Oktavera, Hasnil (2014) تطوير استراتيجية توني بوزان لتعليم القراءة العربية على أساس الاستقصاء: بالتطبيق على طلبة المدرسة الثنوية الحكومية 1 بسونجائي بينوح جانبي. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12720024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berangkat dari sebuah asumsi penulis terhadap pembelajaran bahasa Arab yang masih menekankan proses pembelajaran berpusat pada materi ajar dan guru. Siswa yang menjadi subjek belajar tidak dimanfaatkan secara maksimal, hal ini tentu bertitik tolak terhadap apa yang telah dirancang dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional serta prinsip pembelajaran yang ideal. Dari permasalahan inilah penulis mendesain strategi pembelajaran yang berpusat pada aktivitas peserta didik sehingga mereka mampu mengembangkan pola pikir mereka dalam menemukan informasi penting yang mereka butuhkan serta mampu memecahkan atau menjawab permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi melalui membaca dalam menemukan makna.
Tujuan Penelitian ini adalah pengembangan strategi Toni Buzan untuk pembelajaran membaca berbasis inkuiri untuk Madrasah Aliyah (MA) yang disajikan dalam bentuk modul pembelajaran dan diujicobakan pada MAN 1 Sungai Penuh Jambi.
Adapun tujuan penelitian secara rinci adalah 1) Memberikan gambaran langkah-langkah pengembangan strategi Toni Buzan untuk pembelajaran membaca diam berbasis inkuiri
untuk siswa MAN 1 Sungai Penuh Jambi, 2) Memberikan gambaran karakteristik dan efektivitas strategi Toni Buzan untuk pembelajaran membaca diam berbasis inkuiri untuk siswa MAN 1 Sungai Penuh Jambi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall dalam buku Sugiono, karena model pengembangan ini dipandang cocok dengan tujuan pengembangan strategi
ini. Validator dalam penelitian ini adalah satu orang ahli desain pembelajaran bahasa arab, satu orang ahli desain pembelajaran membaca (bahasa Arab), dan satu orang ahli
desain strategi pembelajaran. Subjek uji coba lapangan dalam penelitian ini adalah 56 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok; 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara dan tes. Dalam analisis data digunakan dua teknik analisis yang diperoleh dari hasil review ahli dan uji coba produk. Hasil review ahli dianalisis dengan menggunakan teknik content analisis, deskriptif kualitatif dan statistic deskriptif. Adapun hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan uji t dua sampel independent.
Hasil penelitian ini adalah: karakteristik dan efektivitas strategi pembelajaran yang dikembangkan adalah: (a) strategi yang dikembangkan di namai dengan strategi
CREATIVE yang mempunyai delapan langkah, yaitu Cek, Relasi, Ekspansi, Aktivasi, Tabulasi, Interpretasi, Verifikasi, Ekspresi. (b) strategi yang dikembangkan mampu mengembangkan pola pikir kreatif siswa. (c) berbasis menemukan informasi yang dibutuhkan sehingga siswa mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. (d) hasil uji t untuk kedua kelompok (eksperimen dan kontrol)menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang di kembangkan untuk pembelajaran membaca diam efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan, membaca cepat, dan membaca efektif.
ABSTRACT
This study departs from an assumption of the author towards learning Arabic are still emphasizing the learning process centered on teaching materials and teachers. Students like the subject of learning is not fully utilized, it is certainly starting point for what has been designed in Law No. 20 of 2003 on the national education system as well as an ideal learning principles. Of this problem the authors design strategy centered learning activity learners so that they are able to develop their mindset in finding important information they need and be able to solve or answer the problems they face in finding meaning through reading.
The purpose of this research is the development of strategies for teaching reading Toni Buzan-based inquiry for Madrasah Aliyah ( MA ) is presented in the form of learning modules and tested on MAN 1 Sungai Penuh Jambi. The purpose of the study in detail are: 1) Provide an overview of the steps Toni Buzan development of strategies for inquiry-based learning silent reading for students MAN 1 Sungai Penuh Jambi, 2 ) Provide an overview of the characteristics and effectiveness of Toni Buzan strategies for inquiry-based learning silent reading for students of MAN 1 Sungai Penuh Jambi.
The method used is research and development (R & D) by using a model of the development of Borg and Gall in Sugiono book, because it is deemed suitable development model with the goal of developing this strategy. Validation in this study is one of the experts design Arabic language learning, the instructional design expert reading (Arabic), and a learning strategy design experts. Subject field trials in this study were 56 students who were divided into 2 groups; 28 students as the experimental group and 28 students as a control group. The technique used in this study is a questionnaire, observation, interviews and tests. In the data analysis used two techniques of the analysis of the results of the expert review and test products. Results of expert review analyzed using content analysis techniques, descriptive qualitative and descriptive statistics. The trial results were analyzed using t-test with two independent samples.
The results of this study are : 1) Development of strategies for teaching reading Toni Buzan inquiry-based silent through eight steps: analyzing the interests, needs and problems faced by students, collecting data, developing learning strategies, validation, revision 1, the test ( presented in front of students and teachers), revision 2, learning strategies. 2) the characteristics and effectiveness of learning strategies developed are: (a) strategy developed in frontage by CREATIVE strategy which has eight steps, Cek, Relation, Ekspansi, Aktivasi, Tabulasi, Interpretasi, Verifikasi, Ekspresi. (b) the strategies developed are able to develop students' creative mindset. (c) Based on finding the needed information so that students have the opportunity to participate in the learning process. (d) the results of the t test for two groups (experimental and control) showed that the developed learning strategies for learning to read quietly effective in improving students' skills in reading comprehension, speed reading, and reading effectively.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطوير استراتيجية توني بوزان; تعليم الاستقصاء; Development of Toni Buzan Strategies; Reading Skill; Inquiry; Pengembangan Strategi Toni Buzan; Pembelajaran Membaca; Inkuiri | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2017 15:24 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:07 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8240 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |