Rahmawati, Nur Laila (2013) تطوير المواد التعليمية على أسس قيم الألعاب التقليدية نإندونيسيا لترقية مهارة الكلام: بالتطبيق على طلبة الفصل الخامس في المدرسة بنى هاشم الإبتدائية الإسلامية بسنجاساري مالانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11720042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim adalah salah satu sekolah Islam swasta di Singosasi Malang. Ditemui beberapa masalah dalam pembelajaran di sekolah tersebut khususnya perlu adanya pembenaran dan pengembangan materi ajar yang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa. Di Sekolah tersebut khususnya kelas 5, belum ditemukan buku ajar yang bagus yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Oleh karena itu peneliti mengembangkan buku ajar yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi ajar berdasarkan nilai-nilai permainan tradisional Indonesia dan untuk mengetahui efektifitas materi ajar dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa disekolah ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development).
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk materi ajar berdasarkan nilai- nilai permainan tradisional Indonesia bagi siswa Sekolah dasar kelas V 2) Penggunaan produk materi ajar berdasarkan nilai-nilai permainan tradisional Indonesia memiliki efektifitas yang sangat baik di dalam peningkatan keterampilan berbicara para siswa.
Pesan dan saran peneliti untuk sekolah dan guru dalam peneltian ini adalah: (1) Guru hendaknya mengembangkan buku ajar yang bagus dan sesuai untuk siswa dengan pemilihan bab yang mudah dan berhubungan dengan kehidupan siswa sehari-hari, (2) Guru hendaknya menggunakan perangkat pembelajaran dan media yang bermacam-macam serta menggunakan evaluasi yang beragam sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, (3) Guru sebaiknya menambah variasi latihan untuk menambah dan mengetahui kemampuan siswa, (4) Sebaiknya guru menghindari menggunakan bahasa ibu dalam proses pembelajaran karena akan membuat siswa terbiasa menerjemahkan dan sebaiknya guru menggunakan banyak media untuk mengetahui makna kosakata yang diajarkan.
ABSTRACT
Bani Hasyim elementary school is a private Islamic school in Singosari, Malang. It faces some learning problems especially in developing some teaching materials that can improve students speaking skill for 5 grader. The researcher try to develop teaching materials to improve students speaking skill. Based on those statement, the researcher wish to design a materials instruction intended to improve the student’s Arabic speaking skills and competency.
The purposes of this research are: (1) product handbook to improve student’s Arabic speaking skill based on Indonesian tradisional games values, (2) test the effectiveness of handbook in improving student’s Arabic speaking skill of Bani Hasyim Islamic Elementary School.
This research used qualitative-quantitative approach and the type of this research was a kind of “Research and Development” ( R & D ).
The results of this research are: (1) product handbook of Arabic speaking skill on Indonesian tradisional games values, (2) the experiment appointed that using product andbook could improve the ability of students to speak Arabic.
There are suggestions for the school and it’s Arabic teachers: (1) teacher should create a good book for their student by choosing appropriate and familiar topic to their student, (2) teacher must use some teaching tool media and do the evaluation to make a fun learning process, (3) teacher should give more practices to know student ability and experience, (4) teacher should prevent using mother tongue language in learning process because it will make student get used to translate the lesson but teacher must use many media to introduce some new vocabularies.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | المواد التعليمية; مهارة الكلام; الألعاب التقليدية نإندونيسيا; Teaching Materials, Indonesian Traditional Games Values; Speaking Arabic Skill; Materi Ajar; Nilai Permainan tradsional Indonesia; Keterampilan Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2017 15:40 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 09:25 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8135 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |