Hakimِ, Arif Rahman (2012) إعداد الحقيبة التعليمية لمادة الخط العربي على أساس التعلم الذاتي وأثارها في استيعاب قواعد خط النسخ: دراسة تطويرية وتجريبية وتحليلية في معهد دار السعادة الاسلامي غوبوك كلاكة تومفانج مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10720075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (30MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Diantara masalah pembelajaran kaligrafi adalah masalah keterbatasan waktu, dimana kaligrafi membutuhkan banyak waktu untuk proses latihan dan koreksi tulisan. Untuk itu penelitian ini bertujuan mencari solusi, dengan membuat sebuah media pembelajaran mandiri hingga siswa mampu belajar atau latihan sendiri, tanpa kehadiran guru diluar jam pembelajaran.
Dari latar belakang diatas penulis membatasi rumusan masalah dalam tesis ini sebagai berikut : 1) Apa kisi-kisi paket pembelajaran mandiri untuk latihan Khat Naskhi dengan metode tulisan transparan dan metode kotak skala ? 2) Metode apa yang lebih efektif untuk meningkatkan ketrampilan siswa menulis Khat Naskhi? 3) Kenapa metode tersebut lebih efektif dalam meningkatkan ketrampilan siswa ?
Dari masalah diatas, peneliti berasumsi bahwa Metode Tulisan Transparan lebih efektif dibanding Metode Skala dalam meningkatkan ketrampilan menulis Khat Naskhi bagi pemula.
Peneliti menggunakan metode penelitian R & D (research and development) dengan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluation) karena kesesuaian model tersebut dengan tujuan penelitian yaitu pembuatan media latihan mandiri. Adapun untuk ujicoba produk, penulis menggunakan metode Quasi Ekperimen untuk membuktikan kebenaran asumsi. Penulis menggunakan alat Pretest dan Posttest, dokumentasi serta kuesioner guna pengumpulan data dari proses perbandingan antara penggunaan Metode Tulisan Transparan dan Metode Skala. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darussa’adah Tahun Ajaran 2011/2012 dan sampelnya adalah siswa kelas IV dari Madrasah tersebut.
Poin-poin terpenting dari hasil penelitian ini adalah : (1) Bahwa kisi kisi paket pembelajaran Khat Naskhi secara mandiri dengan Metode Tulisan Transparan dan Skala, harus bertujuan agar siswa mampu menulis benar dan indah sesuai kaidah, kemudian harus lengkap, terdiri dari kaidah menulis huruf tunggal, bersambung, huruf yang boleh dipanjangkan dan harus ditulis pendek, cara menggunakan pena, serta memiliki lembar latihan untuk aplikasi kaidah, serta alat penilaian mandiri. (2) Bahwa dari hasil uji perbandingan penggunaan metode tulisan transparan dan skala dalam latihan, diperoleh bahwa metode tulisan transparan lebih efektif dalam pencapaian terget pembelajaran. Dibuktikan bahwa nilai (p value) hasil posttes dan penggunaan metode secara berurutan (0,020) dan (0,254) berarti bahwa metode yang diujikan yaitu metode tulisan transparan benar-benar memberikan pengaruh signifikan. Sebagaimana diperkuat lagi kebenarannya, dari nilai kelompok uji coba (0,254) yang lebih besar dari nilai alfa yaitu 0,05, ini berindikasi bahwa ada perbedaan pengaruh antara kedua metode. Hasil ini bersih dari faktor kemampuan siswa sebelum perlakuan karena nilai pretes telah dimasukkan sebagai kovariat dalam proses perhitungan dengan ANCOVA. (3) Diantara sebab metode tulisan transparan lebih efektif dari pada metode skala karena metode tersebut lebih mudah bagi pemula dalam meniru contoh kaligrafi selain itu juga lebih detail untuk menampakkan letak- letak kesalahan tulis, sehingga memudahkan koreksi.
Masukan untuk peneliti-peneliti berikutnya agar melakukan pengembangan metode pembelajaran untuk Khat Tsulusi dan pembuatan media pembelajarannya.
ENGLISH:
One of the problems in calligraphy learning is the limited time since the process of practice and writing correction needs more time. Therefore, this research aims to find the solution by designing a self-study media so that the students are able to study and do a practice by themselves without any assistance from the teachers beyond the study hours.
Based on the background of study above, the research problems are limited as follows: 1) What are the blueprints of the self-study package for Khat Nasakh practice using transparent writing and scale box method? 2) What method that is more effective to improve the students’ skill in Khat Nasakh writing? 3) Why the method is more effective to improve the students’ ability?
Based on the problems, an assumption is made that transparent writing methodis more effective than scale method for improving Khat Nasakh writing skill for beginners.
This research employs R & D (Research and Development) research method using ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model since it fits the research aim that is the designing practice media. The product trial employs quasi-experimental method to prove the truth of the assumption. The data, which are obtained from the comparison process of the using of transparent writing and scale method, are collected through the using of first and final question test, documentation, and questioner. The population is the Islamic Primary School students of Darussa’adah Islamic Boarding School of the academic year of 2011-2012 and the samples are the fourth grade students.
The most important points of the research result are: (1)the blueprint of Khat Nasakh self-study package using transparent writing and scale method must aim to help the students to be able to write correctly and consider the aesthetic aspect in accordance with the principles. The package must be complete which means that it comprises the principles in writing a single letter, cursive letters, letters that can be lengthen and letters that must be short written, and the principle of using the pen. It must also provide the practice page for implementing the principles and provide self- evaluation instrument. (2) The comparison test result of the transparent writing and scale method used in the practice shows that transparent writing method is better as associated with the learning target achievement. It is proved that the p value as the result of posttest and the using of method, in order, are (0.020) and (0.254). It means that the tested method, transparent writing method, indeed has a significant influence. It is also supported by the test group value (0.254) which is bigger than the alpha value, 0.05. It indicates that there are differences of influence between both methods. This result is obtained by excluding the students’ ability factor before the treatment from the pretest score input as a covariate in the calculation process with ANCOVA. (3) One of the reasons that makes the transparent writing method more effective compared to the scale method is the fact that it is easier for the beginners to copy the calligraphy illustration. Besides, this method points out the writing mistakes in such details so it is easy to do correction.
As suggestions, the future research are expected to do a research on Khat Thuluth learning method and the design of the learning media.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Ibrahim, Muhammad Sa’ad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | مادة الخط; طريقة الشف وطريقة المقياس; التعلم الذاتي; Calligraphy Material; transparent writing method; scale Method; Self- Study; Materi kaligrafi; metode huruf transparan; metode skala; belajar mandiri | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2017 15:26 | |||||||||
Last Modified: | 15 May 2019 09:02 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8080 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |