استخدام وسيلة جهاز العرض في تشجيع الطلبة في تعليم اللغة العربية بالمدارس الثنوية الحكومية ببربيس جاوى الوسطى

Ali Muzakki, Fahmi (2014) استخدام وسيلة جهاز العرض في تشجيع الطلبة في تعليم اللغة العربية بالمدارس الثنوية الحكومية ببربيس جاوى الوسطى. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12720006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Media LCD merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran yang baik adalah media yang memberikan pengaruh yang signifikan dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran yang berhasil adalah terwujudnya minat dan motivasi pada diri peserta didik untuk belajar. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual. Peranannya sangat khas yaitu semangat belajar. Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada peserta didik yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan perilaku. Permasalahan didalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan Media LCD di Mts Mts N Model dan Mts N bantarkawung diBrebes?, 2. Apakah Media LCD efektif memotivasi peserta didik di Mts Mts N Model dan Mts N bantarkawung diBrebes?. Tujuan dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai 1. Pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan Media LCD di Mts Mts N Model dan Mts N bantarkawung diBrebes?, 2. Media LCD efektif memotivasi peserta didik di Mts Mts N Model dan Mts N bantarkawung diBrebes

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (mencari pengaruh adakah perbedaan diantara dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Adapun yang menjadi populasi didalam penelitian ini adalah dua sekolah yaitu Mts N Model dan Mts N bantarkawung. Peneliti mengambil sampel peserta didik dari kelas 8 dengan jumlah 60 siswa dari dua kelas (kelompok eksperimen) dan peserta didik dari kelas 8 dengan jumlah 60 siswa dari dua kelas (kelompok kontrol).

Adapun hasil penelitiannya adalah pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media LCD lebih efektif dalam memotivasi belajar daripada yang tidak menggunakannya. Hal ini diperoleh dari hasil uji t-test yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,580 > 1,980 dengan taraf kesalahan 5%. Dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima, tapi jika sebaliknya thitung < ttabel maka hipotesis (Ha) ditolak.

ABSTRACT

The LCD is one of learning mediums which used by learning process. Good medium has giving significant effect on learning process. Good process is making interest and motivation to learn in students. Motivation of learning is psychological factor which unintellectual. It is very important because will be spirit of learning. The true meaning of learning motivation is internal or external students incentive which going to change their attitude. The problem in this research is : 1. What lcd increase student motivation on Arabic learning in Primary high school brebes district east java? Goal the research is to know and explain about LCD increase student Arabic learning motivation and effectiveness of LCD on student motivation in Primary high school brebes district east java.

The research was using quantitative approach with experiment method (To find the influence are there any differences between the two groups that is the group an experiment and groups control). The population in this research is that these two schools are Mts N Model and Mts N bantarkawung. The students took the sample Researchers from grade 8 with the number of 60 children from two classes were (experiment) from grade 8 with the number of 60 children from two classes were (controls).

And the result is Arabic learning with LCD more effective than without it. This result has founded from t-test calculation which show tcount > ttabel = 4,580 > 1,980. with standard error 5 percent. With based on if thitung > ttabel then the hypothesis received, but otherwise thitung < ttabel then the hypothesis (Ha) was rejected.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hamid, Mohammad Abdul and Smeer, Zeid B
Keywords: وسيلة LCD; تشجيع تعليم; Motivation of learnig; the LCD; Media LCD, Motivasi Belajar;
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:53
Last Modified: 28 Dec 2017 04:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item