تصميم ماداة الإملاء لطلاب السنة الاولى بكلية المعلمين الإسلامية لترقية مهارة الكتاب: بحث تجريبي بمعهد الإيمان الإسلامى للبنين بونوروكو جاووي الشرقية

Asrofik, Asrofik (2012) تصميم ماداة الإملاء لطلاب السنة الاولى بكلية المعلمين الإسلامية لترقية مهارة الكتاب: بحث تجريبي بمعهد الإيمان الإسلامى للبنين بونوروكو جاووي الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Materi imlak di Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyyah diajarkan dari kelas satu sampai tiga, sedang qowaidnya diajarkan di kelas empat dan tiga experiment, dan kita menemukan beberapa guru di sebagian Pondok Pesantren Modern mengajarkan materi imlak bersandarkan pada pengetahuannya yang telah lalu dikarnakan ketidak adaan buku untuk guru sebagai pegangan baginya dalam mengajarkan imlak dan hal ini terkadang membuat siswa lemah dalam kecakapan menulis.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti mendesain materi imlak bagi siswa kelas satu untuk kecakapan menulis sebagai harapan agar kemampuan siswa di Pondok Pesantren Al Iman Putra meningkat dalam menulis arab.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dan metode experiment dengan tujuan sebagai berikut: 1). Desain buku untuk pengajaran materi imlak bagi siswa kelas satu Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyyah di Pondok Pesantren Al Iman Putra Ponorogo. 2). Mengetahui efektifitas buku yang didesain untuk materi imlak untuk kecakapan menulis bagi siswa kelas satu Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyyah di Pondok Pesantren Al Iman Putra Ponorogo.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Bahwa desain materi imlak untuk meningkatkan kecakapan menulis siswa tersusun atas: Pendahuluan, sekelumit kata tentang pengajaran imlak, macam-macam imlak dan cara mengajarkannya, cara membetulkan imlak, sifat-sifat yang seharusnya dimiliki oleh guru imlak, keharusan guru untuk menerangkan pada siswa pengetahuan-pengetahuan tentang imlak, beberapa perhatian bagi pembaca imlak, dafatar isi, dan materi imlak dari imlak pertama sampai imlak ke tiga puluh. 2). Materi imlak yang telah didesain oleh peneliti efektif dalam meningkatkan kecakapan menulis dengan prosentase keberhasilan mereka 71,28 %, yaitu setelah peneliti membangdingkan hasil yang telah dicapai oleh siswa dalam tes sebelum dan sesudah dan hal ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai hasil yang diinginkan.

ABSTRACT

Diction lesson in Islamic Teachers Training College teachable from class one until class three, and the theorem of diction teachable in class four and class three experiment, and we find the teachers in same of modern boarding school teachs diction according his foreknowledge because he had not a book as handbook for teaching diction and this is make student feel difficult in arabic writing skill.

Building on tose features, researcher design diction lesson for class one as writing skill hopefully student of Al Iman Boarding School for male increase him self on Arabic writing.

This research use qualitative-quantitative approach and experimental research with a purpose: 1). Design diction lesson for class one in Islamic Teachers Training College of Al Iman Boarding School for male Ponorogo. 2). To know how is the effective the book are designed for writing skill class one in Islamic Teachers Training College of Al Iman Boarding School for male Ponorogo.

The results of this research are: 1). The content of diction lesson are: introduction, companion of diction lesson, some sort of diction and the method to teach, the method to correct diction lesson, the several skill must belong to diction teacher, a few things must to be explained for students, table of contents, and the diction from first lesson until thirtieth lesson. 2). The diction are designed with researcher are effective to increase student’s writing skill with his achievement 71,28 %, after comparing his result in pretest and posttest. It refer the students make up the ground.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Kamil, Mohammed and Rofiq, Aunur
Keywords: الإملاء; مهارة الكتاب; تصميم; Dictation; Writing skill; Designing; Imlak; Keterampilan Menulis; Desain
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:19
Last Modified: 12 Sep 2017 08:19
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8023

Actions (login required)

View Item View Item