Responsive Banner

Evaluasi responsif program tahfidz quran dalam perspektif pendidikan islam: Studi pada Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri Kediri

Hasanah, Shofhatul Maulidiyah (2025) Evaluasi responsif program tahfidz quran dalam perspektif pendidikan islam: Studi pada Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri Kediri. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
210106220044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(5MB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan tahfidz Al-Qur’an di pesantren merupakan salah satu bentuk pendidikan keagamaan yang memiliki kontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter spiritual, moral, dan intelektual santri. Di tengah meningkatnya kebutuhan akan pengembangan model pendidikan yang efektif dan kontekstual, Program Tahfidz Cepat di Pondok Pesantren Hamalatul Quran (PPHQ) Putri Kediri menawarkan pendekatan akseleratif dengan sistem pembinaan intensif. Program ini menarik untuk dievaluasi karena mengusung sistem habituasi ketat dan target hafalan jangka pendek, namun tetap mempertahankan semangat nilai-nilai keislaman.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program tahfidz, mengevaluasi efektivitasnya, serta menelaah dampaknya dalam kerangka pedagogi Islam. Penelitian kualitatif dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Data dianalisis secara tematik dengan mengacu pada tahapan evaluasi responsif dan prinsip pedagogi Islam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program berbasis habituasi ala Jogoroto (pembiasaan sistematis) dan dauroh tasalsul (pengulangan terstruktur) terbukti efektif membangun kedisiplinan hafalan namun memicu kejenuhan akibat metode yang monoton. Evaluasi responsif mengungkap ketidakselarasan antara target hafalan cepat (output) dengan kebutuhan santri akan keseimbangan psikospiritual (outcome), sehingga diperlukan adaptasi metode melalui diversifikasi pendekatan dan pendampingan. Dari perspektif pedagogi Islam, program ini berhasil mengintegrasikan tiga aspek perkembangan yaitu spiritual, moral, serta intelektual. Temuan kritis menegaskan bahwa keberhasilan program tahfidz sebagai model pendidikan Islam memerlukan keseimbangan antara prinsip responsivitas (adaptasi terhadap dinamika santri) dan holisme pedagogi Islam (integrasi spiritual-moral-intelektual).

ENGLISH:

Qur’anic tahfidz (memorization) education in Islamic boarding schools (pesantren) is a form of religious education that significantly contributes to the development of students' spiritual, moral, and intellectual character. Amid the growing need for effective and contextual educational models, the Accelerated Tahfidz Program at Pondok Pesantren Hamalatul Quran (PPHQ) Putri Kediri offers an intensive mentoring system with an accelerated approach. This program warrants evaluation as it implements strict habituation and short-term memorization targets while upholding Islamic values.

This study aims to analyze the program’s implementation, evaluate its effectiveness, and examine its impact within the framework of Islamic pedagogy. A qualitative research approach was employed, collecting data through participatory observation and in-depth interviews. Thematic analysis was conducted based on responsive evaluation stages and Islamic pedagogical principles.

The findings indicate that the program, which applies Jogoroto-style habituation (systematic conditioning) and dauroh tasalsul (structured repetition), effectively builds memorization discipline but leads to fatigue due to monotonous methods. Responsive evaluation reveals a misalignment between rapid memorization targets (output) and students' need for psychospiritual balance (outcome), necessitating methodological adaptations through diversified approaches and mentorship. From an Islamic pedagogical perspective, the program successfully integrates three developmental aspects: spiritual, moral, and intellectual. A critical finding emphasizes that the success of a tahfidz program as an Islamic educational model requires a balance between responsiveness (adaptation to student dynamics) and Islamic pedagogical holism (spiritual-moral-intellectual integration).

ARABIC:
يُعْتَبَرُ بَرْنَامَجُ تَحْفِيظِ القُرْآنِ الكَرِيمِ فِي مَعْهَدِ حَمَلَةِ القُرْآنِ لِلْبَنَاتِ فِي كِدِيرِي نَاجِحًا فِي إِعْدَادِ الحُفَّاظِ وَالحَافِظَاتِ فِي وَقْتٍ قَصِيرٍ. وَمَعَ ذَلِكَ، لَمْ تَتِمَّ حَتَّى الآنَ تَقْيِيمٌ شَامِلٌ يَفْحَصُ اسْتِمْرَارِيَّةَ تَأْثِيرِ البَرْنَامَجِ، وَمَدَى مُطَابَقَةِ المَنَاهِجِ لِحَاجَاتِ الطَّالِبَاتِ، وَصِلَتِهِ بِالنَّمُوذَجِ البَيْدَاغُوجِيِّ الإِسْلَامِيِّ. وَمِنَ التَّحَدِّيَاتِ الَّتِي تَحُولُ دُونَ فَعَالِيَّةِ البَرْنَامَجِ عَلَى المَدَى الطَّوِيلِ: مَلَلُ الطَّالِبَاتِ بِسَبَبِ كَثْرَةِ دُرُوسِ التَّحْفِيظِ، وَالتَّنَاقُلِ السَّرِيعِ لِلطَّالِبَاتِ، وَالعَدَمِ التَّوَازُنِ بَيْنَ هَدَفِ الحِفْظِ السَّرِيعِ وَتَكْوِينِ الشَّخْصِيَّةِ.

يَسْتَهْدِفُ هَذَا البَحْثُ إِلَى تَحْلِيلِ تَنْفِيذِ البَرْنَامَجِ، وَتَقْيِيمِ فَعَالِيَّتِهِ، وَدِرَاسَةِ آثَارِهِ فِي إِطَارِ البَيْدَاغُوجِيَّةِ الإِسْلَامِيَّةِ. وَقَدْ تَمَّ إِجْرَاءُ بَحْثٍ نَوْعِيٍّ عَنْ طَرِيقِ جَمْعِ البَيَانَاتِ بِالمُشَاهَدَةِ المُبَاشِرَةِ وَالمُقَابَلَةِ المُتَعَمِّقَةِ. وَتَمَّ تَحْلِيلُ البَيَانَاتِ تَحْلِيلًا مَوْضُوعِيًّا وَفْقَ مَرَاحِلِ التَّقْيِيمِ الاِسْتِجَابِيِّ وَمَبَادِئِ البَيْدَاغُوجِيَّةِ الإِسْلَامِيَّةِ.

وَأَظْهَرَتِ النَّتَائِجُ أَنَّ تَنْفِيذَ البَرْنَامَجِ القَائِمِ عَلَى طَرِيقَةِ "التَّعْوِيدِ النِّظَامِيِّ" عَلَى غِرَارِ مَنْهَجِ "جُغُورُوتُو" وَطَرِيقَةِ "الدَّوْرَةِ المُتَسَلْسِلَةِ" كَانَ فَعَّالًا فِي بِنَاءِ انْضِبَاطِ الحِفْظِ. إِلَّا أَنَّهُ سَبَّبَ مَلَلًا بَسَبَبِ نَمَطِيَّةِ الطَّرِيقَةِ. وَكَشَفَ التَّقْيِيمُ الاِسْتِجَابِيُّ عَدَمَ التَّوَافُقِ بَيْنَ هَدَفِ الحِفْظِ السَّرِيعِ (النَّتَائِجِ) وَحَاجَةِ الطَّالِبَاتِ لِلتَّوَازُنِ النَّفْسِيِّ وَالرُّوحِيِّ (النَّتَائِجِ البَاطِنِيَّةِ)، مِمَّا يَسْتَلْزِمُ تَكْيِيفَ الطَّرَائِقِ وَتَنَوُّعَهَا وَتَحْسِينَ التَّوْجِيهِ. مِنْ مَنْظُورِ البَيْدَاغُوجِيَّةِ الإِسْلَامِيَّةِ، نَجَحَ البَرْنَامَجُ فِي دَمْجِ ثَلَاثَةِ جَوَانِبَ تَنْشِئَةٍ: الرُّوحِيَّةِ، وَالأَخْلَاقِيَّةِ، وَالعَقْلِيَّةِ. وَبَيَّنَتِ النَّتَائِجُ النَّقْدِيَّةُ أَنَّ نَجَاحَ بَرْنَامَجِ التَّحْفِيظِ كَنَمُوذَجِ تَعْلِيمٍ إِسْلَامِيٍّ يَتَطَلَّبُ تَوَازُنًا بَيْنَ مَبْدَأِ الاِسْتِجَابَةِ لِلتَّغَيُّرَاتِ وَمَبْدَأِ التَّكاملِ الرُّوحِيِّ وَالأَخْلَاقِيِّ وَالعَقْلِيِّ.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Basri, Basri and Susilawati, Samsul
Keywords: evaluasi responsif; pedagogi islam; program tahfidz; responsive evaluation; islamic pedagogy; tahfidz program; تقييم استجابة; التربية الإسلامية; برنامج تحفيظ
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shofhatul Maulidiyah Hasanah
Date Deposited: 02 Sep 2025 10:08
Last Modified: 02 Sep 2025 10:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/80728

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item