Rini, Sulistia (2014) استخدام لعبة لغوية "أكمل الصورة وكتب اسمها" لتنمية مهارة الكتابة: بحث تجريبي بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية اولى مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (24MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam tesis ini peneliti membahas tentang penggunaan media permainan bahasa “lengkapi gambar dan tulis namanya” dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis. Penelitian ini diadakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Malang I, yang merupakan sebuah sekolah yang maju dan terkenal di masyarakat, dan semua siswanya telah mengenal Bahasa Arab. Akan tetapi banyak siswa yang kurang mendalami penguasaan Bahasa Arabnya terutama dalam kemampuan menulis. Lemahnya kemampuan menulis tersebut bukan disebabkan karena sulitnya menulis dalam Bahasa Arab, tetapi disebabkan diantaranya karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang fariatif dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab. Dengan demikian, perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan media permainan bahasa “lengkapi gambar dan tulis namanya” untuk meningkatkan keterampilan menulis.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan tentang penerapan permainan bahasa “lengkapi gambar dan tulis namanya” dalam pembelajaran menulis Bahasa Arab dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan permainan bahasa “lengkapi gambar dan tulis namanya” untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa MAN Malang I. Sementara itu populasinya dibatasi pada siswa kelas X dari sekolah tersebut pada tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 875. Dan sampelnya adalah siswa kelas X D dan X E yang masin g- masing jumlahnya 29 siswa.
Adapun jenis pendekatan penelitiannya adalah kuantitatif dan kualitatif dengan metode eksperimen yaitu kuasi eksperimen. Sementara itu desainnya adalah pretest postest untuk dua kelompok. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi dan angket.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran keterampilan menulis menggunakan permainan bahasa “lengkapi gambar dan tulis namanya” dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu: a) Tahap persiapan atau pendahuluan, b) Tahap demonstrasi gambar, pengamatan dan memperhatikan, c) Tahap menulis, d) Tahap refleksi. Adapun menulis ada tiga tahap, yaitu (1) Tahap pra menulis, (2) Tahap menulis, (3) Tahap pasca menulis. 2) Penggunaan permainan bahasa “lengkapi gambar dan tulis namanya” untuk meningkatkan keterampilan menulis efektif, yang dikuatkan dengan hasil t-tes bertaraf signifikansi 2,81 dan hasil observasi 82,3 % (sangat baik) serta hasil angket 69 % (baik).
ABSTRACT
This research studied about the usage of languages game “complete the pictures and write its name” in Arabic Language learning to increase writing skill. The research ran as experimental research at Islamic State Senior High School (MAN) of Malang I, which is developed and famous institution in the society and all the student have known the Arabic Language. But most of their writing skill is in low level. This weakness of writing skill does not come from the difficulty of writing Arabic Language, but it comes from less usage varied effective media to increase writing skill. So, it is necessary to research about the effect usage of languages game “complete the pictures and write its name” in Arabic Language learning to increase writing skill.
The function of this kind of research is to produce some knowledge about usage of languages game “complete the pictures and write its name” in Arabic Writing learning and also it can produce some knowledge about effectiveness of the usage of languages game “complete the pictures and write its name” to increase writing skill of students in the Islamic State Senior High School (MAN) of Malang I. And the population given to special limitation to the students in X class of that school in the school year 2013-2014 which amounts to 875 students. And the sample is students of X D and X E,which each amounts to 29 students.
The approach which is used is quantitative and qualitative with experimental method is quasi experimental, pretest and posttest design for the two groups. And the method to collect the data are interview, tests, observation and questionnaire.
The result of this research are: 1) Teaching and learning process of Arabic writing skill by usage languages game “complete the pictures and write its name” is performed in five phases, they are: a) Introduction, b) Demonstration of pictures, c) Writing, d) Reflection. As for the writing, there are three phase, they are: (1) Pre writing phase, (2) Writing phase, (3) Post writing phase. 2) The usage languages game “complete the pictures and write its name” is effective to increase writing skill with supported by t-tes result at the level of 2,81 significant and the observation of 82,3 % (very good) and the questionnaire 69 % (good).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Mubarok, Zulfi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | أكمل الصورة وكتب اسمها; لعبة لغوية; مهارة الكتابة; Complete The Pictures and Write its Name; Languages Game; Writing Skill; Lengkapi Gambar dan Tulis Namanya; Permainan Bahasa; Keterampilan Menulis | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2017 15:11 | |||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2017 15:11 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8222 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |