Qaaf, M. Alfath (2014) تطوير الألعاب اللغوية الحسوبية ببرنامج جيم مكر ٨.١ لتعليم المفردات في المستوى الابتدائي: بلتطبيق على مدرسة هاشم أشعري المتوسطة الإسلامية بباتو جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12720033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Banyak permainan yang telah digunakan oleh para pendidik sebagai media pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dikarenakan sifat permainan yang merupakan sesuatu yang menyenangkan bagi para peserta didik sebagai pemain dan membuat peserta didik tidak bosan dalam permainan tersebubt. Akan tetapi permainan bahasa khusunya masih digunakan media sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar peserta didik bukan sebagai pemerolehan bahasa tersebut. Oleh karena itu perlunya pengembangan permainan bahasa sebagai media pemerolehan bahasa tersebut.
Pengambangan permainan bahasa yang ingin dicapai oleh peneliti adalah menyajikan permainan yang dirancang sebagai permainan yang bersifat bukan sebagai alat ukur hasil belajar peserta didik akan tetapi kegiatan yang mengantarkan peserta didiknya memperoleh bahasa tersebut. Dalam hal ini adalah pemerolehan bahasa arab. Pemerolehan bahasa arab dimaksudkan adalah pemerolehan kosa kata bahasa arab yang masih menjadi kendala peserta didik dalam memahami teks tertulis maupun lisan. Oleh karena itu peniliti memfokuskan pengembangan permainan bahasa arab ini pada pengajaran kosa kata.
Kosa kata yang disajikan dalam permainan ini adalah kosa kata yang akan disajikan pada materi yang bertepatan pada waktu peneliti terjun ke lapangan. Sebanyak 26 kosa kata yang tersaji dalam waktu 23 menit dalam satu jam pelajara. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif- kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah termasuk dalam bagian penelitian penelitian dan pengembangan.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Tersajinya permainan bahasa arab berbasis komputer 2) demgan permaiana yang dirancang oleh peneliti sendiri memiliki efektifitas dan efisiensi di dalam meningkatkan meningkatakan daya ingat peserta didik dan kemenarikan peserta didik terhadap pembelajaran kosa kata dengan permainan bahasa berabsis computer tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata akhir kelas eksperimen mencapai 9,14 dari nilai rata-rata sebelumnya adalah 6,46. Dan nilai thitung adalah 2,35 yang nilainya lebih besar dari nilai ttabel yang bernilaikan 1,67 pada taraf signikan 5%.
ABSTRACT
Many games have been used by as learning media in order to improve students learning result. Because of the game's rules is something fun for students as players and also make the students do not get bored in the game. But language game particularly, is still used as achievement of students learning result measure tool, rather than as the language acquisition.
The development of language game researcher want to be achieved is presenting a game designed as game that is not as students learning result measure tools but a game that bring students acquire the language. In this case the Arabic language acquisition. Arabic language acquisition is intended for Arabic vocabulary acquisition that still be students obstacles in understand of written and oral teks. Therefore, researcher focused the Arabic game development in vocabulary learning.
Vocabulary is presented in this game is vocabulary that will be presented in the matery coincide in the time researcher goes in research. A total of 26 vocabularies presented in 23 minutes within one hour lesson. Researcher in this study used a qualitative-quantitative approach. The type of this research in include as part of the research "Research & Development".
The result of this study were 1) provide Arabic based computer game 2) with a game designed by the researcher has efficiency and effectiveness to improving students memory and attractiveness of students in vocabulary learning with the computer-based language game, this is evidenced by the results of the final average grade experiment reached 9.14 from the previous average is 6.46. and the calculated value is 2.35 wich value is bigger than the table value is worth 1.67 at significant level of 5%.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Masyhudi, Muhammad Mujab | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الألعاب اللغوية الحسوبية; تطوير; تعليم المفردات; Games, Development; vocabulary learning; Game Maker 8.1 program; Permainan; pengembangan; pengajran kosa kata | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2017 15:17 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 11:10 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8250 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |