Yakin, Ainul (2014) تقويم كتاب تعليم اللغة العربية بالمدرسة العالية العامة الحكومية الثانية سمبانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12720077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kesesuian buku ajar merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh penulis bahkan guru. Terkadang kita banyak menjumpai buku ajar yang tidak sesuai dengan kondisi dan latar belakang siswa yang mempelajarinya.
Syarat utama dalam menyusun buku ajar adalah kesesuaian materi dengan siswa yang mempelajari buku tersebut. Buku ajar yang baik sangat memperhatikan karakter, latar belakang, tingkat pengetahuan dan umur siswa. Selain itu ada hal lain yang juga harus diperhatikan oleh penyusun atau penulis buku, yaitu kecenderungan siswa dan tujuan pembelajaran . Dalam penelitian tesis ini, peneliti mendalami Buku Ajar Bahasa Arab Kelas X Semester II yang digunakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sampang .
Problem utama dalam penelitian ini adalah apakah Buku Ajar Bahasa Arab Kelas X Semester II yang digunakan di SMAN 2 Sampang sesuai dengan asas pembuatan buku ajar yang baik yang telah dirancang oleh Prof. Dr. Ahmad Thaimah?, dan apakah buku ajar ini sesuai dengan standar kriteria Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)?. Maka dalam penelitian ini, peneliti ingin mengevaluasi buku ajar Bahasa Arab yang digunakan di SMAN 2 Sampang ini.
Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Kualitatif dan Metodelogi Deskriptif-Evaluatif, dengan langkah-langkah: Menentukan masalah penelitian, Study pendalaman Masalah dan Latar Belakang, Merumuskan Landasan Teori, Menentukan Pertanyaan dan Standart Kriteria dan Unsur Evaluasi, Menentukan instrumen analisis, Pengumpulan dan Anilisis Data, Penulisan Hasil Evaluasi. Maka untuk itu penelitian ini menggunakan instrumen Check List dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian dan evaluasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : 1). Buku Ajar Bahasa Arab kelas X semester II SMAN 2 Sampang sesuai dengan asas pembuatan buku ajar yang baik yang telah dirancang oleh Prof. Dr. Ahmad Thaimah, dengan catatan dari 15 Standart Kriteria yang dievaluasi 11 Standart Kriteria sesuai dan 4 Standart kriteria tidak sesuai dan perlu direvisi. 2). Buku Ajar Bahasa Arab kelas X semester II SMAN 2 Sampang sesuai dengan Standar Kriteria Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dengan catatan dari 13 Standart Kriteria yang dievaluasi 11 Standart Kriteria sesuai dan 2 Standart kriteria tidak sesuai dan perlu direvisi.
ABSTRACT
The suitability of textbook is one of the all matters that must be payed attention by a textbook's writer even a teacher. Whic are we found many textbook were not suitable whith the condition of students that were studying it.
The fisrt requerment to write the textbook is suitability betwen the textbook and background of students. The good's textbook always observes character, background, level of knowledge, and ages of students who wants study it. Beside of that, there are many matters must be payed attention by the writers of textbook when they want to arrange a textbook for the students, they are willingness, inclination, tendency of student and the purposes of teaching. Specially in this research, the researcher is deeping the Arabic textbook of the First Class of Second Semester whic is used in the SMAN 2 Sampang.
The fisrt problem in this research, is this Arabic textbook of the First Class of Second Semester whic is used in the SMAN 2 Sampang suitable according to the principles of the preparation of an Arabic Textbook for the students of non-native speaker? and is this Arabic textbook of the First Class of Second Semester whic is used in the SMAN 2
Sampang suitable according to the Curriculum of Level Education Unity (KTSP)?.
This research use qualitative approach on the descriptive research and analytical methode, which consist of several steps : defining the research issues, conducted a problems dan its background, deeping the theories with the issues, specify the question to analysis, determine the components and standarts to be analyzed, determining the instruments, collecting and analyzing data, writing the result of research. Instrument for this research were : Check List .
The resul of this research are : 1) That the Arabic textbook of the First Class of Second Semester whic is used in the SMAN 2 Sampang is suitable according to the principles of the preparation of an Arabic Textbook for the students of non-native speaker. 2) That the Arabic textbook of the First Class of Second Semester whic is used in the SMAN 2 Sampang, generally is suitable according to KTSP.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muzakki, Ahmad and Huda, Miftahul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تقويم كتاب; تعليم اللغة العربية; Conten Analysis; Textbook; Evaluasi Buku Ajar; Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2017 15:52 | |||||||||
Last Modified: | 06 Oct 2017 15:52 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8288 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |