Nuha, Ulin (2014) استخدام أسلوب استقاق المعلومات عبر الأسئلة لتنمية كفاءة الطلبة في مهارة الكتاب: بالتطبيق على طابة المدرسة العالية الحكومية موجوساري-موجوكرتو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Media Pengajaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena eksistensinya mampu memberikan pengaruh yang sangat besar dalam upaya membangkitkan dan memusatkan perhatian para siswa pada pelajaran, menambah pengalaman belajar dan meningkatkan motivasi mereka sekaligus menjadikan mereka betul-betul siap menerima pelajaran.
Menurut pengamatan peneliti, pengajaran bahasa Arab di MAN Mojosari- Mojoketo masih belum berjalan dengan efektif karena masih dijumpainya beberepa persoalan penting, diantaranya, minimnya siswa yang memiliki buku pelajaran. Sejalan dengan itu guru menjadi lebih banyak menghabiskan waktu pelajaran yang tersedia untuk mencatat materi pelajaran yang pada akhirnya para siswa merasa bosan, malas dan kurang antusias dalam menerima pelajaran.
Metode peneltian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang melakukan uji coba keberhasilan pada pengajaran menulis dengan menggunakan teknik probing prompting. Instrument yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan test menulis/mengarang.
hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknik probing prompting sebagai media/teknik pengajaran terbukti efektif meningkatkan kecakapan menulis siswa kelas tiga MAN Mojosari-Mojoketo, peneliti telah membandingkan hasil nilai dari kedua kelompok yaitu kelompok eksperiment dan non eksperiment, ini terlihat pada nilai t (1,63) dalam penelitian ini lebih besar dari nilai t-test (1,3) pada tingkatan 5%. Dari sini kita dapat mengetahui bahwa hasil penelitian tersebut dapat diterima dengan kata lain bahwa pembelajaran menulis dengan menggunakan teknik probing prompting sangat berpengaruh dalam belajar siswa khususnya dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.
ABSTRACT
Teaching media is one crucial aspect in learning and teaching process since it to may give big impacts in raising and focusing the attention of students in certain subjects, increasing their learning experience and motivation as well as making them really ready in learning.
The researcher thinks that Arabic teaching at MAN Mojosari-Mojokerto has not been effectively conducted since there were several problems found, such as few students having handbook. In addition, teachers tend to spend the class hour by writing the materials by which makes the students get bored, lackadaisical and less enthusiastic in learning activity.
Other research methods used by researchers in this study is a quantitative approach. The type of study is a research experiment to test the success of the teaching media willing to use probing prompting tecnique. The research instruments are interview, observation, and tests.
The results obtained is writing learning in using probing prompting technique. The results showed to influence on student achievement and effective in improving the writing skills at MAN Mojosari-Mojokerto, it was seen in the value of t in this study is greater than the value of t -test at 5%.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Murtadho, Nurul and Dimyati, Mohammad Afifuddin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | استخدام أسلوب استقاق المعلومات عبر الأسئلة; مهارة الكتاب; Probing Prompting Tecnique; Writing Skill; Teknik Probing Prompting; Keterampilan Menulis | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2017 15:51 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2017 14:52 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8279 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |