Utama, Wawan Kurnia (2013) دور اتحاد الطلبة فى تنمية مهارة الكلام: دراسة وصفية تحليلية فى قسم اللغة بمعهد الكوثر الكونتوري أيك ميل لمبوك الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11720018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Organisasi Santri adalah struktur organisasi di sekolah yang memiliki visi misi yang sama dengan sekolah secara keseluruhan. Sekolah-sekolah, khususnya di pondok pesantren telah banyak mendirikan Organisasi Santri yang bertujuan untuk membantu proses belajar mengajar. Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Gontory yang terletak di desa Aik Mel Lombok Timur merupakan lembaga pendidikan Islam yang terkenal dengan bahasa dan organisasinya. Di Pondok Pesantren Al-Kautsar Al- Gontory, sekitar 80% kegiatan santri dilaksanakan dan diatur sepenuhnya oleh organisasi santri sendiri. Ada yang bertindak sebagai bagian keamanan, bagian penerangan, bagian bahasa, bagian dapur, dan lain-lain. Maka dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti salah satu bagian yang bertanggung jawab dalam pengembangan Bahasa Arab santri.
Penelitian ini berfokus pada peran Organisasi Santri dalam mengembangkan keterampilan berbicara Bahasa Arab, dalam hal ini adalah bagian bahasa yang merupakan bagian yang bertanggung jawab atas perkembangan bahasa santri.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kegiatan-kegiatan Organisasi Santri dalam pengembangan keterampilan berbicara, 2) Mendeskripsikan efektivitas kegiatan Organisasi Santri dalam pengembangan keterampilan berbicara siswa, 3) Mendeskripsi kegiatan yang tepat dalam mengembangkan keterampilan berbicara Bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik peengumpuan data dalam penelitian ini mengunakan tiga metode, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Bahwa kegiatan bagian bahasa dalam mengembangkan keterampilan berbicara Bahasa Arab santri ditunjukkan dari empat kegiatan yaitu: Pemberian kosakata setiap selesai subuh, Mengadakan latihan percakapan dalam Bahasa Arab, Mengadakan latihan Pidato dalam bahasa Arab, dan mengadakan penyidangan bahasa. (2) bahwa efektivitas kegiatan Bagian Bahasa yaitu: meningkatkan bahasa dan kosa kata santri, membiasakan santri berbicara dan membaca dengan menggunakan Bahasa Arab, dan menciptakan lingkungan berbahasa bagi santri. (3) bahwa kegiatan yang tepat dalam mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Arab santri yaitu: menjalankan disiplin bahasa dengan tegas, memberikan kesadaran pada santri akan pentingnya kemampuan berbicara bahasa Arab, mendorong santri untuk banyak bertanya dan berkomunikasi dalam Bahasa Arab, dan menciptakan lingkungan berbahasa Arab yang terarah.
Adapun masukan dari peneliti dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagian Bahasa agar menggunakan metode yang beragam dan menarik dalam pemberian kosakata setiap subuh (2) Bagian Bahasa agar mengadakan lomba debat Bahasa Arab (3) Bagian Bahasa agar memberikan apresiasi yang layak kepada santri yang berprestasi dalam Bahasa Arab.
ABSTRACT
Islamic student organization is an Islamic school organization which has identical visions and missions with other common schools. Some schools, particularly Islamic boarding schools, have established such organization to help learning process. ‘Al-Kautsar Al-Gontory”, an Islamic boarding school located in Aik Mel East Lombok , is one of the Islamic – educational institution which is well- known for its organization and language development. Almost 80% of students’ activities in this Islamic boarding school are conducted and organized by staffs of organization in which the staffs are divided into some sections –security, guest section, language section, kitchen section and so on. Thus, in this research, the researcher is interested in investigating a section in charge of Arabic language development for students. This research focuses on the roles of the language section which is responsible for Arabic development and implementation on the students as their daily communication.
The purposes of this research are 1) to describe activities of student’s organization In developing students’ speaking skill. 2) to describe the effectiveness of students’ organization activities in developing students’ speaking skill. 3) to describe appropriate activities in developing students’ speaking skill.
This research uses qualitative approach with qualitative description method. It also uses three techniques in data collection: interview, observation and documentation.
The results of this research are: 1) the language sections’ activities to develop students’ speaking skill in Arabic are shown via four programs- vocabulary warming up every morning, conversation practice in Arabic, speech practice in Arabic and language control. 2) effective activities of language section are: improving students’ language and vocabulary, managing students to use Arabic as daily conversation and creating language area for students. 3)appropriate activities to develop students’ speaking skill in Arabic are create strict discipline of language for students, opening students eyes to the importance of Arabic language as a mean of communication, encouraging students to communicate and ask in Arabic, and create guided Arabic area.
As suggestions, the researcher suggests some good ideas in this research: 1) the language sections should implement various and interesting method in giving daily vocabulary, 2) Arabic contest should be hold as a medium to improve language, 3) good appreciation for those who are skillful in Arabic language.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Imam and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | اتحاد الطلبة; مهارة الكلام; قسم اللغة; Student Organiziation; Speaking Skill; Language Department; Organisasi Santri; Keterampilan Berbicara; Bagian Penggerak Bahasa. | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2017 15:20 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:30 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8110 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |