تطبيق الاشراف التربوي لترقية عملية تعليم وتعلم اللّغة العربيّة بالتطبيق على مدرسة "الولد الصالح" الابتدائية نتونجول ولونج غي مالانج

Erawanto, Very (2014) تطبيق الاشراف التربوي لترقية عملية تعليم وتعلم اللّغة العربيّة بالتطبيق على مدرسة "الولد الصالح" الابتدائية نتونجول ولونج غي مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12720072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Tujuan supervisi pendidikan adalah untuk pengembangan kompetensi guru, dan meningkatkan kinerja mereka. khususnya, untuk pengembangan proses pendidikan serta membantu mereka untuk mengatasi kesulitan dan masalah dalam pendidikan. supervisor bertugas untuk mengubah perilaku guru dan untuk mengembangkan profesionalitas mereka, serta memilih metode pelatihan yang tepat yang dibutuhkan dalam proses pendidikan, yang mengarah untuk meningkatkan efisiensi guru, pertumbuhan budaya dan profesional.

Berdasarkan hasil observasi, pelaksanaan supervisi tidak seperti apa yang diinginkan peneliti, banyak kepala sekolah atau supervisor yang menekankan supervisi pada tatanan administrasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kompetensi pendidikan guru bahasa arab melalui bagaimana teknik-teknik supervisi pendidikan, pengaruh supervisi pada peningkatan kompetensi pedagogik dan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan supervisi pendidikan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan sumber data yaitu : ungkapan, tindakan informan dan dokumentasi. Instumen penelitian : peneliti, dan teknik pengumpulan data : interview, observasi dan angket. Untuk validitas dan kridebilitas data adalah keikutsertaan peneliti, triangulasi, diskusi dengan sejawat dan menggunakan pengecekan data.

Hasil penelitian ini adalah (1) teknik-teknik supervisi yang digunakan adalah : (a) Teknik individu melalui kunjungan kelas, observasi kelas, interview pribadi dan avaluasi diri. (b) Teknik kelompok melalui musyawarah, diskusi kelompok, seminar dan pelatihan-pelatihan (2) adapun pengaruh supervisi adalah adanya usaha dan feedback guru bahasa arab dalam memperbaiki proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.(3) adapun hambatan-hambatan dalam pelaksanaan supervisi adalah (a) banyaknya tugas manajemen kepala sekolah (b) sedikitnya waktu dalam pelaksanaan supervisi dan (3) banyaknya guru yang disupervisi.

ABSTRACT

The purpose of educational supervision is for competence development of teachers and improve their performance. Especially, for the development of the educational process and help them to overcome the difficulties and problems in education. supervisor in charge to change the behavior of teachers and to develop their professionalism and selecting appropriate training methods are needed in the educational process which leads to increase the efficiency of teachers, cultural and professional growth.

Based on observations, implementation of supervision unlike what the researcher wants many principals or supervisors who emphasize administrative supervision in order. Therefore, this study aims to uncover the implementation of supervision in improving the competence of the Arabic language teacher education through how the techniques of educational supervision, influence on improving pedagogical supervision and constraints in the implementation of educational supervision.

his study used a qualitative approach and descriptive research, while data sources are: expression informant, actions and documentation, instrument of research: researcher, technique of data collection: interview, observation and questionnaire, For the validity and credibility of the data is the participation of researcher, triangulation, discussion with colleagu and using data checking.

The results of this study were (1) supervision technique used are: (a) the individual technique through classroom visit, classroom observation, personal interview and self evaluation. (b) group technique through deliberation, discussion groups, seminars and training. (2) As for the effect of supervision is the business and the Arabic language teacher feedback in improving the learning process from planning, implementation and evaluation of learning, As for the obstacles in the implementation of supervision are (a) the amount of the principal management task (b) at least time in the implementation of supervision and (3) the number of teachers supervised.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed and Syuhadak, Syuhadak
Keywords: الاشراف التربوي; عملية تعليم وتعلم; معلم اللّغة العربيّة; Education Supervision; teaching and learning; Arabic teacher; Supervisi Pendidikan; Belajar Mengajar; Guru Bahasa Arab
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 06 Oct 2017 08:52
Last Modified: 05 Jan 2018 03:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8282

Actions (login required)

View Item View Item