Hasyim, Mochamad (2014) استخدام طريقة جيكسو في تعليم مهارة القراءة: بحث تجريبي في مدرسة دار التقوى الثانوية الإسلامية بسينجون اجونج بورواساري باسوروان جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Pengajaran keterampilan berbahasa bertujuan agar siswa mampu membaca teks dan buku yang ditulis dalam bahasa Arab dengan benar dan memahami bacaan baik kata, kalimat atau teks bahasa Arab. Dan jelaslah bahwa tidak mungkin mencapai berbagai informasi dan pengetahuan tanpa membaca, oleh karena itu melatih kemampuan membaca yang baik sangatlah penting. Terkait dengan hal ini, pemilihan metode pengajaran baik dalam mengajarkan keterampilan membaca meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan memperoleh berbagai ilmu pengetahuan, disamping itu juga membuat siswa gemar membaca. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan metode jigsaw dalam pengajaran keterampilan membaca baik membaca dalam hati ataupun membaca nyaring.
Rumusan penelitian ini yaitu: 1. Sejauh manakah tingkat efektifitas penggunaan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan membaca dalam hati dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas dua bahasa satu di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? 2. Sejauh manakah tingkat efektifitas penggunaan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan membaca nyaring dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas dua bahasa satu di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? 3. Sejauh manakah tingkat efektifitas penggunaan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan membaca dalam hati dan nyaring dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas dua bahasa satu di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektifitas penggunaan metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan membaca dalam hati dan nyaring siswa kelas dua bahasa “1” MA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan.
Hipotesa yang diajukan adalah ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode jigsaw terhadap keterampilan membaca siswa kelas dua bahasa satu MA Darut Taqwa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest dan posttset untuk kolompok eksperimen dan kontrol. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung dalam keterampilan membaca dalam hati -30.243, -23.809 dan dalam keterampilan membaca nyaring - 31.542, -31.542 adalah lebih besar dari nilai t-tabel yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan metode jigsaw dalam pengajaran keterampilan membaca siswa kelas dua bahasa satu MA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan adalah efektif.
ABSTRACT
Reading is one of four language skills. The instruction of language skills is aims at teaching reading is a skill that students could reading texts and books written in Arabic read correctly and understand whit reading whether the word or sentence or texts.. It’s clearly impossible to get information without reading. Therefore, reinforcing reading skills is very important. Related to this point, choosing a suitable instructional method in teaching reading skill may improve students’ competence in understanding and getting information. In this research, the researcher applies jigsaw method in teaching reading skills either read silently or read aloud.
The research problems are: 1) how is the effectiveness of using the jigsaw method in teaching silent reading skills to improve of second grade language one- class students of Islamic Senior High School Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan?, 2) how is the effectiveness of using the jigsaw method in teaching loud reading skills to improve of second grade language one-class students of Islamic Senior High School Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan?, 3) how is the effectiveness of using the jigsaw method in teaching silent reading skills and loud reading skills to improve of second grade language one-class students of Islamic Senior High School Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan?.
The purpose of this study was to determine the extent of the effectiveness of using jigsaw method in improving the reading skills of students in the liver and sonorous language of the second class MA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan.
Hypothesis proposed is that there is significant influence in application jigsaw method on second grade student in MA. Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan.
This research is experimental research with pretest-posttest design for experiment and control groups. It has quantitative approach and uses four instruments: observation, interview, and test.
The results of this study indicate that the value of t-test in silent reading proficiency -30 243, -23 809 and -31 542 loud in reading proficiency, -31 542 is greater than t-table value is 0.05. This suggests that the hypothesis is accepted. The conclusion that the use of the jigsaw method of teaching reading skills of second-grade students of Islamic Senior High School Darut Taqwa language Sengonagung Purwosari Pasuruan is effective.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | طريقة جيكسو; مهارة القراءة; jigsaw method; reading skill; Metode Jigsaw; Keterampilan Membaca | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2017 15:33 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 09:22 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8217 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |