تطوير المادة التعليمية على أساس الذكاءات المتعددة لترقية مهارة القراءة للمرحلة المتوسطة: بالتطبيق على مدرستي كياهي حاجي طاهر تومبانج وواحد هاشم ا جتيس مالانج

Chabibatus Zahro, Umi (2014) تطوير المادة التعليمية على أساس الذكاءات المتعددة لترقية مهارة القراءة للمرحلة المتوسطة: بالتطبيق على مدرستي كياهي حاجي طاهر تومبانج وواحد هاشم ا جتيس مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12720069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Materi ajar adalah salah satu unsur pendidikan yang harus diperhatikan keberadaanya. Nampak dalam materi bahasa arab untuk siswa SMP/ MTs Tumpang dan Jetis, terdapat pemasalahan, diantaranya: materi ajar yang diajarkan belum mencukupi kebutuhan siswa seperti penyampaian mufradat, materi, dan latihan-latihannya (tadribat). Kurangnya ketertarikan siswa terhadap bahan ajar yang digunakan.

Berangkat dari permasalahn di atas, penulis mencoba untuk mendesain agar siswa lebih memahami materi ajar dengan asas kecerdasan ganda untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa SMP/ MTs.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendesain materi ajar dengan asas kecerdasan ganda untuk meningkatkan keterampilan membaca para siswa SMP/ MTs Tumpang dan Jetis dengan memperhatikan kecenderungan, kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa SMP/ MTs. 2) Untuk mengetahui kelebihan Materi ajar dengan asas kecerdasan ganda untuk keterampilan membaca para siswa SMP/ MTs Tumpang dan Jetis. 3) untuk mengetahui efektifitas materi ajar dengan asas kecerdasan ganda untuk meningkatkan keterampilan membaca para siswa SMP/ MTs Tumpang dan Jetis.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk bahan ajar keterampilan membaca (maharah qiro’ah) bagi siswa SMP/ MTs di sekolah SMP. KH. Thohir Tumpang dan MTs Wahid Hasyim Jetis Malang 2) Penggunaan produk bahan ajar yang telah didesain memilki efektifitas yang sangat baik di dalam meningkatkan keterampilan membaca para siswa.

Hal-hal yang perlu disarankan dan diusulkan dalam penelitian ini adalah: 1) dalam bahan ajar ini, peneliti masih membuat untuk kemampuan membaca siswa, maka diharapkan agar guru/ peneliti untuk membuat bahan ajar yang memuat semua keterampilan (maharah istima’, qiro’ah, kalam, kitabah) agar siswa lebih menguasai bahasa arab dengan baik dan menyenangkan. 2) peneliti berharap agar dalam mengajarkan bahasa arab digunakan metode yang bervariasi supaya bahasa arab dirasa mudah untuk dipelajari bagi siswa. 3) produk bahan ajar ini terbatas hanya pada keterampilan membaca kelas VII Madrasah Tsanaawiyah, oleh karena itu diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan bahan ajar yang lain berasaskan kecerdasan ganda, dan bahkan untuk jenjang yang lainnya.

ABSTRACT

Teaching material is one of the education elements that must be considered. in the Arabic language materials for students of SMP / MTs Tumpang and Jetis, there are some problems including: teaching material for students such as insufficient vocabularies delivery, material, and exercises. The lack of students interest about materials used .

Based on the problems above, the author tries to design the material in order to make students have better understanding on teaching materials with multiple intelligences principle to improve the reading skills of the students of SMP / MTs.

The purpose of this research were 1) To design teaching materials with multiple intelligences principle to improve the reading skills of the students of SMP / MTs Tumpang and Jetis by concerning trends, needs and abilities of students of SMP / MTs. 2) To know the excess of material with multiple intelligences principle for students reading skill of SMP / MTs Tumpang and Jetis. 3) To know the effectiveness of teaching materials with multiple intelligences principle to improve the reading skills of the students of SMP / MTs Tumpang and Jetis .

This research is research development with quantitative and qualitative approach.

The results of this study are : 1) Reading skills materials for students of SMP / MTs in junior high school. KH. Thohir Tumpang and MTs Wahid Hasyim Malang Jetis 2) Reading material which was designed has excellent effectiveness in improving students' reading skills.

The things need to be advised and proposed in this research are : 1) In the teaching materials, researcher only create for the students 'reading abilities, it is expected that the teacher / researchers to create teaching materials that contain all the skills (listening, reading, speaking, writing) so that more students can conquer the Arabic language well and fun. 2) Researcher hopes that in the Arabic language teaching use variety of methods so that it easy to learn for students. 3) the product is limited for reading skills Tsanawiyah Madrasah grade VII, therefore, for further research was expected to develop other teaching materials based on multiple intelligences, and even for another level.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Mohammad and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr
Keywords: المادة التعليمية; مهارة القراءة; أساس الذكاءات المتعددة; Teaching Materials; Reading Skills; Multiple Intelligences principle; Materi Ajar; Keterampilan Membaca; Asas Kecerdasan Ganda
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 06 Oct 2017 08:52
Last Modified: 22 Dec 2017 03:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item