إعداد المواد النحوية باستخدام برنامج أدوب فلاس لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على طلاب معهد دار الفلاح الاسلامى باتو جاوى الشرقية

Halil, Ibnu (2013) إعداد المواد النحوية باستخدام برنامج أدوب فلاس لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على طلاب معهد دار الفلاح الاسلامى باتو جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11720064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bahasa Arab merupakan bahasa yang menarik di seluruh dunia. Karena bahasa Arab adalah bahasa agama yakni bahasa Al Qur’an dan Sunnah serta sumber-sumber Syari’at Islam lainnya. Bahasa Arab mempunyai empat keterampilan, sedangkan membaca adalah yang ketiga dari empat keterampilan berbahasa tersebut. Dan membaca merupakan sarana yang sangat penting dalam memperoleh ilmu dan pengetahuan, baik ilmu dan pengetahuan agama atau umum. Demi kelestarian dan menjaga kemurnian bahasa tersebut, maka para Ulama’ ahli linguistik berusaha membuat kaedah-kaedah bahasa, dan kaidah bahasa tersebut dinamai ilmu nahwu. Pada zaman sekarang ini telah berkembang disegala bidang termasuk kemajuan teknologi.

karena itu, harus setiap guru di dunia ini, khususnya para guru bahasa Arab, harus ikut berperan untuk mengembangkan diri dan pengetahuan mereka tentang teknologi. Dan diantara teknologi yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab adalah komputer.

Pada kesempatan ini, peneliti mencoba untuk mempersiapkan materi ajar dengan menggunakan program "Adobe Flash," sebuah program yang memungkinkan bagi peneliti untuk menyiapkan materi kaidah nawhu dalam meningkatkan keterampilan membaca
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui mater ipengajaran nahwu dengan menggunakan program adobe flash dalam meningkatkan kemahiran membaca pada santri di Pondok Pesantren Darul Falah dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan program adobe flash tersebut. Adapun desian penelitian ini eksperimen, dimana peneliti menggunakan Pre-Test dan Post-Test terhadap dua grup (Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol).

Populasi adalah para siswa di madrasah diniyah taqmiliyah Pondok Pesantren Darul Falah Batu Jawa Timur, dan sampel penelitian para siswa di kelas II ( dua ). Temuan dari experimen adalah: sesungguhnyadenganmenggunakan program adobe flash alam mater ipembelajaran nahwu tampak keefektifannya, karenaitu program adobe flash Sesuai untuk meningkatkan kemahira nmembaca.

ABSTRACT

Arabic is the language of interest around the world. Because Arabic is the religious language that is the language of the Qur'an and Sunnah as well as the sources of Islamic Law. Arabic has four skills, while reading is the third of the four language skills. And reading is a very important means to acquire science and knowledge, both science and religion or general knowledge. For the sake of continuity and maintaining the purity of the language, then the scholars' linguist trying to make grammar, and the rules of the language named syntax (nahwu) science. At this day and age have developed in all fields including technological advances. Therefore, should any teacher in the world, especially the Arabic teacher, must come into play to develop themselves and their knowledge of technology. And among the technology used in teaching Arabic language is a computer.

On this occasion, the researcher tried to prepare teaching materials using the program "Adobe Flash," a program that makes it possible for researchers to prepare material syntax
(nawhu) rules to improve reading skills

This study aims to determine the effectiveness of the use of adobe flash program to raise
higher syntax (nahwu) in teaching reading skills. The experimental desianthis study, where researchers use a Pre-Test and Post-Test of the two groups (Experimental Group and Control Group). The student population at the school is diniyah taqmiliyah Boarding School Darul Falah Batu in East Java, and the students in the study sample class II (two).

The findings of the experiment are: actually using adobe flash program looks effectiveness, because it adobe flash program in teaching syntax to improve reading skills is effective.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Al-Bari, Nur Hasan Abdul and Bakheet, Bakri Mohammed
Keywords: إعداد المواد النحوية; برنامج أدوب فلاس; مهارة القراءة; Adobe Flash; grammar syntax to improve reading skills; Materi Ajar Nahwu; Program Adobe Flash; Keterampilan Membaca
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Sep 2017 08:42
Last Modified: 29 Dec 2017 07:29
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8150

Actions (login required)

View Item View Item