Sultoni, Mohammad Hamim (2015) Pengaruh program corporate social responsibility terhadap citra perusahaan: Studi pada program “mataku sehat 2014” PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
11510087 Pendahuluan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
11510087 Indonesia.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
11510087 Inggris.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text (Abstract: Arabic)
11510087 Arab.pdf Download (120kB) |
||
|
Text (Chapter 1)
11510087 Bab 1.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
11510087 Bab 2.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
11510087 Bab 3.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
11510087 Bab 4.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
11510087 Bab 5.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (References)
11510087 Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
11510087 Lampiran.rar Download (2MB) |
||
|
Text (Summary)
11510087 Ringkasan.pdf Download (442kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tanggung jawab sosial saat ini sebagai respon perusahaan terhadap aspek lingkungan dan sosial masyarakat. Hal ini didasari oleh penetapan peraturan pemerintah dalam Undang-Undang No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pasal 74 . Pada pelaksanaannya saat ini pelakasanan program Corporate Social Responsibility tidak hanya sebagai tanggung jawab sosial. Tetapi, juga sebagai bentuk inti strategi pemasaran dalam menumbuhkan atau mempertahankan image perusahaan. Hal ini karena dalam program tanggung jawab sosial yang baik akan berdampak pada tumbuhnya kepercayaan dan hubungan baik dengan lingkungan dan masyarakat. Bahkan hasil riset yang dilakukan oleh Roper Search Worldwide memaparkan bahwa sebanyak sekitar 66% responden siap berganti merk kepada perusahaan yang memiliki citra sosial yang positif dalam bentuk program Corporate Social Responsibility. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh suatu program CSR terhadap citra perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memiliki hasil berupa kesimpulan yang memiliki sifat jelas dan pasti. Studi kasus dalam penelitian ini adalah program “Mataku Sehat 2014” diselenggarakan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Malang. Selain itu, pengumpulan data dilakukan pada siswa di SMA 2 YPK Jatim dan SMA Petra Malang, sebagai tempat pelaksanaan program CSR tersebut.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility (X3) berpengaruh signifikan dan merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan dengan hasil t thitung sebesar 4,701 dengan signifikasi t sebesar 0,000. Sementara itu, CSR Goals dengan thitung sebesar 2,552 dengan signifikasi t sebesar 0,013 memiliki pengaruh signifikan. Sedangkan CSR Issue memiliki pengaruh tidak signifikan dengan nilai thitung sebesar -0,411 dengan signifikasi t sebesar 0,682.
ENGLISH:
The social responsibility nowadays is the company’s response to the environmental and social aspects. It is based on the determination of government regulations in Article 74 of Act Number 40 Year 2007 on Limited Liability Companies. The implementation of Corporate Social Responsibility (the so called CSR) program presently is not only as a social responsibility but also as a core of marketing strategy in growing or maintaining the image of the company. Because in the good social responsibility program, it will impact on the growth of trust and good relationship with the environment and society. Even the results of research conducted by Roper Search Worldwide explained that as much as about 66% of respondents are ready to change brands to the companies that have a positive social image in the form of CSR program. Therefore, this research has an objective to determine the influence of CSR program against the image of the company.
This research uses a quantitative approach which has result in a clear and definite conclusion. The case studies in this research is the program "Mataku Sehat 2014" organized by PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Malang. In addition, the data collection is done on the students of SMA 2 YPK East Java and SMA Petra Malang, as the implementation of the CSR program.
The findings concluded that the variables of Corporate Social Responsibility (X3) are significantly takes effect and has the most dominant influence with the result t tcount of 4.701 with the significance t of 0.000. Meanwhile, CSR Goals with tcount of 2.552 with significance t of 0.013 have significant influence. While CSR Issue has no significant influence with tcount of -0.411 with significance t of 0.682.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Corporate Social Responsibility; Citra Perusahaan; Company Image |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Ratih Novitasari |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 11:48 |
Last Modified: | 03 Aug 2015 11:48 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/827 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |