إستراتيجية تطوير كفاءة المدرسين في رياض الأطفال

A.K. Gaza, Khadija (2014) إستراتيجية تطوير كفاءة المدرسين في رياض الأطفال. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13710051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sesungguhnya dalam sejarahnya visi pendidikan mempunyai nilai keluhuran, sebagaimana yang ada pada hukum syari’at dan agama samawi. Agama Islam menganjurkan kita untuk belajar yang merupakan rukun dasar dalam aqidah Islam dan perintah Tuhan. Terdapat banyak ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits Nabi yang menganjurkan untuk belajar dan menuntut ilmu serta bersungguh-sungguh dalam mencapainya. Begitu halnya dengan tesis ini yang mengangkat keinginan penulis dan kemampuannya yang menjadikannya salah satu ilmuan yang berkompeten. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad SAW yang berbunyi“Iqro’ atau bacalah”.

Fokus tujuan daripada penelitian ini adalah pada pengembangan kompetensi guru taman kanak-kanak di lembaga pendidikan masa depan dari sisi kognitif, psikomotorik pendidikan, psikologis, dan strategi dalam pengembangan kompetensi mereka serta kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh lembaga dalam mengembangkan kompetensi para guru. Begitu pula pada bab teori yang membahas tentang konsep strategi, kompetensi, dan konsep taman kanak-kanak pada tahap perkembangan yang menyeluruh, dan pemerolehan anak terhadap beberapa nilai, prinsip agama samawi, dan mengajarinya untuk aktif responsive dengan siswa lainnya.

Untuk merealisasikan tujuan daripada penulisan tesis ini maka peneliti menggunakan metodologi deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan fenomena dari tema penelitian (strategi pengembangan kompetensi guru taman kanak-kanak di sekolah masa depan), menganalisa data, menjelaskan korelasi antara komposisi dan pendapat-pendapat yang disampaikan mengenai tema tersebut, proses-proses yang mencakup, pengaruh-pengaruh yang memperbaruinya, yaitu salah satu bentuk analisis dan penjelasan ilmiah yang terstruktur guna mendiskripsikan fenomena atau problematika yang terbatas dan menggambarkannya secara kuantitatif dengan cara mengumpulkan data dan informasi mengenai fenomena atau problematika, mengklasifikasi, dan menganalisanya untuk penelitian secara detail untuk mencapai hasil yang positif.

Hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan kompetensi antar guru melihat dari perbedaan riwayat pendidikan, pengalaman bekerja, dan kesiapan individu dalam mengajar dan mempelajari materi-materi pelajaran yang tersedia di sekolah. Penelitian menemukan adanya kesulitan pada performa guru bahasa arab, terutama dalam hal penyampain keterampilan berbicara kepada siswa, dan hal itu ditimbulkan oleh kurangnya progam pelatihan guru bahasa arab dan lemahnya kompetensi guru dalam keterampilan bahasa arab di fakultas bahasa arab, selanjutnya lemah pula kompetensi dari fakultas persiapan para guru dari segi konsentrasi kebahasaan. Dan turunnya kepercayaan diri para guru bahasa arab karena tidak menguasai materi pembelajaran dan keterampilan bahasa (keterampilan berbicara).

ABSTRACT

Education vision haa a sublime value, as it existed on shari'ah law and divine religions. Islamic religion encourages us to learn which are the basic pillars of the Islamic faith and God's command. There are many verses of the Qur'an and the Hadith of the Prophet who recommended for learning and studying and working very hard in achieving it. Like this thesis that raised the desire and ability writer that makes it one of the scientists who are competent. It is as Allah SWT says that the first time down to the Prophet Muhammad that reads "Iqro 'or read'

The focus of the purpose of this research is on developing competence of indergarten teachers in educational institutions in the future of the cognitive, psychomotor educational, psychological, and strategies in the development of their competencies as well as the constraints and problems faced by the agency in developing the competence of the teachers. Similarly, the chapter discusses the theory of the concept of strategy, competencies, and the concept of kindergarten at this stage of a thorough development, and acquisition of children to some value, the principle of divine religions, and taught him to actively responsive to other students.

To realize the objectives of this thesis, the researcher uses descriptive analysis methodology by describing the phenomenon of research themes (competency development strategy kindergarten teacher at school in the future), analyzing the data, explain the correlation between the composition and the opinions presented on the theme these processes include, influences which update it, which is one form of analysis and scientific explanations are structured in order to describe the phenomenon or the problem of limited and described quantitatively by collecting data and information concerning or problematic phenomena, classify, and analyze to study in detail to achieve positive results

Results of this study, there was the difference of the competence between teachers, it known from the history of education, work experience, and readiness of individuals in teaching and studying the materials which are available at the school. The research found there is difficulty in arabic language from teacher performance, especially in terms of sharing skills to talk to the students, and it is caused by a lack of Arabic language teacher training program and lack of competence of teachers in the Arabic language skills in Arabic language faculty, then the weakness competence of the preparation of faculty from teachers in terms of the concentration of language. And lower confidence because arabic teachers do not master the Arabic language learning materials and language skills (speaking skills)

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Abidin, Munirul and Masyhudi, Muhammad Mujab
Keywords: إستراتيجية; تطوير كفاءة المدرسين; رياض الأطفال; Strategy, Competence Development Teacher; Kindergarten Indeed; in the history; Strategi; Pengembangan Kompetensi Guru; Taman Kanak-kanak
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 09 Oct 2017 08:12
Last Modified: 02 Jan 2018 06:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item