Melina Wulandari, Eriski (2014) تطوير المادة التعلمية "كتاب الحروف والكلمات والجمل" باستخدام لوحة التدربيات الإملائية بمدرسة إسكندر سليمان الابتدائية الإسلامية باتو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pada prinsipnya tujuan yang paling mendasar dari pembelajaran menulis Arab adalah bagaimana siswa mampu menulis dengan tulisan yang baik dan benar. Akan tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan menulis Arab ini masih banyak menyisakan permasalahan-permasalahan mendasar, Banyak siswa yang belum memahami bagaimana menulis bentuk-bentuk huruf Arab dengan baik dan benar, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis huruf, kata, dan kalimat Arab dengan menggunakan papan latihan menulis, untuk memahami karakteristik dari papan latihan menulis, dan untuk mengetahui efektivitas nya dalam pembelajaran menulis.
Penelitian ini menggunakan Research and Development dan pendekatan kulitatif dan kuantitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Dan dalam hal juga ini peneliti menggunakan pedoman wawancara, angket, dan tes untuk mengumpulkan data-data penelitian.
Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) dalam mengembangkan bahan ajar menulis dengan menggunakan papan latihan menulis peneliti membutuhkan langkah- langkah sebagai berikut: analisis kebutuhan siswa, yaitu dengan cara melakukan wawancara dengan guru bahasa Arab dan menyebarkan angket kepada siswa untuk mengetahui hal yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan papan latihan menulis, kemudian uji coba ahli media dan ahli materi bahasa Arab, setelah itu memperbaiki media sesuai dengan saran dan kritik dari ahli media dan ahli materi bahasa Arab, uji coba kelompok kecil, yaitu dengan melibatkan guru bahasa Arab untuk menilai papan latihan menulis dan mengetahui efektifitas papan latihan menulis sebelum diterapkan dikelas, uji lapangan, yaitu dengan menerapkan papan latihan menulis dalam pembelajaran menulis huruf, kata dan kalimat Arab pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Iskandar Sulaiman Batu, dan produk masal. (2) media ini terdiri dari 3 judul, membahas tentang Benda-benda yang ada di sekolah, profesi, dan keluarga. (3) media pembelajaran bernilai efektif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T yang menyebutkan T lebih besar dari standar nilai yang ada.
ABSTRACT
Principly, the base aim of writing skill in teaching Arabic is how are the students can write in a right style agree with rules. But many students can not write the letters, words and sentences correctly. And the destination of this research are to produce writting materials and “letters, words and sentences of Arabic” by using writting board , and to understand the characteristic of the design writting board, and to know the effective writting materials and “letters, words and sentences of Arabic” by using writting board is.
This research applied the research and development and by using kualitative and kuantitative aproach. And research instruments to collect data are used interview, questionare and test.
The results of this research are : (1) to develope writting materials and “letters, words and sentences of Arabic” by using writting board in Iskandar Sulaiman Islamic Elementary School Batu, this research have to following this steps, are: analysis of students needs by using interview with the Arabic teacher and devide the questionnaire with the students, and then develope the product, and expert validation, repair the product, and then small group test with involve the teacher to know the effectivity of writting board before using the students in the claass, and field test by using writting board to know the effective writting materials and “letters, words and sentences of Arabic” by using writting board, product mass.and using writting board in writting materials and “letters, words and sentences of Arabic. (2) This product have three tittles, they are what are in the school, profession, and family. (3) Teaching and learning letters, words and sentences of Arabic by using writting board is effective to increase writting fluency of student. Even it appeared from the result of experiment on “ T ” is more than standard value there.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Syuhadak, Syuhadak and Basri, Basri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | المادة التعلمية; لوحة التدربيات الإملائية; التعلم كتابة; Development Of writting materials; writting board; Pengembangan Bahan Ajar; papan latihan menulis | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2017 15:52 | |||||||||
Last Modified: | 06 Oct 2017 15:52 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8290 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |