas penggunaan metode Audio-Lingual dalam pembelajaran keterampilan berbicara di madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyyah Tebuireng Jombang?
Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan tentang efektifitas penggunaan metode audio lingual dalam keterampilan berbicara dan untuk menghasilkan tingkat keberhasilan metode Audio-Lingual dalam mengembangkan kemampuan berbicara siswa kelas dua MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang berhubungan dengan pembelajaran kalam siswa dengan menggunakan metode Audio-lingual. Kemudian desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen yang melaksanakan uji coba keberhasilan metode yang dimaksud dalam keterampilan berbicara atau kalam, dengan menggunakan sampel siswi kelas 2C sebagai kelompok eksperimen dan siswi kelas 2G sebagai kelompok kontrol. Dan mengadakan pre-test dan post-test untuk kedua sampel sebelum dan sesudah eksperimen dilakukan. Hasil dari pre-test dan post-test inilah yang dijadikan sebagai data utama untuk proses analisis dengan uji "t-tes" unuk mengetahui signifikasinya. Dan instrument yang digunakan adalah test, wawancara, dan angket.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode audio-lingual dalam pembelajaran keterampilan berbicara efektif, dimana t-hitung lebih besar t-tabel yaitu: 3,69 > 2,39 atau 3,69 > 1,67 maka hipotesis penelitian ini diterima yang berarti bahwa penggunaan metode Audio-Lingual dapat meningkatkan dan memperbaiki keterampilan berbicara siswa MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Kemudian kelompok yang diberi perlakuan dengan metode audio-lingual menghasilkan rata-rata nilai yang baik = 84,3 serta keberhasilannya memiliki taraf angka yang signifikan. Adapun yang tidak dberi perlakuan dengan metode audio-lingual menghasilkan rata-rata yang baik = 77,6. Adapun hasil yang diperoleh dari semua unsur keterampilan berbicara terdapat perbedaan dan mengalami peningkatan, dimana pengucapan sebesar 86,8 %, kosakata 83,3 %, tarakib/nidhom shohih 81,8 %, pilihan ungkapan 85,3 %. Dan unsur-unsur ini adalah sangat penting dalam proses keterampilan berbicara.
ABSTRACT
Method is the system used by the teacher in teach his lesson to lead some informations at children of mind, and it is one of some important factors which must to need and notice in learning-teaching of process. And The Audio-Lingual method is the method which focuses in driil, pattern practice, repetition some words to memorize and dialog, or the Army Method or also the New Key, is a style of teaching used in language instruction. It is based on behaviorist ideology, which professes that certain traits of living things, and in this case humans, could be trained through a system of reinforcement-correct use of a trait would receive positive feedback while incorrect use of that trait would receive negative feedback. Speaking is one of some most important abilities to study a language, for all circles: children and adults. Speak is the important element in four skill of Arabic language and it is main of communication in our life. This skill is important thing in study language and it is the fist chapter to learn.
Problem statment of this research is “How far the effectiveness of the application of Audio-lingual Method in speaking learning ( Experiment research in Islamic Yunior High School of Salafiyah Syafi’iyyah Tebuireng Jombang).
The functions of this kind of research is to produce some knowledge about Audio-lingual method activity in the speaking learning and also it can produce some knowledge about successfulness level in the Audio-lingual method in the developing of the compotition skill in the Islamic Yunior High School of Salafiyah Syafi’iyyah Tebuireng Jombang.
The research which used quantitive approach, while the research design is expement research which is done by trying the quality of the compotition with this kind of Audio-Lingual method. as well as experiments using Pree test and post- test on the experimental class (2C) and the control class (2G). And it used test, interview and spreading a questionnaire method to collect data that aid the result of research.
The result which was got from this kind of research is that application of the Audio-lingual method in speaking skill has effective value and it can to develop of student Arabic skill of Islamic Yunior High School Salafiyah Syafi’iyah. Caunted = 3,69 > 2,39 atau 3,69 > 1,67. The class wich used Audio-Lingual method the score on the average = 84,3 % and the class wich is without any control get the score on the average = 77,6 %. The result all of speaking skill is different and developed, vocal 86,8 %, vocabulary 83,3 %, structure sentence 81,8 %, election 85,3 %. And all of these are very important in process of speaking skill
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Syuhadak, Syuhadak and Jauhar, Nasaruddin Idris | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | طريقة السمعية الشفهية; تعليم; مهارة الكلام; Audio-Lingual Method; Speaking Skill; Metode Audio-Lingual; Pembelajaran; Keterampilan Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:53 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 14:41 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8318 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |