Yusuf, Khaniful Mafrudin (2013) إعداد المواد التعليمية لمهارة القراءة في درس اللغة العربية للصف السابع: بحث تطويري بمدرسة "الرحمة" المتوسطة سونبار ساكار داوو مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11720060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (22MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Membaca merupakan ketrampilan yang membutuhkan proses kompleks yang mencakup beberapa ketrampilan bahasa. Ketrampilan membaca merupakan salah satu keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa Arab, karena beberapa bukti menunjukkan bahwa keterampilan ini menjadi tujuan utama sebagaimana pandangan para linguistik bahasa Arab, yang menyatakan bahwa keterampilan ini merupakan sumber dasar untuk mencapai ilmu dan pengetahuan yang luas. Dan untuk merealisasikan tujuan pembelajaran membaca maka diperlukan buku ajar yang merupakan media untuk menghubungkan materi pembelajaran dengan kemampuan anak. Tujuan dari buku ajar tidak akan terealisasikan selama materi yang ditawarkan tidak sesuai dengan kemampuan siswa baik dari aspek intelektual, mental maupun cultural. Oleh karena itu dalam memilih materi pada tingkatan tertentu harus sesuai dengan perkembangan otak siswa pada tingkatan tersebut.
Berangkat dari hasil pengamatan dan wawancara pertama di SMP Ar-Rohmah, maka peneliti menemukan beberapa permasalahan. Diantara permasalahan yang ada; buku ajar yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar hampir setiap tahun selalu ganti, begitu juga dengan tenaga pengajar yang selalu berganti setiap tahun ajaran baru dan tidak ada ketetapan kurikulum khususnya pelajaran bahasa Arab. Permasalahan inilah yang menjadikan tujuan pembelajaran belum tercapai. Oleh karena itu, peneliti ingin menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menyempurnakan penyusunan materi pembelajaran untuk keterampilan membaca bahasa Arab dan ingin mengetahui sejauh mana tingkat keefektifan materi pembelajaran yang telah disusun oleh peneliti.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang terdiri dari lima langkah; analisis, perencanaan, pengembangan, test dan perbaikan. Dan untuk mengetahui efektifitas dari produk tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan penyusunan pretest dan posttest untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan empat instrument; observasi, wawancara, anket dan test. Setelah proses analisis dari nilai yang terkumpul, ditemukan nilai t-hitung; (5,35), nilai ini lebih besar dari nilai t-table pada taraf 1% yaitu; 2,38 dan lebih besar dari nilai t-table pada taraf 5% yaitu; 1,66. Maka dapat disimpulkan bahwa desain materi pembelajaran untuk keterampilan membaca bahasa Arab yang diterapkan di SMP Ar-Rohmah terbukti efektif.
ABSTRACT
The reading is complex process includes all of skill, that the reading skill is one of basic skill in Arabic lesson teaching; because according linguistics opinion this has indicated that this skill is a basic aim and it is the first source for get the large sciences. Therefore, to realize the aim of reading teaching this has needed guidebook as the tool as connected between teaching materials and students’ minds. These aims cannot be realized as long as language subject did not appropriate whit students’ ability concerning mentality, intellectuality and culturally.
In the first observation and interview at “Ar-Rohmah” Lower Secondary School, these were many problems; changing the guidebook every years as the coming teacher out as, and there were not statement’s decider curriculum especially Arabic lesson there for this school can’t reach the aims. Therefore, the researcher would to solve problems by finalization of the teaching materials preparation of Arabic lesson for reading skill and to identification the efficiency of subject preparation for reading skill that is completed by researcher.
The researcher used development method that is completed by five steps, these were analyzing, planning, developing, testing and correcting. For defining the range of efficiency’s product, the researcher used experimental research with pretest-posttest preparation for experiment and control groups. It has qualitative and quantitative approach and uses four instruments; observation, interview, questionnaire, and test. After analyzing results, the researcher found t-test value; (5,35) this is higher than t-table value at 1% (2,38) and higher than t-table value at 5% (1,66). The conclusion according this statement is the teaching materials Preparing of Arabic lesson for reading skill that is applied at “Ar-Rohmah” Lower Secondary School so effective.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Dimyati, Mohammad Afifuddin and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | إعداد; المواد التعليمية; مهارة القراءة; Preparing; Teaching Materials; Reading Skill; Penyusunan; Materi Pembelajaran; Ketrampilan Membaca | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2017 15:42 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 10:37 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8147 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |