Asyrofi, Nizar (2011) تحفيظ القرآن الكريم وآثره على كفاءة فهم المقروء: دراسة السببية في هيئة تحفيظ القرآن الكريم بجامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Bahasa arab merupakan bahasa dengan karya sastra yang tinggi, sehingga Allah mengabadikan Al Qur’an dengan menggunakan bahasa arab. Pada penelitian ini, peneliti menfokuskan pada metode menghafal alqur’an dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca bahasa arab. Alasan penulis melakukan penelitian ini karena banyaknya peminat menghafal alqur’an di UIN Maliki Malang sehingga banyak ditemukan banyak mahasiswa lulusan UIN Maliki yang hafal Al Qur’an mendapatkan nilai yang sangat baik. Alasan yang kedua banyaknya anak penghafal alqur’an di UIN Maliki Malang yang memiliki nilai Maharoh qiroah yang memuaskan. Alasan yang ketiga, banyaknya penjelasan tentang faidah menghafal alqur’an yang mengatakan bahwa dengan menghafal Al Qur’an kamu akan semakin mahir dalam bahasa arab karena munculnya kaidah bahasa arab adalah dari Al Qur’an itu sendiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana metode menghafal Al Qur’an mahasiswa UIN Maliki Malang, dan Bagaimana pengaruh nilai maharotul qiroah dengan tahfidz alqur’an, serta Apa faktor yang menyebabkan adanya hubungan itu.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penjelasan tentang metode menghafal Al Qur’an mahasiswa UIN Maliki Malang yang membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab serta mencari hubungan antara kemampuan membaca bahasa arab dengan metode menghafalkan Al Qur’an yang mereka gunakan.
Hipotesa dari penelitian ini adalah metode menghafalkan Al Quran membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab serta adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca bahasa arab dan kemampuan menghafal Al Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, dimana dalam kualitatif peneliti mengguanakan wawancara, observasi, dan angket dalam memperoleh data. Adapun untuk kuantitatif peneliti menggunakan ikhtibar (qiroah dan tahfidz) dan pengujian korelasi antara keduanya dengan mengguanakan rumus reabilitas. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa semester 2 UIN Maliki Malang yang hafal Al Qur’an 5 juz atau lebih.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode menghafal Al Qur’an membantu dalam meningkatkan nilai kemampuan membaca bahasa arab, dengan dibuktikannya adanya korelasi yang cukup signifikan antara kemampuan menghafal Al Qur’an dan kemampuan membaca bahasa arab.
ABSTRACT
Arabic is a language with a literary high, thus perpetuating the Qur'an Allah using Arabic language. In this research, researchers focused on rote memorization of Quran and its effect on the ability to read Arabic. The reason the authors do the research because of the many enthusiasts memorizing the Qur'an at UIN Malang Maliki so many graduate students found many UIN Maliki who has memorized the Qur'an to get very good value. The second reason the number of children in the Qur'an penghafal UIN Malang Maliki has reading skills satisfactory value. The third reason, many explanations about faidah memorize Quran which says that by memorizing the Qur'an you will be more proficient in Arabic since the advent of the rules of the Arabic language is from the Qur'an itself.
Formulation of the problem in this research is "How to memorize Qur'an method Maliki student UIN Malang, and How to influence the value maharotul Tahfidz qiroah with the Qur'an, and what factors led to the existence of that relationship.
This research aims to obtain an explanation of the method of memorizing the Koran student UIN Malang Maliki that help in improving the ability to read Arabic as well as finding the relationship between the ability to read the Arabic Qur'an memorized by the method they use.
The hypothesis of this research is a method of memorizing the Quran helps in improving the ability to read Arabic as well as a significant influence between the ability to read Arabic and the ability to memorize the Qur'an.
This research uses qualitative and quantitative research methods, where the qualitative researcher mengguanakan interviews, observation, and questionnaires in obtaining the data. As for quantitative researchers use ikhtibar (qiroah and Tahfidz) and testing the correlation between them by using the reliability formula. The population of this research is two semesters students UIN Malang Maliki who has memorized the Qur'an 5 chapters or more.
The results of this research indicate that the method of memorizing the Quran helps in improving the ability to read Arabic, to prove the existence of a significant correlation between the ability to memorize the Qur'an and the ability to read Arabic.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | هيئة تحفيظ القرآن الكريم; Memorizing the Qur'an; Haiah Tahfidz Qur’an; Menghafal Al Qur’an; Haiah Tahfidz Qur’an | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:19 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:18 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8028 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |