Responsive Banner

Efektivitas media portal berita untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al Ittihad Poncokusumo

Muttaqin, Mohammad Syauqi (2024) Efektivitas media portal berita untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al Ittihad Poncokusumo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
19130094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(4MB)

Abstract

INDONESIA:

Capaian pembelajaran merupakan indikasi kemampuan siswa dalam memahami dan mempelajari informasi di sekolah. Temuan ini terkait langsung dengan proses pembelajaran, karena kegiatan pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus diselesaikan. Capaian pembelajaran mencakup berbagai fitur psikologis yang muncul sebagai hasil dari pengalaman dan prosedur kelas siswa. Penggunaan media oleh guru untuk menyajikan materi merupakan salah satu elemen yang dapat meningkatkan capaian pembelajaran. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar di kelas jika mereka dihadapkan pada media yang menarik. Secara umum, media berfungsi sebagai alat penghubung dalam proses belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Untuk mengetahui penggunaan media portal berita dalam pembelajaran IPS (2) Untuk mengetahui efektivitas dari penggunan media portal berita terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al Ittihad pada mata pelajaran IPS.

Penelitian ini merupakan penelitian kantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan suatu pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan yang digunakan dalam mengkaji populasi atau sampel tertentu. Proses ini melibatkan pengumpulan sampel yang umumnya dilakukan secara acak atau random.

Berdasarkan hasil penelitian, (1) siswa kelas VII MTs Al Ittihad Belung-Poncokusumo mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan ketika menggunakan media portal berita dalam pembelajaran IPS. Hasil belajar merupakan variabel terikat (Y), sedangkan penggunaan media portal berita merupakan variabel bebas (X). Siswa diberikan soal pilihan ganda dengan 34 soal valid sebagai bagian dari tes awal dan tes akhir untuk mengumpulkan data. (2) Terdapat beberapa kendala, antara lain manajemen waktu dan beberapa siswa bersekolah di pondok pesantren, sehingga tidak semua siswa dapat mengakses portal berita terkait mata pelajaran dalam jangka waktu yang lama.

ENGLISH:

The success of children in comprehending and studying the subject at school is shown by their learning outcomes. Since learning activities are necessary steps in the process, these results are directly tied to the learning process. A variety of psychological issues that emerge from students' experiences and processes in the classroom are covered by learning outcomes. One factor that can enhance learning outcomes is the media used by teachers in delivering material. With engaging media, students are more motivated to understand the material in class. In general, media serves as a communication tool in the learning process.

The study's objectives are to: (1) ascertain the current level of social studies learning outcomes for Grade VIII students at MTs Al Ittihad; (2) evaluate the use of news portal media in social studies instruction; and (3) assess the impact of news portal media use on social studies learning outcomes for Grade VIII students at MTs Al Ittihad.

This research is a quantitative study. Quantitative research is a process to obtain knowledge used to study a particular population or sample. This process involves sample collection, which is generally done randomly.

According to the study's findings, (1) Grade VII students at MTs Al Ittihad Belung-Poncokusumo do not significantly improve their learning outcomes when using news portal media in social studies classes. The dependent variable (Y) is learning outcomes, while the independent variable (X) is the use of news portal media. Before and after the learning process, students were given a multiple-choice test consisting of 34 valid questions. Additionally, there were some difficulties, such as time management and the fact that some students reside in boarding schools, which prevented all of them from accessing the news portal media related to the content for prolonged periods of time.

ARABIC:

أهداف هذا البحث هي: (1) معرفة حالة نتائج تعلم طلاب الصف الثامن في مدرسة المتوسطة الاتحاد في مادة الدراسات الاجتماعية (2) معرفة استخدام بوابة الأخبار الإعلامية في تعليم الدراسات الاجتماعية (3) معرفة فعالية استخدام بوابة الأخبار الإعلامية على نتائج تعلم طلاب الصف الثامن في مدرسة المتوسطة الاتحاد في مادة الدراسات الاجتماعية.

هذا البحث هو بحث كمي. البحث الكمي هو عملية للحصول على المعرفة التي تُستخدم في دراسة مجموعة سكانية أو عينة معينة. تتضمن هذه العملية جمع العينات، والتي تتم عمومًا بشكل عشوائي.

نتائج هذا البحث هي: (1) استخدام بوابة الأخبار الإعلامية في تعليم الدراسات الاجتماعية لم يكن له تأثير كبير على تحسين درجات نتائج تعلم طلاب الصف الثامن في مدرسة المتوسطة الاتحاد بلونغ-بونكوكوسومو. يعتبر استخدام بوابة الأخبار الإعلامية متغيرًا مستقلاً (X)، بينما تعتبر نتائج التعلم متغيرًا تابعًا (Y). لجمع البيانات، تم استخدام اختبار متعدد الخيارات يتكون من 34 سؤالاً صالحًا، والذي تم تقديمه للطلاب قبل وبعد عملية التعليم. (2) كانت هناك بعض العقبات مثل تخصيص الوقت وكون بعض الطلاب مقيمين في المدارس الداخلية الإسلامية (البساتن)، مما يعني أن ليس كل الطلاب يستطيعون الوصول لفترة طويلة إلى بوابة الأخبار المرتبطة بالمادة.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Amalina, Sharfina Nur
Keywords: Efektivitas Media Portal Berita; Hasil Belajar; Effectiveness of News Portal Media; Learning Outcomes; فعالية بوابة الأخبار الإعلامية; نتائج التعلم
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0404 Geophysics > 040499 Geophysics not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: MOHAMMAD SYAUQI MUTTAQIN
Date Deposited: 04 Sep 2025 10:25
Last Modified: 04 Sep 2025 10:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/80747

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item