تطبيق اللعبة الغوية في تعليم مهاراة القراءة في المدرسة نهضة العلماء المتوسطة الإسلامية باكس مالانق

Mubaridah Fitri, Ifadah (2012) تطبيق اللعبة الغوية في تعليم مهاراة القراءة في المدرسة نهضة العلماء المتوسطة الإسلامية باكس مالانق. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09330056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan bahasa. Keterampilan membaca membutuhkan banyak latihan. di MTs NU Pakis Malang kurang dalam penggunaan media pembelajaran bahasa khususnya pada keterampilan membaca. Oleh karena itu Peneliti melakukan eksperimen pembelajaran keterampilan membaca menggunakan permainan Ular Tangga Bintang untuk memberikan media pembelajaran dalam melatih siswa membaca. Dan pada kesempatan ini penelitian berlangsung pada kelas Tujuh A.

Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 0) Bagaimana Penggunaan Permainan Bahasa “ Ular Tangga Bintang “ dalam pembelajaran Maharah Qiraah pada siswa kelas Tujuh?. 3) Bagaimana Efektifitas Penggunaan Permainan Bahasa “ Ular Tangga Bintang “ dalam pembelajaran Maharah Qiraah ada siswa kelas Tujuh?.

Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket wawancara, dan tes berupa pre-tes dan pos-tes.

Hasil penelitian ini adalah, aplikasi permainan bahasa Ular Tangga Bintang yaitu dengan membagi siswa menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari lima siswa yang salah satunya menjadi hakim permainan dan bermain sesuai peraturan permainan ular tangga pada umumnya dan selanjutnya peraturan permainan dapat dibaca pada papan kertas permainan, dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan permainan bahasa “Ular Tangga Bintang” terbukti efektif pada pembelajaran maharah qiraah. Hal ini diketahui oleh peneliti dari hasil penghitungan data primer yang didapat peneliti dari nilai-nilai pretes dan postes yang meninjukkan bahwa nilai postest lebih besar dari pada nilai pretest pada kelas eksperimen, yaitu nilai rata-rata pada pretes 9017 dan rata-rata postes ,,13. dan hasil dari penghitungan “t” tes menunjukkan hasil “t” hitung = ,178 hal tersebut menunjukkan bahwa “t” hitung lebih besar pada signifikansi 01 = 31,, dan lebih besar pada signifikansi %1= 31,3. Hal ini menunjukkan bahwa H1 : tidak diterima dan H0 : diterima. Dengan kata lain hipotesis penelitian diterima. Hal tersebut nampak ketika siswa menggunakan permainan tersebut dengan antusias siswa saat belajar.

ABSTRACT

Reading is one of four skills in language. And this skill need more practice repeatedly. And at MTs NU Pakis Malang is less in the use of learning media for language especially games for reading skill. There for researcher do experiment learning reading skill using language game “Ular Tangga Bintang” and researcher take a place at MTs NU Pakis Malang. And experiment go on at grade VII A.

The problems of the student in this research are : 1. How to applicate “Ular Tangga bintang” game in reading skill on grade VII? 2. What does afectiveness of “Ular Tangga Bintang” game in the learning of reading skill on grade VII?

This study use experimental research which consistent of to groups furthermore, the approach of this study is quantitative approach. Instruments were used: 1) observation, 2) interview, 3)questioner and 4) test.

The result of experiment are, the game application by five groups, every group five students one of them as umpire and the rule is same like Ular Tangga game at usual, then students can read the rule on the paper game, and the other result that “Ular Tangga Bintang” game is effectively for reading skill. It can be seen from calculation results obtained primary data from pretest and posttest and posttest incating that greater than pretest on classroom experiment, the average value 91.7 at pretest and ...2 at posttest.The result of t-test with use product moment correlation. The result of t-test is ..73 % > from t-table is 2... % > from t-table is 2.92 %. This result shows that 1 is be accepted, the meaning is there is relationship between implementation of “Snake and Ladders and Star” game for the reading skill learning. It seen when students happy at the game.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh, Syuhadak and Bahruddin, Uril
Keywords: اللعبة الغوية; مهاراة القراءة; Language Game “Ular Tangga Bintang”; Reading Skill; Permainan Bahasa Ular Tangga Bintang; Keterampilan Membaca
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 14 Sep 2017 08:24
Last Modified: 14 Sep 2017 08:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8069

Actions (login required)

View Item View Item